Kitab Kuning Fondasi Karakter Orang-Orang Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.862Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran dan pengaruh kitab kuning sebagai fondasi pendidikan di pesantren. Kitab kuning, yang merujuk pada kitab-kitab klasik dalam tradisi Islam, memiliki sejarah panjang dan penting dalam pembentukan intelektual dan spiritual di kalangan santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pustaka (library research), di mana berbagai sumber tertulis seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah dianalisis untuk memahami lebih mendalam tentang kontribusi kitab kuning dalam pendidikan pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab kuning memainkan peran krusial dalam melestarikan dan mentransmisikan ilmu pengetahuan Islam klasik. Melalui pendekatan yang sistematis dan mendalam, kitab-kitab ini menjadi alat utama bagi santri dalam mempelajari berbagai disiplin ilmu, termasuk fiqh, tafsir, hadits, dan tasawuf. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa metode pengajaran kitab kuning di pesantren, seperti sorogan dan bandongan, membantu dalam membangun karakter dan spiritualitas santri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kitab kuning tidak hanya berfungsi sebagai sumber pengetahuan, tetapi juga sebagai sarana pembentukan moral dan etika bagi santri. Pentingnya kitab kuning dalam pendidikan pesantren menjadikan penelitian ini relevan dalam konteks modern, di mana integrasi antara tradisi dan inovasi menjadi kunci dalam mempertahankan nilai-nilai luhur sambil merespon tantangan zaman
References
Abdurrahman, Abdurrahman. 2020. “Sejarah Pesantren Di Indonesia:” Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ 4(1): 84–105. doi:10.35897/intaj.v4i1.388.
Amrullah, Abd Karim. 2020. “Keutamaan Ilmu Dan Adab Dalam Persefektif Islam.” At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 2(1): 33–46. www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id.
Ar Rasikh, Ar Rasikh. 2018. “Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Penelitian Keislaman 14(1): 72–86. doi:10.20414/jpk.v14i1.492.
Dodi, Limas. 2013. “Metode Pengajaran Nahwu Shorof; Ber-Kaca Dari Pengalaman Pesantren.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 1(1): 100–122. doi:10.52431/tafaqquh.v1i1.7.
Eka Susanti, Salamah. 2020. “Epistemologi Manusia.” Humanistika 6: 85–99.
Farhanudin, Ahmad, and Muhajir Muhajir. 2020. “Peran Kitab Kuning Dalam Pembentukan Pemikiran Pendidikan Islam Dan Karakter Santri Pada Pesantren Tradisional (Studi Di Pondok Pesantren Bany Syafi’i Cilegon Dan Madarijul ’Ulum Serang).” Jurnal Qathruna 7(1): 103–24.
Hosaini, Hosaini, and M Kamiluddin. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis(MEA) Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Fikih.” Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman 5(1): 43–53. doi:10.36835/edukais.2021.5.1.43-53.
Kallang, Abdul. 2018. “Konteks Ibadah Menurut Al-Quran.” Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan 4(2): 1–13. doi:10.35673/ajdsk.v4i2.630.
Khairul, Agus, and Jazuli Jazuli. 2022. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman 2(1): 35–46. doi:10.55883/jipkis.v2i1.23.
Muhammad Yusuf Maulana Reksa, and Huriah Rachmah. 2022. “Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Mahasiswa.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam: 115–20. doi:10.29313/jrpai.v2i2.1484.
Munawaroh, Djunaidatul. 2017. “Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren.” Journal : of Contemporary Islam and Muslim Societies 5(no 1): 42–62. http://repository.uinsu.ac.id/9168/1/STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PESANTREN - Repository UINSU.pdf.
Mustafa, MA. 2022. “Pendidikaan Karakter Dalam Perspektif Islam.” JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam 15(2): 64–82. doi:10.58645/jurnalazkia.v15i2.13.
Ramdhani, Khalid, Iwan Hermawan, and Iqbal Amar Muzaki. 2020. “Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam.” Ta’lim 2(2): 36–49. doi:10.36269/tlm.v2i2.284.
Usman, Muhammad Idris. 2013. “Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, Dan Perkembangannya Masa Kini).” Jurnal Al Hikmah XIV(1): 101–19.
Yusri, Diyan. 2020. “Pesantren Dan Kitab Kuning.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(2): 647–54. doi:10.32505/ikhtibar.v6i2.605.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Syu'aib, M.Husni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.