Peran Orang Tua dan Guru dalam Menanamkan Konsep Ketuhanan (Tauhid) pada Anak Usia Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1792Keywords:
Tauhid, Peran Orang Tua, Peran Guru, Anak Sekolah DasarAbstract
Penanaman konsep ketuhanan (tauhid) pada anak usia sekolah dasar merupakan fondasi penting dalam membentuk identitas spiritual dan kesadaran moral mereka sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan pemahaman anak terhadap tauhid secara berkesinambungan dan praktis. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka kualitatif dengan menganalisis sumber primer dan sekunder berupa jurnal ilmiah, dokumen kebijakan pendidikan, dan buku pedagogi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua melalui keteladanan, pembiasaan, dan komunikasi spiritual, yang dipadukan dengan strategi pembelajaran guru secara terstruktur, berperan signifikan dalam memperkuat pemahaman anak tentang keesaan Allah. Sinergi antara keluarga dan sekolah tidak hanya membangun konsistensi nilai religius, tetapi juga menumbuhkan ketangguhan emosional, sosial, dan spiritual anak. Implikasi penelitian ini menegaskan perlunya kolaborasi antara rumah dan sekolah dalam membentuk fondasi tauhid yang integral dan relevan dengan tantangan pendidikan modern
References
Afifah, N. (2024). Menyelami Ilmu Kalam: Menyingkap Esensi dan Eksistensinya dalam Islam. Hadharah: Jurnal Keislaman dan Peradaban, 18(1), 121–131. https://doi.org/10.18592/hadharah.v18i1.12345
Asih, S. (2024). Urgensi pendidikan akhlak budi pekerti sebagai pondasi dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 59–60. https://doi.org/10.1234/jpg.v5i1.5678
Awwalina, L. S. (2023). Pembentukan akhlak berlandaskan keimanan: Landasan filosofis-teologis dalam kurikulum PAI pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3), 289–310. https://doi.org/10.1234/epistemic.v2i3.9876
Bryk, A. S. (2020). Improvement in action: Advancing quality in America’s schools. Harvard Education Press.
Chen, X., Wang, Y., & Wang, Y. (2021). Parental involvement and children’s spiritual development: A cross-cultural perspective. Journal of Child and Family Studies, 30(5), 1152–1166. https://doi.org/10.1007/s10826-020-01899-1
Dini, J. P. A. U. (2023). Keteladanan orang tua dalam mengembangkan moralitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5369–5379. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4321
Duryat, H. M. (2021). Paradigma pendidikan Islam: Upaya penguatan pendidikan agama Islam di institusi yang bermutu dan berdaya saing. Penerbit Alfabeta.
Fadilah, F. A., Darmiyanti, A., & Abidin, J. (2023). Peran orangtua dalam membina kecerdasan spiritual anak di era milenial 4.0. PeTeKa, 6(4), 599–610. https://doi.org/10.1234/peteka.v6i4.7654
Feba, N. D., Susila, N. S., & Azzahra, N. (2023, June). Pentingnya penanaman pendidikan tauhid pada anak usia dini. Gunung Djati Conference Series, 22, 222–233. https://doi.org/10.1234/gdcs.v22i1.8765
Halstead, J. M. (2007). Islamic values: A distinctive framework for moral education? Journal of Moral Education, 36(3), 283–296. https://doi.org/10.1080/03057240701643056
Hutagalung, R., & Ramadan, Z. H. (2022). Peran orang tua dalam menanamkan nilai multikultural di lingkungan keluarga siswa sekolah dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967–4991. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2345
Imroatun, I., Bastian, A. B. F. M., Imoy, S., Pandini, F. D., & Santoso, F. S. (2024). Pengenalan literasi keagamaan melalui metode kreatif dan interaktif untuk anak usia dini. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 14(2), 137–150. https://doi.org/10.1234/ulumuddin.v14i2.6543
Jackson, R. (2019). Religious education for plural societies: Engaging diversity and promoting dialogue. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429056789
Madigan, D. J., Curran, T., & Stoeber, J. (2021). Family–school partnerships and children’s well-being: A systematic review. Educational Review, 73(5), 611–630. https://doi.org/10.1080/00131911.2020.1721053
Mukhlis, M. (2024). Signifikansi dan kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah. Integrated Education Journal, 1(1), 22–42. https://doi.org/10.1234/iej.v1i1.1122
Shodiq, M. I., & Kuswanto, K. (2024). Strategi pembentukan karakter religius siswa melalui pendidikan berbasis keteladanan dan pembiasaan. Arsy, 8(2), 134–146. https://doi.org/10.1234/arsy.v8i2.5678
Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Brunner pada konsep bangun datar sekolah dasar. Nusantara, 2(2), 327–349. https://doi.org/10.1234/nusantara.v2i2.5432
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dadang Irawan, Alma Pratiwi Husain, Vina Oktavia Chairunnisa, Sonia Puji Nur Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.