Pemanfaatan Masjid Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi

Authors

  • Wadidin Harahap UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Madyan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Najmul Hayat UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan, upaya guru dan hambatan yang dihadapi guru PAI dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran Pendidikan islam di Sekolah Menengah Pertama Ahamad Dahlan Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi dengan subjek penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan siswa sebagai respondem utama. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara untuk teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau mengadakan verfikasi data. Hasil penelitian menggambarkan kondisi real pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran Pendidikan islam, sangat intens pertemuan dan pemanfaatan masjid dalam pembelajaran agama islam yang dilakukan oleh guru PAI. Guru PAI sudah memanfaatkan masjid dengan berbagai kegiatan, secar intens dan sangat membantu guru dalam memberikan motivasi siswa dalam belajar dan berjalan dengan lancar dan tertib. Guru PAI, dalam memanfaatkan masjid sebagai tempat pembelajaran PAI, secara teori maupun praktek, sudah memaksimalkan kegiatan yang sudah dirancang dan disusun bersama guru dan kepala sekolah setiap diawal semester yaitu dalam rapat kerja, dengan menawarkan banyak kegiatan dan sudah berjalan dengan baik, diataranya adalah pembelajaran PAI secara khusus dilakukan berkelompok maupun klasikal, selain itu ada juga kegiatan pendukung lainnya seperti sholat dhuha berjamaah, sholat zuhur dan ashar berjamaah, kahfiyan setiap hari Jumat pagi dan semi boarding, siswa nginap disekolah untuk mendapatkan nimbingan khusus dalam peningkatan Pendidikan karakter siswa. Dalam kenyataannya banyak hambatan yang ditemukan oleh guru diakibatkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat berupa : kedisiplinan, waktu yang tersedia sangat terbatas, kelelahan, kesiapan belajar serta psikologis dan Kesehatan. Sementara faktor eksternal meliputi ; teman sejawat dan lingkungan social. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI di SMP Ahmad Dahlan sangat intens dan banyak kegiatan yang dilakukan guru PAI, berupa kegiatan yang bisa memberikat motivasi belajar siswa semakin baik.

References

Abdussamad, Zuchri, Metode Penelitian Kualitatif. Makasar : CV. Syakir: Media Perss, 2021.

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Al Asqalani, Ibnu Hajar, Talkhisul Habir, terjemahan oleh Ali Murtadho. Jakarta: Pustaka Azzam, 2011.

Al-qarni, Aidh, Muhammad sang inspirator dunia, terjemahan oleh Mulhim al-‘alam. Jakarta : Almahira, 2022.

AlGhazali, Abu Hamid, Wahai anakku yang tercinta, terjemahan oleh Ahmad Fahmi. Malaysia : Khazanah Banjariyah, 2018

Anwar Syaiful, Desain Pendidikan Islam : Konsepsi dan aplikasi dalam Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta : Idea Press Yogyakarta, 2014

Azis, Abdul, Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis IT. Palangka Raya : LP2M IAIN Palangka Raya Press, 2021.

Burhanudin, Islam Agamaku : Buku Teks Agama Islam. Subang: Royyan Press, 2016.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Djamaludin Ahdar, Belajar dan Pembelajaran : 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. KaaffahLearning Center, 2019

Faisal Sanapiah, Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan Aplikasi (Malang: Y3A Malang, 1990

Fauzi, Ahmad, Metodologi Penelitian. Jawa Tengah : CV. Pena Persada, 2022.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

Hanafi, Halid, Ilmu Pendidikan Islam. Sleman : Deepublish, 2018.

Hardani, Metode Penelitian Kulaitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu, 2020.

Hidayat Rahmat, Ilmu Pendidikan Islam : Menuntun Arah Pendidikan Islam Di Indonesia. Medan : LPPPPI, 2016

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Iskandar, Metodologi Pendidikan dan Sosial Kuantitatif dan Kualitatif (Jakarta: Gaung Persada Perss, 2008

Burhanudin, Islam Agamaku : Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Royyan : Subang Press, 2016.

Departemen Agama, Pedoman pembinaan kemasjidan. Jakarta : Direktorat urusan Agama islam dan pembinaan syariah, 2007.

Mukhtar, Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah (Jambi: Sulthan Thaha Press, 2007

Mujahidin, Anwar, Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo : Nata Karya, 2019.

Murdiyanto, Eko, Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Yogyakarta : LPPPM UPN, 2020.

Musthafa, Fuhaim, Manhajuth- Thiflil Muslim : Dalilul Mu’allimin Wal Aba’ Ilat- Tarbiyati Abna’ Fi Riyadhil Athfal Wal Madrasatil Ibtidaiyah, terjemahan oleh Abdillah Obid. Jakarta Selatan: Mustaqim, 2004.

Ismail Feiby Dkk, Manajemen Pendidikan Islam (Bandung : Penerbit Media Sains Indonesia, 2021)

Jauzi, Ibnul, Kesempurnaan Peribadi Nabi Muhammad SAW, terjemahan oleh Mahmud Hidayat. Jakarta : Pustaka Al-kausar, 2005.

Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Alfabeta, 2010

Nurmaidah, Pembelajaran PAI di sekolah : Problematika dan dikursus. Mataram : Sanabil, 2021

Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.

Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.

Kementerian Agama, Al-quran dan Terjemahnya. Jakarta Timur : Lajnah Pentashihan mushaf Al-Qur'an, 2022.

Ikhwani, Kusnadi, Strategi Memakmurkan Masjid. Sukoharjo : Penerbit Hudan, 2022.

J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

Priadana, M. Sidik, Metode Penelitian Kualitatif. Tangerang Selatan : Pascal Books, 2021.

Putra Haidar, Kapita Selekta Pendidikan Islam Di Indonesia. Medan : Perdana Publishing, 2012

Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta : Referensia/GP. Press Group, 2013.

Muhammad, Ensiklopedi Islam Alkamil, terjemahan oleh Ahmad Munir. Jakkarta : Timur Darussunnah Press, 2010.

Mujib Abdul Dkk, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010)

Mawardi, Muhjiddin, Akhlak Lingkungan (Panduan Berperilaku Ramah Lingkungan). Tangerang Selatan : Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup, 2011.

Sa’ad, Mukhlisin, Etika Sufi Ibnu Al-Arabi. Probolinggo : CV. Mandiri, 2019.

Nazarudin, Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hajar Dewantaradan Relevansinya dengan pendidikan islam. Palembang : Cv. Amanah, 2019.

Ibrahim, Nini, Perencanaan pembelajaran teoritis dan praktis. Jakarta : Mitra Abadi, 2014.

Hidayat, Rahmad, Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia”. Medan : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016.

Rahmadi, Pengantar Metode Penelitian. Banjarmasin : Antasari Perss, 2011.

Syarif, Baqir, The Educational Syistem in Islam, 2015.

Shulhan Muwahid, Managemen Pendidikan Islam : Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Depok :Penerbit Teras, 2013

Sidiq, Umar, Metode Penelitian Kualitatif dibidang Pendidikan. Ponorogo : CV. Nata Karya, 2019.

Suparman, Dinamika Psikologi Pendidikan Islam. Jakarta : Anggota IKAPI, 2020.

Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.

Wanili, Khairuddin, Ensiklopedi Masjid : Hukum, Adab dan Bid’ahnya. Jakarta : Darussunnah, 2018

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Harahap, W., Madyan, & Hayat, N. (2024). Pemanfaatan Masjid Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 11–45. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.326

Issue

Section

Articles