Telaah Kesalahan Kesalahan Prosedur Penelitian Pendidikan

Authors

  • Agina Tiani UIN Imam Bonjol Padang
  • Annisa Suci Maulani UIN Imam Bonjol Padang
  • Hesti Desmira Iryani UIN Imam Bonjol Padang
  • Sinta Fitriani UIN Imam Bonjol Padang
  • Rully Hidayatullah Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman
  • Harmonedi UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1115

Abstract

Kesalahan prosedural dalam pelaksanaan penelitian pendidikan masih menjadi persoalan serius yang berdampak pada validitas, reliabilitas, dan kualitas hasil penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai bentuk kesalahan prosedural yang umum terjadi dalam penelitian pendidikan serta menganalisis dampaknya terhadap keandalan temuan ilmiah. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menelaah sumber-sumber relevan seperti jurnal ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi yang terbit antara tahun 2015–2024. Hasil kajian menunjukkan lima kategori kesalahan dominan, yaitu: kesalahan dalam perumusan masalah, pemilihan metode yang tidak tepat, penyusunan instrumen yang tidak tervalidasi, teknik pengambilan sampel yang tidak representatif, serta penggunaan analisis data yang tidak sesuai dengan jenis data. Kesalahan-kesalahan tersebut mencerminkan lemahnya pemahaman peneliti terhadap prinsip metodologis serta kurangnya bimbingan akademik yang efektif. Implikasinya, dibutuhkan penguatan literasi metodologi melalui pelatihan, pembenahan kurikulum penelitian, dan supervisi yang ketat agar kualitas penelitian pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan secara sistematis dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifudin, B., & Saebani, B. A. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmad, M., & Zakiyah, N. (2023). Analisis kesalahan metodologis dalam laporan penelitian pendidikan di LPTK. Jurnal Evaluasi dan Riset Pendidikan, 12(1), 45–56.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktis (ed. revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2011). Penelitian tindakan kelas dan penelitian tindakan sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, S. B. (2008). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, D. (2020). Evaluasi kualitas instrumen penelitian skripsi mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 210–218.

Hadi, S. (2004). Metodologi research. Yogyakarta: Andi.

Hamid, S. (2019). Analisis kesalahan dalam skripsi mahasiswa program studi pendidikan biologi. Jurnal EduBiologi, 8(2), 104–110.

Hardani, H., Arifin, Z., Faradillah, S. M., & Suryani, N. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Kurniawan, A. (2020). Telaah kesalahan metodologi penelitian mahasiswa FKIP. Jurnal Kependidikan, 12(1), 55–63.

Lestari, R. (2021). Analisis kesalahan perumusan masalah dalam proposal skripsi mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 123–130.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (ed. revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E., & Juhri, A. M. (2022). Ketidaksesuaian antara rumusan masalah, tujuan, dan metode dalam disertasi mahasiswa pascasarjana. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 18(2), 67–78.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyo, T. (2022). Kendala mahasiswa dalam melakukan analisis data kuantitatif pada skripsi. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 9(1), 34–42.

Ramadhan, A. D., & Listiyono, M. E. (2021). Analisis kesalahan prosedural dalam penelitian pendidikan mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(1), 12–25. https://doi.org/10.21009/jpp.v28i1.2345

Riyanto, Y. (2010). Paradigma baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana.

Sari, M. D. (2021). Studi kesalahan metode pada skripsi mahasiswa pendidikan matematika (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).

Setiawan, H., Kartika, D., & Lestari, W. (2017). Tantangan dalam implementasi metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–95.

Subana, M., & Sudrajat. (2005). Dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2010). Metodologi penelitian pendidikan: Kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2003). Metodologi penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Usman, H. (2015). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S. (2018). Analisis kesalahan umum dalam teknik pengambilan sampel penelitian mahasiswa. Jurnal Metodologi Pendidikan, 4(1), 80–89.

Zainuddin, M. (2013). Kesalahan umum dalam penelitian skripsi. Surabaya: Laksana Ilmu.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Agina Tiani, Annisa Suci Maulani, Hesti Desmira Iryani, Sinta Fitriani, Rully Hidayatullah, & Harmonedi. (2025). Telaah Kesalahan Kesalahan Prosedur Penelitian Pendidikan. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 762–768. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1115

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)