Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Toleransi Beragama Siswa

Authors

  • Hakiki UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Najmul Hayat UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Tuti Indriyani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.52

Abstract

Tesis ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama islam dalam membina toleransi beragama siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran sikap toleransi antar umat beragama, untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membina toleransi beragama siswa, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membina toleransi beragama. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif deskriptif yang akan menggambarkan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bentuk sikap toleransi beragama sangat baik, hal ini terlihat dari interaksi antar siswa, guru, dan hubungan siswa dan guru, yang saling menghormati, dan menghargai, menerima setiap perbedaan, bekerja sama dan saling menyayangi. 2) Strategi guru PAI dalam membina sikap toleransi beragama ,secara garis besar melakukan pertimbangan dan pemilihan pendekatan yag sesuai untuk mencapai tujuan, mempertimbangkan dan menentukan langkah-langkah yang akan digunakan, menentukan tolak ukur atau acuan hasil dari usaha yang dilakukan. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam membina toleransi beragama pertama faktor pendukung, kesadaran beragama, dan menghargai kemajemukan. kedua faktor menghambat toleransi beragama adalah warisan politik penjajah, dan sikap kurang bersahabat

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Hakiki, Hayat, N., & Indriyani, T. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Toleransi Beragama Siswa. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 37–47. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.52

Issue

Section

Articles