Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Baru

Authors

  • Sita Acetylena Universitas Al-Qolam Malang
  • Emilda Fibyani Agustin Unversitas Al-Qolam Malang
  • Sutan Faiz Amrillah Unversitas Al-Qolam Malang
  • Edy Setiawan Unversitas Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.870

Abstract

Pendidikan Agama Islam memainkan peran penting dalam membentuk karakter peserta didik, terutama pada peserta didik baru yang memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kurikulum PAI yang efektif dapat membentuk kepribadian yang berintegritas, jujur, disiplin, serta memiliki rasa tanggung jawab dan empati terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kurikulum PAI sebagai alat untuk meningkatkan karakter peserta didik baru, dengan pendekatan yang berfokus pada integrasi antara nilai-nilai agama, praktik sosial, dan pengembangan pribadi yang seimbang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui studi literatur dari berbagai sumber yang relevan, wawancara mendalam dengan guru PAI, serta observasi terhadap implementasi kurikulum PAI di beberapa sekolah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berfokus pada peningkatan karakter peserta didik baru sangatlah penting. Kurikulum PAI yang efektif harus mencakup pendekatan yang integratif antara teori dan praktik, serta melibatkan berbagai pihak, baik pendidik, orang tua, maupun masyarakat. Dengan pengembangan kurikulum yang holistik dan berbasis pada nilai-nilai Islam yang mendalam, pendidikan agama dapat memainkan peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik yang berkualitas.

References

Ahmad, A. (2015). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Jurnal Wutsqa, 1(1), 1-15.

Arifin, M. (2020). Pendidikan Islam dan Pembentukan Karakter. Jakarta: Rajawali Press.

Aziz, A. (2023). Model Inovasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran PAI Era 4.0. Jurnal Dimar, 3(2), 242-256.

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Depdiknas. (2008). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depdiknas.

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Fajar, Mutiara . "Survei Kemampuan Teknik Dasar Bulutangkis Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sma Patra Mandiri 1 Plaju." Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 2020: 90-101.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.

Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.

Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.

Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.

Hamid, R. (2016). Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, R. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran PAI di Era Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemenag RI. (2019). Pedoman Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Kemenag RI.

Koesoema, D. (2017). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Era Globalisasi. Jakarta: Gramedia.

Lickona, T. (2019). Educating for Character. New York: Bantam Books.

Mansur, M. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Pembangunan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 19(2), 137-148.

Muhaimin. (2019). Paradigma Baru Pengembangan Kurikulum PAI. Malang: UIN Malang Press.

Mulyasa, E. (2018). Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmat, H. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam PAI. Yogyakarta: Deepublish.

Salisa, S. K. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 35-50.

Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Saputra, D. (2023). Ekstrakurikuler Keislaman sebagai Wadah Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Sudrajat, A. (2020). Model Pembelajaran Interaktif dalam PAI. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto, H. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto, S. (2018). Kurikulum Berbasis Nilai dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: LKiS.

Zamroni, M. (2018). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Islami. Surabaya: Erlangga.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sita Acetylena, Emilda Fibyani Agustin, Sutan Faiz Amrillah, & Edy Setiawan. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Baru. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 424–429. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.870

Issue

Section

Articles