Globalisasi dan Transformasi Pendidikan Islam: Menyongsong Era Digital

Authors

  • Lely Amelia Aryani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Elpiati Silpi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.931

Abstract

Pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam di era digital berfokus pada integrasi nilai-nilai moral dan etika dalam konteks teknologi modern. Penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam berperan penting dalam membentuk karakter siswa dengan menanamkan nilai-nilai kesabaran, integritas, dan empati, yang sangat dibutuhkan di dunia digital saat ini. Dan pendekatan yang menggabungkan teknologi dengan pengajaran agama dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membantu siswa menghadapi tantangan moral yang kompleks. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Integrasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum pendidikan agama Islam memungkinkan siswa tidak hanya untuk memahami konsep moral, tetapi juga menginternalisasinya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, siswa tidak hanya menjadi individu yang cerdas secara intelektual,tetapi juga memiliki karakter yang kuat, mampu bersikap bijak dan bertanggung jawab dalam menghadapi berbagai tantangan global. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperkuat integrasi nilai-nilai karakter dalam pendidikan agama Islam. Ini tidak hanya bertujuan untuk membangun individu yang berakhlak mulia, tetapi juga untuk menciptakan masyarakat yang berintegritas, mampu menjaga nilai-nilai moral, dan siap menghadapi tantangan global.

References

Amaliah, N. (2020). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Ekstrakurikuler, 3(2), 78–88.

Anwar, M. (2021). Pendidikan Islam dalam Menanamkan Karakter dan Moralitas Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 78–90.

Dewi, S. (2019). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Karakter dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 45–58.

Fitria, I. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kurikulum, 7(1), 32–45.

Hasan, M. S., & Azizah, M. (2020). Strategi Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo dalam Menghadapi Tantangan Modernisasi. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 15–28.

Hidayat, N. (2015). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. In el-Tarbawi (Vol. 8, Issue 2). Jurnal El-Tarbawi. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2

Hidayatullah, F. (2020). Peran Pendidikan Agama dalam Membangun Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Karakter, 7(2), 99–112.

Hoktaviandri, H., & Mislaini, M. (2020). Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Sekolah. Jurnal Kawakib, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.24036/kwkib.v1i1.9

Jaelani, J. (2022). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. In Jurnal Indonesia Sosial Sains (Vol. 3, Issue 05). Jurnal Al-Ulum. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i05.596

Downloads

Published

2025-04-27

How to Cite

Aryani, L. A., Silpi, E., & Sari, H. P. (2025). Globalisasi dan Transformasi Pendidikan Islam: Menyongsong Era Digital. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 426–434. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.931

Issue

Section

Articles