Strategi Pengembangan Kurikulum Pesantren di Pondok Nurul Huda

Authors

  • Alfatun Nisak Universitas Al Qolam Malang
  • Muhammad Husni Universitas Al Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.848

Abstract

Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, memainkan peran penting dalam menanamkan nilai-nilai toleransi dan moderasi dalam beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pengembangan kurikulum pesantren di Pondok Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berpusat pada Pondok Pesantren Nurul Huda yang menganut metode pendidikan tradisional, yang bertujuan untuk menyeimbangkan pendekatan klasik dengan relevansi modern. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kurikulum di pesantren memiliki ciri khas yang sangat kuat, terutama dalam mempertahankan budaya lokal yang melekat pada masyarakat Indonesia. Meskipun tidak selalu terstruktur secara formal seperti di lembaga pendidikan lainnya, pesantren berhasil menghasilkan pendidikan yang maksimal dengan pendekatan yang unik. Kurikulum di pesantren, khususnya Pondok Nurul Huda, lebih mengutamakan pembelajaran ilmu agama Islam melalui kajian kitab-kitab klasik. Dengan sistem yang lebih berbasis pada tradisi dan peran aktif kiai dalam menentukan materi ajar, pesantren tetap mampu mempertahankan nilai-nilai ajaran agama yang kokoh. Kajian ini masih cukup sederhana dan memiliki beberapa keterbatasan, baik dari segi ruang lingkup maupun metode yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Pondok Pesantren (Studi Multi Kasus Pada Pondok Pesantren Pancasila dan Pondok Pesantren Al-Quraniyah di Bengkulu). Conceincia: Journal Of Islamic Education, 18(2), 43–55.

Aryati, A., & Suradi, A. (2022). the Implementation of Religious Tolerance: Study on Pesantren Bali Bina Insani With Bali Hindus Communities. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 10(2), 471–490. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v10i2.646

Habibi, I. (2022). Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter Di Pondok Pesantren Mbs Al Amin Bojonegoro. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 7(1). https://doi.org/10.58788/alwijdn.v7i1.1516

Hadi, R. H., & Arifai, Y. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Undang-Undang Pesantren di Ma’had Aly Al-Tarmasi Pondok Tremas Pacitan. Jurnal Al Tarmasi, 1(1).

Iwan Sopwandin, Ahmad Hinayatulohi, & Dani Syaripudin. (2022). Pola Pendidikan Pesantren Pondok It Yogyakarta. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 49–58. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2540

Ppkn, P. S.-. (2018). Robi Sujastra dan Totok Suyanto. Motiasi Kiai Dalam Gotong Royong Dengan Metode Amal Saleh MOTIVASI, 06, 731–745.

Riady, M. S., & Wardi, M. (2021). Telaah Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid Tentang Pondok Pesantren. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 6(1), 37. https://doi.org/10.28944/dirosat.v6i1.468

Syafe’i, I. (2017). Model Kurikulum Pesantren Salafiyah dalam Perspektif Multikultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 127. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2121

Wahyuningsing, F., Aini, S., & Azmi, U. (2022). Strategi Pengembangan Kurikulum Pesantren Berbasis Asrama pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4752–4757. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/4014

Zuhri, F. (2021). a. Mukti Ali’S Thinking in Indonesian Islamic Education Policy. Journal of

Downloads

Published

2025-02-07

How to Cite

Alfatun Nisak, & Muhammad Husni. (2025). Strategi Pengembangan Kurikulum Pesantren di Pondok Nurul Huda. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 416–423. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.848

Issue

Section

Articles