Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Maskawaih, Al-Ghazali dan Ibn Khaldun
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.448Abstract
Ibn Maskawaih, Al-Ghazali dan Ibn Khaldun adalah tiga tokoh pemiiran Islam, bahkan tiga tokoh ini juga dikenal memiliki konsep yang cukup terkenal dalam pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemikiran pendidikan islam ibn Maskawaih, Al-Ghazali Dan Ibn Khaldun. penelitian ini menggunakan penelitian library riset, dengan mengumpulkan artikel-artikel dan sumber terdahulu. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Ibn Miskawaih menitik beratkan permasalahan moral masyarakat, fitrah manusia,. Adapun Imam Al-Ghazali merupakan pemikir Islam yang terkemuka, baik dalam pendidikan, tasawuf, fiqih, akhlak dan sebagainya. Sedangkan pandangan Ibn Khaldun fungsi puncak akal adalah pengambaran (konseptualisasi) realitas secara objektif, detail dan mendalam dengan rangkaian kausalitas di dalamnya. Dengan fungsi tersebut, akal mampu mencapai perkembangan sempurna dan tercerahkan. Meskipun dalam Muqaddimah Ibn Khaldun memuji kedudukan manusia karena akalnya, tetapi akal memiliki garis batas yang jelas.
Downloads
References
Ahmad, M. Y., & Nurjanah, S. (2016). Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Al-hikmah, 13(1), 1–17.
Alfiah, S. (2020). Konsep Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perspektif Al-Ghazali Dan Abdullah Nashih Ulwan (Studi Komparasi Pemikiran). WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2136
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Daulay, A. R., Halimah, S., & Anas, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi game quiz pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.29210/1202323205
Irawan, I. C., & Amirudin, N. (2024). PENERAPAN METODE QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 7(1), 37–44.
Latifah, A., Zulmuqim, Z., & Kosim, M. (2022). PENDIDIKAN BERBASIS TAUHID: PERBANDINGAN PEMIKIRAN IBN MASKAWAIH, AL-GHAZALI DAN IBN KHALDUN. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 11(2), 37–57. https://doi.org/10.36668/jal.v11i2.317
Marbun, J., Zulmuqim, & Masyhudi, F. (2023). STUDI KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM IBN MASKAWAIH, AL-GHAZALI DAN IBN KHALDUN. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62504/be2gze36
Marlina, Wahab, A., Susidamaiyanti, Ramadana, Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., Indianasari, Syafruddin, Wiwin Putriawati, & Eryuni Ramdhayani. (2021). Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Maskur, S., & Yusuf, Said M. (2024). Belajar Metodologi Penelitan Bidang Psikologi Pendidikan dan lmu Pendidikan (Buku Ajar Mata Kuliah). PT. Indragiri Dot Com.
Matanari, R. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Miskawaih (Studi tentang Konsep Akhlak dan Korelasinya dengan Sistem Pendidikan). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.56
Maula, R. (2021). KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/jipi.v19i1.3644
Muhammad Kosim. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun Dan Relevansinya Dengan Sisdiknas,. Jurnal Tarbiyah, 2.
Muthoharoh, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning di Era Digital 4.0. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v11i1.34
Nuramanah, S. A., Iwan, C. D., & Selamet, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(1), 117. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.474
Prasetya, A. E. (2021). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Inovatif Dan Menyenangkan. Guepedia.
Qadri, M. A., Hasibuan, M., & Shofiah, S. (2024). Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Kitab Ihya’ ‘Ulumuddin (Studi Tokoh Imam Al-Ghazali). Journal Millia Islamia, 322–332.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Shofan, M. (2021). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-GHAZALI. TAZKIYAH, 3(1), Article 1.
Sinaga, S. (2017). Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Solusinya. Jurnal WARAQAT, 2(1), 175–188.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (6 ed.). Rineka Cipta.
Suntamah, Romansah, R., Aisy, R. R., Hidayat, W., & Indriana, D. (2024). PENDIDIKAN ISLAM: KONSEP PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM IMAM GHAZALI. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), Article 2.
Suyanto. (2023). Metode Penelitian Hukum Pengantar Penelitian Normatif, Empiris dan Gabungan. UNIGRES PRESS.
Yuliana, E., & Abror, M. R. W. A.-H. (2019). Komparasi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali Dan John Locke Perspektif Pendidikan Islam Dan Barat. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v4i1.207
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mhd. Abdullah Zikri, Muhammad Zalnur, Fauza Masyhudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.