Transformasi Pola Pengasuhan Santri: Studi Kasus Penerapan Religious Authoritative Parenting di Pesantren Islam Hidayatunnajah

Authors

  • Dessy Wahyuni Manajemen Pendidikan Islam, Universitas PTIQ Jakarta
  • Suparto Manajemen Pendidikan Islam, Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1376

Keywords:

Pengasuhan Santri, Pesantren, Komunikasi Empatik, Pendidikan Islam

Abstract

Pengasuhan di lingkungan pesantren memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter santri secara holistik, baik secara spiritual, emosional, maupun sosial. Namun, masih banyak pesantren di Indonesia yang menerapkan pola pengasuhan otoriter yang minim dialog dan kurang responsif terhadap kebutuhan psikologis santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji transformasi pola pengasuhan santri di Pesantren Islam Hidayatunnajah dari pendekatan otoriter menuju Religious Authoritative Parenting, serta menilai efektivitas dan tantangannya dalam membangun relasi pengasuhan yang seimbang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Religious Authoritative Parenting mampu menciptakan kedekatan emosional, meningkatkan kedisiplinan berbasis kesadaran, serta membentuk iklim pengasuhan yang lebih dialogis dan religius. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pengasuhan berbasis ketegasan dan empati sangat relevan untuk diterapkan dalam sistem pesantren, serta mendukung kebijakan nasional tentang pengasuhan ramah anak berbasis nilai-nilai Islam

References

Achmad, F., & Hasanah, U. (2020). Pesantren dan Religious Authoritative Parenting: Studi kasus sistem wali asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 19(1), 27. https://doi.org/10.18592/jiiu.v19i1.3484

Fitriyah, W., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Eksistensi pesantren dalam pembentukan kepribadian santri. Palapa, 6(2), 155–173. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i2.73

Handayani, Y., et al. (2023). Pengasuhan santri di pesantren. Tsaqofah, 4(2), 964–970. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2434

Hikmatud Diniyah, & Mahfudin, A. (2017). Peran pengasuh pondok pesantren dalam aktivitas menghafal di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Imam Ghozali Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 35–53.

Kelompok Bimbingan. (2018). Jurnal Bimbingan dan Konseling: Kajian dan Aplikasi, 35–39. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jbk/article/view/1589

Kyai Pesantren Syarifuddin Lumajang, & Ma, L. (2024). The authoritative style as an effective approach to fostering discipline. Jurnal Pendidikan Pesantren, 4(2).

Manajemen Pendidikan, et al. (2025). Perbandingan pola pengasuhan di pesantren Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1–11.

Muzzammil, F. M. (2022). Parenting communication: Penerapan komunikasi empatik dalam pola pengasuhan anak. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.33830/ikomik.v2i2.3881

Pathurahman, I., Hidayat, S., & Ali, M. (2022). Pola pengasuhan berbasis fitrah di pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5385–5392. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1168

Rosyidah, S. (2025). Dalam pembentukan kepribadian santri. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 1695–1708.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Dessy Wahyuni, & Suparto. (2025). Transformasi Pola Pengasuhan Santri: Studi Kasus Penerapan Religious Authoritative Parenting di Pesantren Islam Hidayatunnajah. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 647–653. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1376

Issue

Section

Articles