Mengoptimalkan Pembelajaran Maharah Al–Kalam Mahasiswa Dengan Aplikasi Duolingo: Solusi Efektif Dalam Pembelajaran Bahasa
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.966Abstract
Pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam aspek berbicara (maharah al-kalam), kini dihadapkan pada tantangan baru di era digital yang menuntut pendekatan yang lebih inovatif dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi penggunaan aplikasi Duolingo dalam membantu pengembangan keterampilan berbicara bahasa Arab. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menelaah fitur-fitur yang ditawarkan Duolingo dan bagaimana kesesuaiannya dalam konteks pembelajaran bahasa Arab. Hasil kajian menunjukkan bahwa Duolingo menawarkan sejumlah kelebihan, seperti penyajian materi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, pemberian umpan balik secara langsung, serta pendekatan gamifikasi yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan memberikan keleluasaan dalam proses pembelajaran. Meski demikian, terdapat beberapa hambatan dalam penggunaannya, antara lain keterbatasan dalam menangani variasi dialek, serta tantangan dalam aspek kebahasaan (seperti fonologi, kosakata, dan struktur kalimat) maupun aspek nonkebahasaan (seperti unsur budaya, kualitas pengajar, metode pembelajaran, dan karakteristik peserta didik). Selain itu, kekhawatiran terhadap ketergantungan siswa pada teknologi dan minimnya paparan terhadap konteks budaya turut menjadi catatan penting. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan agar Duolingo dikembangkan lebih lanjut dengan pendekatan yang lebih interaktif dan terintegrasi dengan teknologi seperti realitas virtual. Dengan pengembangan tersebut, Duolingo memiliki potensi besar untuk menjadi terobosan penting dalam pembelajaran bahasa Arab di era modern
References
Afriyadi, H., Hayati, N., Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arrofah, Ghina Aulia Putri. Penggunaan Chatgpt dalam Pembuatan Karya Ilmiah Dosen Universitas Islam Indonesia Ditinjau dari UU No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Maqāṣid Syarīʿah. Diss. Universitas Islam Indonesia, 2024.
Djollong, A. F., Muslih, M., Lutfi, M., Romdon, M. A., Budiana, I., Kurdi, M. S., ... & Mubarok, M. (2024). Pendidikan Agama Islam dalam Era Society 5.0. PT. Penerbit Qriset Indonesia.
Hadian, Tantan, M. Pkim, and Eneng Rahmi. Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Edu Publisher, 2023.
Hafid, Wasil, Kristina Imron, and Qoim Nurani. "Analisis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) terhadap Aplikasi Scratch sebagai media pembelajaran bahasa Arab di smart Society 5.0." Arabic Teaching and Learning International Conference (ATALIC). Vol. 1. No. 1. 2025.
Harahap, Pangulian, Rana Khairiyyah, and Sahkholid Nasution. "Analisis Tantangan Bahasa dan Budaya dalam Penerjemahan Teks Arab di Media Sosial." Lisan An Nathiq: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab 6.2 (2024): 102-117.
Hasanah, Ushie Uswatun, et al. "Pemikiran KH Ahmad Dahlan tentang pendidikan dan relevansinya dengan pendidikan kontemporer." IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2.4 (2024): 160-177.
Hasmidar, S. Pd, et al. Mengenal Bahasa Indonesia. Cendikia Mulia Mandiri, 2024.
Ikhwan, Subaiki, and Milki Aan. Artificial Intelligence (AI) dan Pendidikan Bahasa Arab: Sebuah Revolusi Pembelajaran Bahasa Arab. Penerbit Abdi Fama, 2025.
Indriana, Pathul. "Model Pembelajaran di Era Society 5.0 BAB." Model Pembelajaran Di Era Society 5 (2024): 31.
Islam, P. P. A. H. Islamofobia dan Pendidikan Bahasa Arab di Amerika: Sebuah Pengantar Pandangan Awal Hubungan Islam dan Bahasa Arab.
MR, Ilham. Penggunaan Media Teknologi Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab di PPM Rahmatul Asri. Diss. IAIN Parepare, 2024.
Mustofa, Syaiful. Bahasa Arab dan world class university. UIN Maliki Press, 2021.
Rahma, Fauzia. "Menulis Kreatif Mahasiswa Bipa Melalui Peran Tokoh Abnormal." Dimensi Kreatif Dalam Pembelajaran BIPA (2025): 115.
Rahmatulummah, Alia, and Sekar Anugrah Resky. "Eskalasi konflik Iran-Israel di Damaskus: Implikasi terhadap stabilitas keamanan regional dan global." Jurnal Hubungan Luar Negeri 9.1 (2024): 49-68.
Ridho, Ahmad. "Kontribusi Bahasa Arab Di Media Massa dalam Penyebaran Dakwah Islam." Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik 1.2 (2023): 269-281.
Rohmawaty, Evy Nur, et al. "Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang." Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 4.3 (2024): 316-328.
Sobriyah, Sofiatus, and Muhammad Fauzen Adiman. "Peluang dan Tantangan Artificial Intelligence (AI) terhadap Pembelajaran Maharotul Kalam." Indonesian Research Journal on Education 4.4 (2024): 2790-2793.
Sulianta, Feri. Social Informatics: Kajian Interaksi Teknologi & Masyarakat. Feri Sulianta, 2024
Ummah, Izzatul, et al. "Strategi Pembelajaran Berbasis AI dalam Menunjang Prestasi Akademik Siswa." Seminar Nasional Paedagoria. Vol. 4. No. 1. 2024.
Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1-7.
Ahmad, N. F., & SS, M. A. (n.d.). Faktor-Faktor Penunjang Dan Penghambat Dalam Mempelajari Bahasa Arab.
Al-Gifari, R. A., Rahmawati, S. U., & Susiawati, W. (2025). Efektivitas Aplikasi Duolingo dalam Pembelajaran Mufradat di MTs Islamiyah Ciputat. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(3), 5989–5998.
Amelia, R., Saputro, A. I., & Purwanti, E. (2022). Internalisasi Kecerdasan Iq, Eq, Sq Dan Multiple Intelligences Dalam Konsep Pendidikan Islam (Studi Pendekatan Psikologis): ID. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(02), 34–43.
Amin, B. (2023). Konsep Pengajaran Maharah Al Kalam Pada Tingkat Pemula. Jurnal Seumubeuet, 2(1), 39–48.
Azzahra, M., & Sukma, K. (2024). Analisis Penggunaan Metode Mubasyarah Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Pada Siswa Kelas X Darul Quran Kubang. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(2), 93–104.
DAHLIANA, D. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Memahami Kaidah Nahwu Melalui Tadribat Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Di Iaim Sinjai. Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.
Harahap, P., Khairiyyah, R., & Nasution, S. (2024). Analisis Tantangan Bahasa dan Budaya dalam Penerjemahan Teks Arab di Media Sosial. Lisan An Nathiq: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 102–117.
Ikhwan, S., & Aan, M. (2025). Artificial Intelligence (AI) dan Pendidikan Bahasa Arab: Sebuah Revolusi Pembelajaran Bahasa Arab. Penerbit Abdi Fama.
Indahnur, S., & Nur, M. A. D. (2024). Inovasi Penilaian Sastra dalam Buku Bahasa Arab Berbasis Connected Project. Journal of Education Research, 5(4), 4323–4329.
Isnaini, H. S., Arief, Z. A., & Waspodo, M. (2021). Monograf Pengembangan Model Pembelajaran Online Dengan Nine Events Of Instruction: Bahasa Inggris Kelas 8.
KASRIATIN, K. (2023). Meningkatkan Katerampilan Berbicara (Maharat Al-Kalam) Bahasa Arab Melalui Media Powerpoint Kelas VIII-E MTsN 4 Sidoarjo. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(3), 187–194.
Khusni, A. R., Mundir, H., Mashudi, H., & Sahlan, H. M. (2024). Revolusi Pembelajaran Agama Islam Di Era Industri 4.0: Peran Kecerdasan Buatan Dalam Menghadirkan Inovasi Pendidikan. SIRAJUDDIN: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 4(1), 1–16.
Latihan Berbicara Duolingo: Tips Untuk Meningkatkan Pengucapan Anda. (n.d.). Retrieved April 13, 2025, from https://duolingoguides.com/duolingo-speaking-practice-guide/
Luciana, L. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Madrasah Ibtidiyah Swasta Madinatussalam, Nurul Fadhilah Dan Hidayatussalam Di Kecamatan Percut Sei Tuan. UINSU Medan.
Mafaakhir, A., & Muhlisin, M. (2024). Analisis Implementasi Kebijakan Hybrid Learning pada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Gusdur Pekalongan. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 531–538.
Magdalena, I. (2021). Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
Mahendra, G. S., Ohyver, D. A., Umar, N., Judijanto, L., Abadi, A., Harto, B., Anggara, I. G. A. S., Ardiansyah, A., Saktisyahputra, S., & Setiawan, I. K. (2024). Tren Teknologi AI: Pengantar, Teori, dan Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Meishanti, O. P. Y., Rahmawati, R. D., & Nafingah, N. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.
MR, I. (2024). Penggunaan Media Teknologi Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab di PPM Rahmatul Asri. IAIN Parepare.
Rahma, F. (2025). Menulis Kreatif Mahasiswa Bipa Melalui Peran Tokoh Abnormal. Dimensi Kreatif Dalam Pembelajaran BIPA, 115.
Ridho, A. (2023). Kontribusi Bahasa Arab Di Media Massa dalam Penyebaran Dakwah Islam. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 1(2), 269–281.
Salsabila, T., Nafilah, N., Patangga, F., Zulfa, S., & Listyaningsih, N. (2024). Literature review: Efektivitas Penggunaan Aplikasi Duolingo Terhadap Motivasi Belajar bahasa inggris. Jurnal Empati, 13(4), 302–312.
Supriadi, S. P., & Priyanti, N. A. (n.d.). Mengajar Di Era Tiktok: Strategi Jitu Media Pembelajaran Untuk Generasi Z. Cipta Media Nusantara.
Syarifuddin, S. (2014). Strategi Pembelajaran Maharah Al-Kalam Di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab (Lpba) Ocean Pare Kediri. Studi Arab, 5(1), 1–22.
Tarumasely, Y., Halamury, M., Sipahelut, J., & Labobar, W. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Teknologi AI; Membaca Perubahan Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa di Indonesia. Academia Publication.
Umam, M. K., & Nada, R. K. (2021). The Complexity of Arabic Learning During the Covid-19 Pandemic at MIN 1 Yogyakarta| Kompleksitas Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 1 Yogyakarta (Masalah, Kurikulum, Keterlibatan Orang Tua). Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 1(2), 167–182
Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1–7.
Wekke, I. S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Deepublish.
Wijaya, C. S. P., Bianca, F., & Amelia, M. S. (2025). Artificial Intelligence Sebagai Pendukung Efektivitas Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 699–705.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ibnu Fikri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.