Langkah-langkah Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan

Authors

  • Yati Rasma Putri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Afifah Salma B Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Izzatuz Zahra El-Fadhla Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Anggia Elisma Putri Ritonga Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rully Hidayatullah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Harmonedi Harmonedi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1055

Abstract

Menyusun proposal penelitian dalam bidang pendidikan masih menjadi permasalahan yang signifikan di kalangan mahasiswa dan peneliti pemula. Sebagian besar dari mereka mengalami kebingungan dalam memahami tahapan yang berurutan, mulai dari merumuskan latar belakang penelitian hingga menetapkan tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan dan menjelaskan secara sistematis langkah-langkah dalam penyusunan proposal penelitian pendidikan yang sesuai dengan kaidah akademik yang berlaku. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan strategi studi pustaka sebagai metode utama. Data diperoleh dari buku-buku metodologi penelitian, artikel ilmiah dari jurnal akademik, serta panduan akademik dari institusi pendidikan tinggi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang paling tepat dalam menyusun proposal penelitian mencakup: pemilihan topik, penyusunan latar belakang masalah, identifikasi dan perumusan isu penelitian, penentuan ruang lingkup, penetapan tujuan penelitian, dan pemilihan metodologi. Koherensi dan konsistensi antar komponen tersebut sangat menentukan kualitas proposal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar Sulthani, Dinil. 2023. “Konsep Perancangan Dan Penyusunan Proposal Penelitian.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 13(1): 68.

Anjariani, Tika, Ahmad Arifi, and Muhamad Zaini. 2022. “Problem Metodologi Mahasiswa PAI Dalam Penyusunan Proposal Penelitian Skripsi.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(5): 7294–7304.

Daniel, Farida, and Prida Taneo N.L. 2019. “Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyusun Proposal Penelitian.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 4(September): 79–83. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ketepatan+dalam+proposal+penelitian&btnG=#d=gs_qabs&t=1715698893439&u=%23p%3Di53IhSCp80QJ.

Desfitawarni, Desfitawarni, Syamsurizaldi Syamsurizaldi, and Fatia Fatimah. 2022. “Kepemimpinan Inovatif Walikota Payakumbuh Dalam Membangun City Branding ‘Payakumbuh, the City of Randang.’” Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik 8(2): 138–55.

Feralda, Amelia et al. 2024. “Cendekia Pendidikan.” 8(5): 1–6.

Firman, Firman. 2018. “Teknik Pembuatan Proposal Penelitian.” Bimbingan dan Konseling FIP UNP 1: 1–25.

Mulianah, Sri, and Ali Rahman. 2015. “Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Membuat Proposal Penelitian Melalui Model Pembelajaran Langsung (Studi Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Parepare).” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 13(2): 98–109.

Murtinugraha, R Eka, Rosmawita Saleh, Ine Febriyanti, and Shilmi Arifah. 2023. “Pelatihan Metodologi Penelitian Untuk Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan Bagi Guru SMA N 1 Muara Gembong Research Methodology Training for Preparing Educational Research Proposals for Teachers of SMA N 1 Muara Gembong Merupakan Jenis Penelitian Yang Paling ( Rasiman et Al ., 2021 ). Penelitian Tindakan Ditingkatkan Melalui Pelatihan Penelitian Penelitian Bukanlah Suatu Kewajiban Yang Guru Menulis Karya Ilmiah Termasuk Dalam Kategori Tinggi , Namun Pengalaman.”

Nurmasitah, Sita, Uchiyah Achmad, and Wulansari Prasetyaningtyas. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Penyusunan Proposal Penelitian Untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa.” Teknobuga 5(2): 66–73.

Syafiq, Ahmad. 2019. “Buku Panduan Penyusunan Proposal Dan Skripsi.” : 1–34. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrOoqlUv81mQAQAopRXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzUEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1725969492/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fgizikesehatan.ugm.ac.id%2Fwp-content%2Fuploads%2Fsites%2F458%2F2019%2F07%2FBUKU-PANDUAN-PROPOSAL-DAN-SKRIPSI.pdf/R.

Tutpai, Getrudis, and Ermeisi Er Unja. 2022. “Hambatan Dalam Penyusunan Proposal Penelitian Oleh Mahasiswa Keperawatan Stikes Suaka Insan Banjarmasin.” Jurnal Keperawatan Suaka Insan (Jksi) 7(1): 18–23.

Bereiter, Carl. 1994. Constructivism, Socioculturalism, and Poppers World.Educational Research Journal. (Online), Vol. 23 No 7, pp 21-23, diakses 25 April 2017.

Bodner, George. M. 1986. Constructivism A Theory of Knowledge. Purdue University. Journal of Chemical Education, (Online),Vol. 63 No. 10, diakses 8 Juni 2016.

Borg, W.R. and M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction, 4 th edition. London: Longman Inc. Bruner, J. 2001. Constructivist Theory, (Online), (http://www.TIP.Html), diakses 23 Mei 2016.

Davis, R.B. 1990. Discovery Learning and Constructivism. Constructivist View on the Teaching and Learning of Mathematics. Nel Noddings (Eds.). Journal for Research in Mathematics Educations. (Online), Monograph Number 4. 93–106, The National Council of Teacher of Mathematics, diakses 4 Maret 2017

Dick, Walter. & Lou Cary. 1990. The Systematic Design of Instruction. Third Edition, Harper Collins.

Gocsik, Karen. 2005. What is an academic paper? DartmouthCollege.(Online).www.d artmouth.edu/~writing/materials/st udent/ac_paper/what.shtml, diakses 19 Februari 2017.

Hadi, P. K., & Meikayanti, E. A. (2017, February). Pembelajaran Menulis Ilmiah Dengan Metode Produksi, Retensi, Atensi, Dan Motivasi (Pram) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Ikip Pgri Madiun. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun (pp. 198-202).

Haffernan, J.A., and J.E. Lincoln. 1986. Writing, A College Handbook, Second Edition. New York: W. W. Norton & Company. (Online), (http://pustaka. ut.ac.id/website/index.php?option =com_content&view=article&id=1 32), diakses 18 Mei 2011.

Santoso, H., (2015). Pengembangan Berpikir Kritis dan Kreatif Pustakawan dalam Penulisan Karya Ilmiah.

Shymansky, J. 1992. Using Constructivist Ideas to Teach Science Teachers about Constructivis Ideas, or Teachers are student Too!. Journal of Science Teacher Education, 3 (2), 53-57.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning, Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Supriyadi. 2010. Penggunaan Model Belajar Learning Community untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.17 (1), April 2010.5.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Yati Rasma Putri, Afifah Salma B, Izzatuz Zahra El-Fadhla, Anggia Elisma Putri Ritonga, Rully Hidayatullah, & Harmonedi, H. (2025). Langkah-langkah Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 882–896. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1055

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)