Analisis Instrumen Penelitian Pendidikan (Uji Validitas Dan Relibilitas Instrumen Penelitian)

Authors

  • Afifah Aulia Zayrin UIN Imam Bonjol Padang
  • Hayatun Nupus UIN Imam Bonjol Padang
  • Khalista Khansa Maizia UIN Imam Bonjol Padang
  • Siska Marsela UIN Imam Bonjol Padang
  • Rully Hidayatullah UIN Imam Bonjol Padang
  • Harmonedi Harmonedi UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1070

Abstract

Keandalan dan ketepatan instrumen merupakan elemen krusial dalam menghasilkan data berkualitas pada penelitian di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, jenis, dan teknik pengujian validitas serta reliabilitas instrumen dalam konteks penelitian pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan pendekatan kualitatif deskriptif, kajian ini menghimpun dan mensintesis teori-teori dari berbagai literatur ilmiah yang kredibel. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan instrumen yang baik harus diawali dengan perumusan konstruk yang jelas, penyusunan kisi-kisi, validasi ahli, serta uji coba empiris dengan teknik statistik yang tepat, seperti uji validitas isi dan koefisien reliabilitas. Selain itu, faktor eksternal seperti kompetensi peneliti dan kondisi subjek juga memengaruhi kualitas pengukuran. Oleh karena itu, uji validitas dan reliabilitas bukan hanya prosedur teknis, melainkan bagian integral dalam memastikan mutu data dan keabsahan hasil penelitian di bidang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, M.j., & Yen, W.M. (1979).Introduction to measurement theory. Monterey, Mexico:

Arifin, Z. (2017). Kriteria instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal Theorems (the original

research of mathematics)

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesemen pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Brooks/Cole Publishing Company.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K.(2007). Research methods in education. New Yor

Djollong, Andi Fitriani. "Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif." Istiqra: Jurnal Pendidikan

Dan Pemikiran Islam 2.1 (2014).

Ebel, R.L. & Frisbie, D.A. (1991).Essentials of educational measurement. Fifth edition. New Delhi:

Prentice Hall of India.

Hardell L, Carlberg M, Soderqvist F, Mild KH, Morgan L (2007). Long-term use of cellular phones

and brain tumours: increased risk associated with use for ≥10 years. Occup Environ

Med, 64: 626-632. Jakarta:Rineka Cipta.

Mehrens, W.A. & Lehmann, I.J. (1973). Measurement and evaluation in education and psychology.

New York : Hold, Rinehart and Wiston,Inc.

Mokkink, L. B. et al. (2010) ‘The COSMIN checklist for assessing the methodological quality of

studies on measurement properties of health status measurement instruments: an

international Delphi study’, Quality of life research. Springer, 19, pp. 539–549.

Murti, Bhisma. (2011). "Validitas dan reliabilitas pengukuran." Semarang: Uns

Purba, Yoel Octobe, et al. (2021) "Teknik Uji Instrumen Penelitian Pendidikan."

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Tavakol, M. & Dennick, R. (2011). Making sense of cronbach’s alpha, International Journal of

Medical Education (2),1. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8d

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Afifah Aulia Zayrin, Hayatun Nupus, Khalista Khansa Maizia, Siska Marsela, Rully Hidayatullah, & Harmonedi, H. (2025). Analisis Instrumen Penelitian Pendidikan (Uji Validitas Dan Relibilitas Instrumen Penelitian). QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 780–789. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1070

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)