Digitalisasi Pesantren Melalui Presensi Digital Berbasis Aplikasi Android di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.841Abstract
Digitalisasi pesantren menjadi langkah strategis dalam mempercepat modernisasi sistem pendidikan berbasis pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan digitalisasi pesantren melalui presensi digital berbasis aplikasi androik di madrasah diniyah pondok pesantren ngalah purwosari pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya inovasi yang dapat dilakukan oleh pesantren adalah dengan digitalisasi pondok pesantren. Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan sebagai salah satu pesantren yang memiliki ribuan santri telah terbuka terhadap perkembangan zaman yang dibuktikan dengan pengembangan aplikasi presensi digital yang disebut dengan SiMadin Dartaq. Aplikasi SiMadin Dartaq digunakan oleh seluruh pengajar pendidikan non-formal yaitu madrasah Diniyah Darut Taqwa yang ada di Pesantren Ngalah. Aplikasi ini memiliki menu dan submenu yang memiliki manfaat masing-masing. Penggunaan aplikasi ini memerlukan barcode kartu santri dan kitab untuk dapat di scan dengan kepentingan kehadiran dan kelengkapan kitab. Aplikasi ini dapat mengekspor beberapa rekapitulasi dari administrasi madrasah diniyah yang sedang dilaksanakan.
Downloads
References
Abdurrahman, Abdurrahman. 2020. “Sejarah Pesantren Di Indonesia: Sebuah Pelacakan Genealogis.” Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ 4(1):84–105.
Arif, Mohammad. 2016. “Perkembangan Pesantren Di Era Teknologi.” Jurnal Pendidikan Islam 28(2):307. doi: 10.15575/jpi.v28i2.550.
Aris Setiawan & Lailatuz Zahro A.A. 2019. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Pada.” Journal of Social Community 4(14):57–68.
Ayu, Fitri, and Ari Mustofa. 2019. “Sistem Aplikasi Absensi Menggunakan Teknologi Barcode Scanner Berbasis Android.” It Journal Research and Development 4(2):94–103. doi: 10.25299/itjrd.2020.vol4(2).3642.
Firdausi, Novandina Izzatillah. 2020. “PENERAPAN PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SANTRI.”
Hasni, Liana, Hari Witono, and Baiq Niswatul. 2022. “Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah.” Journal of Classroom Action Research 4(3):60–66. doi: 10.29303/jcar.v4i3.1893.
Huda, Mohammad Fatkhul. 2022. “APLIKASI E-DORMITORY MENGGUNAKAN MOBILE SMARTPHONE ANDOID DALAM MEMPERMUDAH PELAYANAN PPDB PONDOK PESANTREN NGALAH.”
Kabul, Tri Fahad Lukman Hakim, and Ahmad Mubarok. 2023. “Relevansi Kurikulum Pondok Pesantren Terhadap Kompetensi Santri Di Abad 21 (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Kabupaten Nganjuk).” Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis 4(2):112–24.
Kornelius, Yose, I. Kadek Dendy Senapartha, and Gabriel Indra Widi Tamtama. 2023. “Sistem Presensi Multi Factor Dengan Menggunakan Deteksi Lokasi , Scan Qrcode , Pengecekan Antispoof Dan Pengenalan Wajah.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (2963–2277):198–207.
Mukaromah, Dwi Yoga Lailatul. 2024. “Implementasi Digitalisasi Pesantren Melalui.” IAIN PONOROGO.
Presiden Republik Indonesia. 2019. “Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.” Presiden Republik Indonesia Bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Tahun 2019, Jakarta 1(006344):80.
Purnamasari, Ai, and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2021. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Topik Penyajian Data Di Pondok Pesantren.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1(2):207–22. doi: 10.31980/plusminus.v1i2.1257.
Rahardja, Untung, and Setiatmi Valent. 2010. “Global Password Untuk Kemudahan.” Seminar 2010(Snati).
Rahmawati, Fransiska Farah, Ati Zaidiah, Ika Nurlaili Isnainiyah, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan, Nasional Veteran, Pondok Labu, Jakarta Selatan, and Pondok Pesantren. 2020. “Sistem Monitoring Kegiatan Santri Pada Pondok Pesantren Riyadhussholihin Kabupaten Pandeglang.” Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA) 347–59.
Sanubari, Prima, Budi Darmawan, and M. Husain. 2024. “Perancangan Sistem Presensi Siswa Menggunakan Kartu Tanda Pelajar Dengan Penerapan Teknologi QR Code.” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains 3:162–69.
Setiawan, Dwi Agus, and Denna Delawanti. 2024. “WORKSHOP PROGRAM BARD (BARCODE PRESENSI RINGKAS DIGITAL) PADA GURU MI SUNAN GUNUNG JATI KOTA MALANG DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL.” 4(2):153–64.
Syelvia putri, Vira, and Yosa Syafitri. 2023. “Dampak Perkembangan Teknologi Dalam Pendidikan Dimasa Pandemi Bagi Kaum Milenial.” Journal of Pedagogy and Online Learning 2(1):21–27. doi: 10.24036/jpol.v2i1.20.
Yanto, Alip Nur. 2023. “DIGITALISASI PESANTREN DARUL MUSTAFA LEBAK BANTEN.” Nucl. Phys. 13(1):104–16.
Yusuf, Achmad. 2019. “Best Practices Nilai-Nilai Karakter Multikultural Di Pondok Pesantren Ngalah, Pasuruan.” Al Murabbi 5(1):36–56. doi: 10.35891/amb.v5i1.2059.
Zakariah, M. Askari, Vivi Afriani, and KH M. Zakariah. n.d. “METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT.” Pp. 157–65 in.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mar’atul Fitriayu Azizah, Muhammad Husni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.