Urgensi Lingkungan Sebagai Media Dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran

Authors

  • Ifa Farhatin Hasbiyalloh Universitas Al Qolam Malang
  • Ihyaul Ulum Universitas Al Qolam Malang
  • Luqman Hakim Universitas Al Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.858

Abstract

Lingkungan sebagai media mencakup berbagai aspek, seperti lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan urgensi lingkungan sebagai media dalam menunjang efektivitas pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi literature, sumber-sumber yang telah ditemukan dianalisis secara kritis untuk mengidentifikasi konsep-konsep utama terkait urgensi lingkungan sebagai media pembelajaran. Analisis ini mencakup perbandingan teori, temuan penelitian sebelumnya, serta implikasi yang dapat diambil untuk memperkaya kajian ini. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa diperlukan media yang sesuai guna meningkatkan kualitas pembelajaran, menciptakan suasana yang menyenangkan, serta mendorong siswa untuk lebih berpartisipasi dalam mengemukakan ide dan aktif dalam proses belajar. Salah satu Solusi untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran.  Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk belajar sebelum dan sesudah menerima materi di sekolah dengan menghubungkan pengalaman serta penemuan mereka di lingkungan sekitar. Tujuannya adalah menciptakan proses komunikasi dan interaksi antara siswa dengan lingkungan atau Masyarakat sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan bermakna.

References

Abulyatama, Universitas. 2021. “Jurnal Dedikasi Pendidikan Universitas Abulyatama Peran Lingkungan Dalam Meningkatan.” 8848(2): 395–402.

Afandi, M Arif. 2022. “Urgensi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Al-Ibtida 10(01): 1–16.

Aisiah, Siti. 2016. “Pengembanganpembelajaran Media Diorama.” Thesis: 27. http://etheses.uin-malang.ac.id/6102/1/14761032.pdf.

Deni Kurniawan. 2022. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa.” -Jpurnal Marine Inside 5(1): 1–5.

Efendi, Muhammad. 2013. “Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 03(March 2013): 45–60. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2005.

Erwin, Herianus. 2019. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Serta Pengembangan Media.” Edukasia: Jurnal Pendidikan 6(2): 61–66.

Fadilah, Laila Nur, Muhammad Misbahudholam Ar, and Ali Armadi. 2025. “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermuatan LKPD Etnosains Kuliner Kamboya Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Di Fase B Sekolah Dasar.” 8.

Firman, Raden, Nurbudi Prijambodo, Ratna Novita Punggeti, and Lutfiana Fazat Azizah. 2025. “Strategi Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar : Pendekatan Kualitatif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa.” 2(1): 121–26.

Ikhsan, Andi, Sulaiman, and Ruslan. 2017. “Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media Group.” Prenada Media Grup 2(1): 1–11.

Jailani, Abdul Qodir, and Ahmad Minhajul Abror. 2020. “Lingkungan Sebagai Media Penunjang Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Iman Ponorogo.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 5(2): 183–200.

Mea, Firmina et al. 2024. “Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan.” 4(3): 252–75.

Noviani, Dwi. 2022. “Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan.” 2(3): 41–51.

Rachman, Tiara Nita Rozanah. 2022. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa.” Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains 3(1): 29–43.

Sukma, Fadilla Dwi, Devi Aulia Oktaviani, and Sendi Fauzi Giwangsa. 2024. “Analisis Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar.” 8: 2182–90.

Syukron, Ahmad. 2024. “Pengaruh Lingkungan Fisik Dan Lingkungan Sosial Dalam Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Ahmad Syukron 1 1.” 4(1): 31–39.

Taileleu, Fidaresta. 2017. “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(6): 487–92.

Trisiana, Anita. 2020. “Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 10(2): 31.

Downloads

Published

2025-02-07

How to Cite

Ifa Farhatin Hasbiyalloh, Ihyaul Ulum, & Luqman Hakim. (2025). Urgensi Lingkungan Sebagai Media Dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 398–411. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.858

Issue

Section

Articles