Implementasi Ekstakurikuler Rohis Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMA Negeri 14 Medan

Authors

  • Putri Pratiwi Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ali Imran Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Makmur Syukri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.952

Abstract

Ekstrakurikuler Rohis, yang digagas oleh pemerintah dan sekolah, diharapkan menjadi wadah yang efektif dalam membentuk dan mengasah kecerdasan spiritual siswa hal tersebut dilatarbelakangi karena fokus pendidikan saat ini cenderung mengedepankan kecerdasan intelektual. Sehingga dalam penelitia ini bertujuan untuk dapat mengetahui implementasi dari rohis yang ada di SMA Negeri 14 Medan dalam aspek kecerdasan spiritual. metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian yaitu, (1)Implementasi ekstrakurikuler Rohis dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMA Negeri 14 Medan sudah berjalan dengan baik namun memang harus ditingkatkan lebih baik lagi. (2)Bentuk kegiatan ekstrakurikuler Rohis dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMA Negeri 14 Medan meliputi 4 bidang yaitu bidang ibadah bidang Alquran bidang sosial dan bidang dakwah. (3)Faktor pendukung ekstrakurikuler Rohis dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa yaitu dukungan penuh dari sekolah orang tua dan kemauan diri sendiri sedangkan faktor penghambat atau kendala yang dihadapi Rohis yaitu pengelolaan dana yang kurang optimal kedisiplinan waktu yang tidak efektif, pengaruh teman dan lingkungan luar sekolah.

References

Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Remaja Rosdakarya.

An-Nahlawi, A. (1995). Prinsip-Prinsip Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Di Sekolah dan Masyarakat. Diponegoro.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. PT Raja Grafindo Persada.

M. Iqbal, H. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetens;Konsep,Karakteritik dan Implementasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Sinamo, H., Halidjah, S., & Margiati, K. Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(c), 1–12.

Sistem Pendidikan Nasional. Warga Negara. Masyarakat. Pemerintah. Pemerintah Daerah. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. In Presiden Republik Indonesia.

Sukmadinata. (2011). Dasar-dasar Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Zainuddin. (1991). Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali. Bumi Aksara.

Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Remaja Rosdakarya.

An-Nahlawi, A. (1995). Prinsip-Prinsip Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Di Sekolah dan Masyarakat. Diponegoro.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. PT Raja Grafindo Persada.

M. Iqbal, H. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetens;Konsep,Karakteritik dan Implementasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Sinamo, H., Halidjah, S., & Margiati, K. Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(c), 1–12.

Sistem Pendidikan Nasional. Warga Negara. Masyarakat. Pemerintah. Pemerintah Daerah. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. In Presiden Republik Indonesia.

Sukmadinata. (2011). Dasar-dasar Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Zainuddin. (1991). Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Putri Pratiwi Purba, Ali Imran Sinaga, & Makmur Syukri. (2025). Implementasi Ekstakurikuler Rohis Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMA Negeri 14 Medan . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 221–233. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.952

Issue

Section

Articles