Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Maskawaih, Al-Ghazali dan Ibn Khaldun

Authors

  • Mhd. Abdullah Zikri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Muhammad Zalnur Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Fauza Masyhudi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.448

Abstract

Ibn Maskawaih, Al-Ghazali dan Ibn Khaldun adalah tiga tokoh pemiiran Islam, bahkan tiga tokoh ini juga dikenal   memiliki konsep yang cukup terkenal dalam   pendidikan   Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemikiran pendidikan islam ibn Maskawaih, Al-Ghazali Dan Ibn Khaldun.  penelitian   ini menggunakan  penelitian    library    riset,    dengan  mengumpulkan  artikel-artikel  dan  sumber    terdahulu. Hasil    dari  penelitian    ini    mengungkapkan    bahwa  Ibn    Miskawaih    menitik    beratkan    permasalahan    moral masyarakat, fitrah  manusia,.  Adapun  Imam  Al-Ghazali  merupakan  pemikir  Islam  yang  terkemuka,  baik dalam  pendidikan,  tasawuf,  fiqih,  akhlak  dan  sebagainya.  Sedangkan  pandangan  Ibn  Khaldun  fungsi puncak akal adalah pengambaran (konseptualisasi) realitas secara objektif, detail dan mendalam dengan rangkaian  kausalitas  di  dalamnya.  Dengan  fungsi  tersebut,  akal  mampu  mencapai  perkembangan sempurna  dan  tercerahkan.  Meskipun  dalam  Muqaddimah  Ibn  Khaldun  memuji  kedudukan  manusia karena akalnya, tetapi akal memiliki garis batas yang jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Y., & Nurjanah, S. (2016). Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Al-hikmah, 13(1), 1–17.

Alfiah, S. (2020). Konsep Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perspektif Al-Ghazali Dan Abdullah Nashih Ulwan (Studi Komparasi Pemikiran). WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2136

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Daulay, A. R., Halimah, S., & Anas, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi game quiz pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.29210/1202323205

Irawan, I. C., & Amirudin, N. (2024). PENERAPAN METODE QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 7(1), 37–44.

Latifah, A., Zulmuqim, Z., & Kosim, M. (2022). PENDIDIKAN BERBASIS TAUHID: PERBANDINGAN PEMIKIRAN IBN MASKAWAIH, AL-GHAZALI DAN IBN KHALDUN. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 11(2), 37–57. https://doi.org/10.36668/jal.v11i2.317

Marbun, J., Zulmuqim, & Masyhudi, F. (2023). STUDI KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM IBN MASKAWAIH, AL-GHAZALI DAN IBN KHALDUN. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62504/be2gze36

Marlina, Wahab, A., Susidamaiyanti, Ramadana, Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., Indianasari, Syafruddin, Wiwin Putriawati, & Eryuni Ramdhayani. (2021). Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Maskur, S., & Yusuf, ‎Said M. (2024). Belajar Metodologi Penelitan Bidang Psikologi Pendidikan dan lmu Pendidikan (Buku Ajar Mata Kuliah). PT. Indragiri Dot Com.

Matanari, R. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Miskawaih (Studi tentang Konsep Akhlak dan Korelasinya dengan Sistem Pendidikan). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.56

Maula, R. (2021). KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/jipi.v19i1.3644

Muhammad Kosim. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun Dan Relevansinya Dengan Sisdiknas,. Jurnal Tarbiyah, 2.

Muthoharoh, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning di Era Digital 4.0. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v11i1.34

Nuramanah, S. A., Iwan, C. D., & Selamet, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(1), 117. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.474

Prasetya, A. E. (2021). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Inovatif Dan Menyenangkan. Guepedia.

Qadri, M. A., Hasibuan, M., & Shofiah, S. (2024). Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Kitab Ihya’ ‘Ulumuddin (Studi Tokoh Imam Al-Ghazali). Journal Millia Islamia, 322–332.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Shofan, M. (2021). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-GHAZALI. TAZKIYAH, 3(1), Article 1.

Sinaga, S. (2017). Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Solusinya. Jurnal WARAQAT, 2(1), 175–188.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (6 ed.). Rineka Cipta.

Suntamah, Romansah, R., Aisy, R. R., Hidayat, W., & Indriana, D. (2024). PENDIDIKAN ISLAM: KONSEP PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM IMAM GHAZALI. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), Article 2.

Suyanto. (2023). Metode Penelitian Hukum Pengantar Penelitian Normatif, Empiris dan Gabungan. UNIGRES PRESS.

Yuliana, E., & Abror, M. R. W. A.-H. (2019). Komparasi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali Dan John Locke Perspektif Pendidikan Islam Dan Barat. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v4i1.207

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Zikri, M. A., Zalnur, M., & Masyhudi, F. (2024). Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Maskawaih, Al-Ghazali dan Ibn Khaldun. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(2), 139–149. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.448

Issue

Section

Articles