Profesionalitas dan Keunggulan Bersaing Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Saidin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mukhtar Latif UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kaspul Anwar Us UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.164

Abstract

Lembaga pendidikan islam harus memiliki keunggulan untuk dapat bersaing dengan lembaga pendidikan umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana profesionalitas dan keunggulan bersaing lembaga pendidikan islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, adapun teknik pengngumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pondok pesantren darunnajah menawarkan berbagai program pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi.  santri di pondok pesantren darunnajah dididik 24 jam untuk menjadi pribadi yang sukses dunia-akhirat dan mempelajari banyak keahlian, seperti keahlian bahasa, organisasi, olahraga, kesenian, keterampilan, teknologi, akademik dan berbagai life skill lainnya. Selain itu biaya pendidikan dipondok pesantren darunnajah dan rincian kegiatan pendidikan telah selaras antara biaya dan kegiatan pendidikan yang diberikan. pondok pesantren darunnajah mengantongi citra yang baik dimasyarakat, dimana pondok pesantren ini memiliki 21 cabang dengan memiliki fasilitas yang terkenal dimasyarakat.  Dan memiliki kualitas SDM yang baik  sebagai pendidikan dan tenaga kependidikan, dimana pondok pesantren merekrut guru dan tenaga kependidikan dengan seleksi kualitas dan melakukan pelatihan dan penataran untuk meningkatkan mutu guru-guru di pendidik dipondok pesantren darunnajah.

References

Abd, M. N., & Rizka, A. (2020). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam. ANDRAGOGI, 2(2), 105.

Dera, N., Uus, R., & M.Erihadiana. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Pendidikan PKN Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 145.

Imelda, W. (2015). Pendidikan Multikultural: Upaya Memaknai Keragaman Bahasa Di Indonesia. ZAWIYAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(1), 83.

IPB. (2016). Peratutan Senat Akademik Institut Pertanian Bogor Nomor 10/SA-INSTITUT PERTANIAN BOGOR/P/2016, “Tentang Norma dan Kebijakan Akademik Institut Pertanian Bogor. IPB, 1(1), 1.

IPB. (2020). Salinan Peraturan Rektor Institut Pertanian Bogor Nomor 10/ITS/PP/2018, ”Tentang Tata Tertib Penyelenggaraan Program Pendidikan Sarjana Institut Pertanian Bogor. IPB, 1(1), 1.

Maya, S. D. (2022). Analisis Lingkungan Internal. ALACRITY : Journal Of Education, 2(1), 35.

Muhamad, K. U. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16.

Muslih, H. (2023). Menggagas Kurikulum Pendidikan Inklusif-Multikultural ( Opsi Legal Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/RA). Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 277.

Nailil, M., Atik, D. L., & Fatchurrohman. (2022). Politik Pendidikan Islam Di Indonesia. Citra Ilmu, XVIII(35), 24.

Rasyidi, Sukarno, & Minna, E. W. (2021). Politik Dan Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Literasiologi, 6(2), 75.

Santi, F. (2016). Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Islam. Turãst: Jurnal Penelitian & Pengabdian, 4(1), 35.

Downloads

Published

2024-10-25

How to Cite

Saidin, Mukhtar Latif, & Kaspul Anwar Us. (2024). Profesionalitas dan Keunggulan Bersaing Lembaga Pendidikan Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 158–166. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.164

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)