Menggali Nilai-Nilai Ketakwaan Dalam Kitab Aqidah Al-Awam

(Studi kasus santri baru SMA di pondok pesantren An-Nur 2 Malang)

Authors

  • Abdullah Hilmi Az-Zuhdy Universitas Al-Qolam Malang
  • Muhammad Husni Universitas Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.867

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai ketakwaan yang terkandung dalam Kitab Aqidah Al-Awam, sebuah kitab klasik yang sering digunakan dalam pendidikan teologi Islam di pesantren. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi nilai-nilai ketakwaan yang terkandung dalam Kitab Aqidah Al-Awam, (2) memahami bagaimana nilai-nilai ketakwaan tersebut dipahami dan diinternalisasi oleh santri kelas 1 SMA, dan (3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses internalisasi nilai-nilai ketakwaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif di kelas dan lingkungan pesantren, serta analisis dokumen terhadap Kitab Aqidah Al-Awam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kitab Aqidah Al-Awam mengandung nilai-nilai ketakwaan yang bervariasi , seperti keimanan yang kuat kepada Allah SWT, ketaatan dalam menjalankan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, mensyukuri nikmat-Nya, dan berpikir positif dalam menghadapi cobaan. Pemahaman santri terhadap nilai-nilai ini umumnya baik, namun tingkat internalisasi dan pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari bervariasi. Faktor-faktor seperti motivasi belajar, lingkungan pergaulan, dan peran guru serta orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap proses internalisasi nilai-nilai ketakwaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilla, Amma Chorida. (2022). Volume 3 No. 1 Maret 2022. Journal Of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 3(1), 1–16.

Ananda, Tri Ariani. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mas Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. 4, 12295–12306.

Asbari, Masduki. (2024). Madrasah Diniyyah Takmiliyah: Pilar Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 01(02), 10–14. Retrieved from file:///D:/Users/Acer/Downloads/ArticleText-0102-10-14-1.pdf

Aziz, Abdul, & Zakir, Supratman. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.

Herningrum, Indah, Alfian, Muhammad, & Putra, Pristian Hadi. (2021). Peran Pesantren sebagai Salah Satu Lembaga Pendidikan Islam. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 20(02), 1–11. https://doi.org/10.32939/islamika.v20i02.582

Idharudin, Abdul Jabar. (2025). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH MENUJU INDONESIA EMAS. 01(03), 575–591.

Ii, N. U. R., Dan, Bululawang, Izzah, S. M. P. Al, & Batu, Kota. (2024). 3 1,2,3. 09(September).

Kholik, Moh., Mujahidin, Mujahidin, & Munif, Achmad Abdul. (2024). Menanamkan Nilai-nilai Akhlak dalam Pergaulan Siswa Di Lingkungan Madrasah. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 54–65. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.12

Novtrianti, Silvi, Nabila, Zahrah, Syaputra, Firman, & Riau, Universitas Muhammadiyah. (2024). Keutamaan Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah Dalam Membangun Ketakwaan dan Ketaatan. 1(4).

Padila, Cisia, Amanah, Tegu Reski, Safni, Pela, Zulmuqim, & Masyhudi, Fauza. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Zaman Nabi Muhammad dan Relevansinya dengan Zaman Sekarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 341–349. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12386/9537

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, Tryana. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 138–158.

Downloads

Published

2025-02-12

How to Cite

Abdullah Hilmi Az-Zuhdy, & Muhammad Husni. (2025). Menggali Nilai-Nilai Ketakwaan Dalam Kitab Aqidah Al-Awam: (Studi kasus santri baru SMA di pondok pesantren An-Nur 2 Malang). QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 460–469. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.867

Issue

Section

Articles