Implementasi Ekstakurikuler Rohis Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMA Negeri 14 Medan
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.952Abstract
Ekstrakurikuler Rohis, yang digagas oleh pemerintah dan sekolah, diharapkan menjadi wadah yang efektif dalam membentuk dan mengasah kecerdasan spiritual siswa hal tersebut dilatarbelakangi karena fokus pendidikan saat ini cenderung mengedepankan kecerdasan intelektual. Sehingga dalam penelitia ini bertujuan untuk dapat mengetahui implementasi dari rohis yang ada di SMA Negeri 14 Medan dalam aspek kecerdasan spiritual. metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian yaitu, (1)Implementasi ekstrakurikuler Rohis dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMA Negeri 14 Medan sudah berjalan dengan baik namun memang harus ditingkatkan lebih baik lagi. (2)Bentuk kegiatan ekstrakurikuler Rohis dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMA Negeri 14 Medan meliputi 4 bidang yaitu bidang ibadah bidang Alquran bidang sosial dan bidang dakwah. (3)Faktor pendukung ekstrakurikuler Rohis dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa yaitu dukungan penuh dari sekolah orang tua dan kemauan diri sendiri sedangkan faktor penghambat atau kendala yang dihadapi Rohis yaitu pengelolaan dana yang kurang optimal kedisiplinan waktu yang tidak efektif, pengaruh teman dan lingkungan luar sekolah.
References
Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Remaja Rosdakarya.
An-Nahlawi, A. (1995). Prinsip-Prinsip Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Di Sekolah dan Masyarakat. Diponegoro.
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. PT Raja Grafindo Persada.
M. Iqbal, H. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.
Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetens;Konsep,Karakteritik dan Implementasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Sinamo, H., Halidjah, S., & Margiati, K. Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(c), 1–12.
Sistem Pendidikan Nasional. Warga Negara. Masyarakat. Pemerintah. Pemerintah Daerah. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. In Presiden Republik Indonesia.
Sukmadinata. (2011). Dasar-dasar Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Zainuddin. (1991). Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali. Bumi Aksara.
Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Remaja Rosdakarya.
An-Nahlawi, A. (1995). Prinsip-Prinsip Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Di Sekolah dan Masyarakat. Diponegoro.
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. PT Raja Grafindo Persada.
M. Iqbal, H. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.
Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetens;Konsep,Karakteritik dan Implementasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Sinamo, H., Halidjah, S., & Margiati, K. Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(c), 1–12.
Sistem Pendidikan Nasional. Warga Negara. Masyarakat. Pemerintah. Pemerintah Daerah. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. In Presiden Republik Indonesia.
Sukmadinata. (2011). Dasar-dasar Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Zainuddin. (1991). Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Pratiwi Purba, Ali Imran Sinaga, Makmur Syukri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.