Tantangan Guru Pendidikan Islam dalam Mengajarkan Ilmu Kalam di Sekolah Dasar

Authors

  • Alma Pratiwi Husain IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Erlin Diana IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Annisa' Fatmayanti IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1728

Keywords:

Guru PAI, Ilmu Kalam, Sekolah Dasar, Tantangan Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran ilmu kalam di sekolah dasar menjadi tantangan penting dalam Pendidikan Agama Islam karena materi teologi yang abstrak seringkali sulit dipahami oleh siswa yang masih berada pada tahap perkembangan kognitif konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan yang dihadapi guru PAI dalam menyampaikan konsep-konsep ilmu kalam, mengevaluasi strategi pembelajaran yang telah diterapkan, serta merumuskan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kepustakaan dengan menelaah jurnal ilmiah, buku, dan publikasi akademik relevan melalui teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi berbagai kendala, mulai dari kesulitan adaptasi materi, keterbatasan metodologi, minimnya media pembelajaran, hingga lemahnya dukungan institusional. Namun, guru juga mengembangkan strategi adaptif seperti metode bercerita, analogi kehidupan sehari-hari, dan penggunaan media visual sederhana. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kurikulum, pelatihan guru, serta penyediaan sumber belajar yang lebih inovatif dan kontekstual

References

Aziz, A. (2021). Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah dasar. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(2), 123–145.

Elkarimah, M. (2021). Strategi pendidikan agama Islam pada pembelajaran akidah: Pencegahan dan penanggulangan penyebaran aliran sesat. Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 78–95.

European Commission. (2022). Education and religious literacy in Europe. Publications Office of the European Union.

Fauzi, M. (2023). Problematika guru mengimplementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PAI di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 145–162.

Gearon, L. (2021). The Routledge international handbook of religious education. Routledge.

Hidayat, A., & Maulana, R. (2023). Strategi pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter religius siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 78–95.

Ipgrave, J., & Miller, J. (2020). Religious education in the 21st century. Routledge.

Jackson, R. (2019). Religious education for plural societies. Routledge.

Lubis, S. A., & Nasution, W. N. (2018). Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 2(3), 234–248.

Mahfuddah, M. (2022). Profesionalisme guru PAI sebagai pilar pendidikan karakter di era globalisasi. Atta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(1), 45–62.

Parker, W., & Leming, J. (2019). Teaching democracy and religion in schools. Routledge.

Rahayu, S., & Susanti, D. (2021). Kompetensi guru PAI dalam pembelajaran akidah di sekolah dasar: Studi fenomenologi. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 45–62.

Rahmawati, I., & Hidayah, N. (2020). Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah dasar: Analisis karakteristik dan perkembangan siswa. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 7(2), 123–140.

Sartini, S., Syamsiati, S., & Kresnadi, H. (2014). Penerapan metode guide inquiry dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–12.

Skeie, G. (2020). Dynamics of religion in education. Waxmann.

Subianti, S. (2013). Penerapan media pengalaman langsung pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar Tunas Bangsa Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 34–48.

Tim Peneliti UPI. (2021). Konsep pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar: Analisis karakteristik dan perkembangan siswa. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 67–89.

UNESCO. (2023). Digital learning for all: Global education report. UNESCO Publishing.

Wardani, K., & Sari, P. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran PAI di sekolah dasar negeri. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 189–205.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Alma Pratiwi Husain, Erlin Diana, & Annisa’ Fatmayanti. (2025). Tantangan Guru Pendidikan Islam dalam Mengajarkan Ilmu Kalam di Sekolah Dasar. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 911–917. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1728

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)