Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.921Abstract
Kurikulum merupakan kerangka terstruktur yang mengatur perencanaan dan penyusunan bahan ajar beserta mekanisme pelaksanaannya dalam kegiatan pembelajaran. Dalam mengembangkan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) tidak terbatas pada pengetahuan teoritis, tetapi juga semestinya menekankan penerapan nilai-nilai Islami pada peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pengembangan kurikulum PAI. Adapun metode yang digunakan yakni studi pustaka dari berbagai buku, artikel dan hasil penelitian sebelumnya untuk memperoleh informasi yang sedang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru merupakan pemain utama dalam pengembangan kurikulum PAI. Dikarenakan guru dalam menjalankan tugasnya tidak terlepas dari adanya perubahan, khususnya mengenai perbaikan-perbaikan pembelajaran bagi peserta didik dalam bentuk kurikulum yang akan dikembangkan.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Badrun Kholid, Arif Rahman, & Lalu Ari Irawan. (2024). Implementing Diagnostic Assessment in Designing Differentiated Learning for English Language Learning at the Junior High Schools. Journal of Language and Literature Studies, 4(2), 445–458. https://doi.org/10.36312/jolls.v4i2.1934
Fahrezi, R. M. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Inklusi. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia, 01(1), 1–7.
Gofur, M. A., Junedi, & Nursikin, M. (2022). Prinsip-prinsip Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management (EJIM), 2(2), 81–87.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (1 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Juniarni, C. (2019). Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum Perspektif Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 5–16.
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Maulidiyah, K. K., & Manaf, A. (2021). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di MTS VIP Queen Al Khadijah Cilacap. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 65–75.
Rusnawati. (2022). Dasar dan Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16(1), 273–291. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i1.34
Sapitri, N., Sahwal, S. S., Satifah, D., & Takziah, N. (2024). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 73–80. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.878
Saputra, M., Nazaruddin, Na’im, Z., Syahidin, & Nugroho, P. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sofiah, M. A., & Azizah, R. N. N. (2024). Kolaborasi Guru dan Manajemen Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Efektif. Jurnal Bintang Manajemen, 2(3), 41–51.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Tadris, 14(1), 1–19.
Utomo, S. T., & Ifadah. (2020). Inovasi Kurikulum Dalam Dimensi Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 3(1), 19–38. https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1570
W, S. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3752–3760. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faqih Mufasirin, Khumaidatun Nisa, Luthfia Rosidin, Sausan Zahra, Muhammad Hufron

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.