Integrasi Nilai-nilai Akidah (Ilmu Kalam) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Wahyu Sukma Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua
  • Naisila Naisila Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua
  • Siti Khafidatul Kamila Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua
  • Alma Pratiwi Husain Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1794

Keywords:

Ilmu Kalam, Pendidikan Dasar, Pembentukan Karakter, Nilai Islam

Abstract

Integrasi nilai-nilai akidah (Ilmu Kalam) dalam pembelajaran sekolah dasar menjadi langkah strategis dalam membentuk karakter dan landasan moral peserta didik sesuai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai akidah tidak hanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, tetapi juga dalam berbagai mata pelajaran umum melalui pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, memanfaatkan sumber berupa buku, artikel jurnal, dan dokumen resmi yang relevan dengan konsep integrasi Ilmu Kalam dalam pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai akidah efektif menumbuhkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, serta kepedulian sosial, sekaligus memperkuat pemahaman spiritual dan moral siswa. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber belajar dan adaptasi guru terhadap pedagogi modern, integrasi nilai akidah memiliki potensi besar dalam membentuk karakter positif dan mendukung pendidikan holistik. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan profesional guru dan desain kurikulum yang secara sistematis mengintegrasikan nilai akidah guna menyiapkan siswa menghadapi tuntutan masyarakat modern

References

Albalawi, A. S., & Badawi, M. F. (2021). The effect of integrating Islamic values into digital learning environments on students’ moral development. Education and Information Technologies, 26(5), 6157–6174. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10563-3

Andriani, A., Hanafiah, N., & Setiawan, M. (2021). Implementasi nilai-nilai akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Kabupaten Garut. Tanzhimuna, 1(2), 14–31.

Arthur, J., Kristjánsson, K., Harrison, T., & Sanderse, W. (2017). Teaching character and virtue in schools. Routledge.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2021). Research-based fundamentals of the effective promotion of character development in schools. Journal of Character Education, 17(2), 1–20.

Budiyanti, F. P. (2024, October). Implementasi nilai-nilai akidah dalam pengembangan karakter generasi muda. Buletin Al Anwar. https://buletin-alanwar.ppanwarulhuda.com/aqidah/implementasi-nilai-nilai-akidah-dalam-pengembangan-karakter-generasi-muda/3022/

Halstead, J. M. (2007). Islamic values: A distinctive framework for moral education? Journal of Moral Education, 36(3), 283–296. https://doi.org/10.1080/03057240701643039

Hidayah, F. (2025). Islam dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga. Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS).

Indriastuti, N. N. I. (2020). Implementasi pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SD Negeri 1 Geger Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–83.

Islam, A., & Jadid, U. N. (2025). Implementasi kurikulum pendidikan meningkatkan akhlak siswa SD Agama Islam (PAI). NAAFI Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1). https://doi.org/10.62387/naafijurnalilmiahmahasiswa.v2i1.116

Jackson, R. (2019). Religious education for plural societies: The selected works of Robert Jackson. Routledge.

Lestari, K. A., Julia, A., Putri, N. A., Darusalam, M. R., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2024). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembentukan moral anak sekolah dasar. Jurnal Sinektik, 6(2), 97–105. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9085

Lickona, T. (2021). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

Lovat, T. (2020). Values education as holistic development for all learners. Springer.

Ramadhani, A. B. ’Ulum. (2024, October). Nilai-nilai akidah dalam pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Kumparan.

Ramadhani, O., Marsanda, A., Damayanti, P. D., & Cinantya, C. (2025). Pentingnya pendidikan karakter di sekolah dasar untuk membangun generasi berkualitas. Prosiding Seminar Nasional, 1991, 151–160.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Wahyu Sukma, Naisila, N., Siti Khafidatul Kamila, & Alma Pratiwi Husain. (2025). Integrasi Nilai-nilai Akidah (Ilmu Kalam) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 918–925. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1794

Issue

Section

Articles