Analisis Instrumen Penelitian Pendidikan (Uji Validitas Dan Relibilitas Instrumen Penelitian)
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1070Abstract
Keandalan dan ketepatan instrumen merupakan elemen krusial dalam menghasilkan data berkualitas pada penelitian di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, jenis, dan teknik pengujian validitas serta reliabilitas instrumen dalam konteks penelitian pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan pendekatan kualitatif deskriptif, kajian ini menghimpun dan mensintesis teori-teori dari berbagai literatur ilmiah yang kredibel. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan instrumen yang baik harus diawali dengan perumusan konstruk yang jelas, penyusunan kisi-kisi, validasi ahli, serta uji coba empiris dengan teknik statistik yang tepat, seperti uji validitas isi dan koefisien reliabilitas. Selain itu, faktor eksternal seperti kompetensi peneliti dan kondisi subjek juga memengaruhi kualitas pengukuran. Oleh karena itu, uji validitas dan reliabilitas bukan hanya prosedur teknis, melainkan bagian integral dalam memastikan mutu data dan keabsahan hasil penelitian di bidang pendidikan.
Downloads
References
Allen, M.j., & Yen, W.M. (1979).Introduction to measurement theory. Monterey, Mexico:
Arifin, Z. (2017). Kriteria instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal Theorems (the original
research of mathematics)
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesemen pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Brooks/Cole Publishing Company.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K.(2007). Research methods in education. New Yor
Djollong, Andi Fitriani. "Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif." Istiqra: Jurnal Pendidikan
Dan Pemikiran Islam 2.1 (2014).
Ebel, R.L. & Frisbie, D.A. (1991).Essentials of educational measurement. Fifth edition. New Delhi:
Prentice Hall of India.
Hardell L, Carlberg M, Soderqvist F, Mild KH, Morgan L (2007). Long-term use of cellular phones
and brain tumours: increased risk associated with use for ≥10 years. Occup Environ
Med, 64: 626-632. Jakarta:Rineka Cipta.
Mehrens, W.A. & Lehmann, I.J. (1973). Measurement and evaluation in education and psychology.
New York : Hold, Rinehart and Wiston,Inc.
Mokkink, L. B. et al. (2010) ‘The COSMIN checklist for assessing the methodological quality of
studies on measurement properties of health status measurement instruments: an
international Delphi study’, Quality of life research. Springer, 19, pp. 539–549.
Murti, Bhisma. (2011). "Validitas dan reliabilitas pengukuran." Semarang: Uns
Purba, Yoel Octobe, et al. (2021) "Teknik Uji Instrumen Penelitian Pendidikan."
Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Tavakol, M. & Dennick, R. (2011). Making sense of cronbach’s alpha, International Journal of
Medical Education (2),1. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8d
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afifah Aulia Zayrin, Hayatun Nupus, Khalista Khansa Maizia, Siska Marsela, Rully Hidayatullah, Harmonedi Harmonedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.