Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik

Authors

  • Munawir UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Sahila Nur Mahfudah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Zakiyatul Fitriyah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.889

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik, namun masih banyak tantangan dalam implementasinya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalisme guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mengkaji berbagai referensi terkait profesionalisme guru dan pendidikan karakter dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru PAI berpengaruh signifikan terhadap pembentukan akhlak peserta didik, yang meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Guru yang memiliki kompetensi tersebut dapat menjadi teladan, memberikan pembiasaan yang baik, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk penguatan nilai-nilai moral. Selain itu, pembinaan yang berkelanjutan oleh guru PAI memainkan peran penting dalam menginternalisasi nilai-nilai akhlakul karimah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan profesionalisme guru PAI menjadi solusi mengatasi tantangan pembentukan akhlakul karimah peserta didik serta meningkatkan efektivitas pendidikan karakter berbasis Islam.

References

Abdurrahman, A., & Hidayat, M. A. (2023). Profesionalisme Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 574–580. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4890

Azizah, A. N. ‘Ilmi, Abrori, M. S., & Sabrina, A. (2024). Profesi Keguruan: Menjadi Guru Profesional. Tahta Media Group.

Barni, M. (2019). Tantangan Pendidik Di Era Millennial. Transformatif, 3(1), 99–116. https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251

Budi, T. S., & Wirastho, E. (2024). Makna Takwa Dalam Tafsir Al-Mishbah. 5(1), 143–150.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1).

Fieka, N. A., & Prayitno, U. singgih. (2019). Peningkatan kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi guru Prajabatan dalam Pemenuhan kebutuhan guru Profesional di indonesia. Jurnal Aspirasi, 10(1). https://doi.org/10.22212/aspirasi.v7i1.1084

Hamid, A. (2020). Penerapan Metode Keteladanan Sebagai Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.

Idris, I. (2020). Kajian Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru Dan Dosen Di Indonesia. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 41–52. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.57

Intani, M. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik di SMK 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, IAIN Surakarta.

Junaedi, M. (2018). Strategi Guru PAI Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik SDN 216 Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. Skripsi Program Strata Satu Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, UIN Alauddin Makasar, 89.

Kamaruddin, I., Septiani, V., Handayani, E. S., & Kesek, M. N. (2023). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. 7.

Kusyairy, U., & Sulkipli. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward and Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 81–88.

Latifah, E. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa. Jurnal Tahsinia, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.357

Ma’arif, M. A. (2017). Hukuman (Punishment) dalam Perspektif Pendidikan di Pesantren. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.1-20

Maisyanah, M., Syafa’ah, N., & Fatmawati, S. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.328

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Munir, M. M. (2019). Sikap Tawadhu’ Siswa SMP terhadap Guru Pada Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Dusun Wadang Tempel Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Spiritualita, 3(2), 217–238. https://doi.org/10.30762/spr.v3i2.1873

Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023a). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549

Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023b). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549

Oktoberia, S. S. (2025). Peran Profesionalisme Guru Dalam Meningkatakan. 7(1).

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Rahmawati, N. H., Ulya, A. M., & Fitriani, A. (2025). Relevansi Syarat-Syarat Guru Profesional Menurut Undang-Undang Dan Menurut Islam. 3.

Rambe, A. A., Udin Supriadi, Mokh. Iman Firmansyah, Regita Ayu Dwietama, Annisa Ningtias Cevie Putri, Muhammad Nurfaizi Arya Rahardja, & Junaidi Marbun. (2024). Pendekatan Kasih Sayang dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadits Nabi Muhammad SAW. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 438–452. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i2.13547

Salim, & Syahrum. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.

Suhri Rohmansyah, M., Zohriah, A., Muin Bahaf, A., & Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2023). Peran dan Syarat tenaga pendidik dalam Kitab Taisirul Khalaq Fil Ilmil Akhlaq. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 161–170.

Sutiono. (2021). Profesionalisme Guru. Jurnal Al-Akhlak, 4, 16–25.

Syukur, A. (2020). Akhlak Terpuji dan Implementasinya di Masyarakat. MISYKAT AL-ANWAR: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 144–164. https://doi.org/10.24853/ma.3.

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. 6.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Munawir, Sahila Nur Mahfudah, & Zakiyatul Fitriyah. (2025). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 150–164. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.889

Issue

Section

Articles