Integrasi Islam Dan Sains di Pondok Pesantren: Upaya Mewujudkan Multidisipliner di Era Globalisasi
Study Kasus di Pondok Pesantren Mansyaul Ulum Ganjaran
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.840Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi pendidikan sains dan pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Mansyaul Ulum Ganjaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menggali pengalaman dan praktik integrasi yang ada di pesantren serta dampaknya terhadap pembelajaran santri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ini menghasilkan perubahan positif dalam sikap santri, yang tidak hanya memperoleh pengetahuan di bidang sains, tetapi juga memperdalam pemahaman mereka tentang ajaran agama. Santri menunjukkan sikap yang lebih terbuka dan kritis terhadap ilmu pengetahuan, serta mampu mengaitkan konsep-konsep sains dengan nilai-nilai agama. Penelitian ini menemukan bahwa lulusan santri memiliki keseimbangan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama, menciptakan generasi yang cerdas secara akademis dan memiliki moralitas yang tinggi. Meskipun terdapat tantangan dalam pelaksanaan integrasi, dukungan dari pengelola pesantren dan keterlibatan aktif santri berperan penting dalam keberhasilan model integrasi ini. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut dari model integrasi pendidikan sains dan agama sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
References
Ahmad Tafsir, Islam dan Pendidikan: Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), hlm. 87.
Asmawi, M. N. (2019). Kebijakan pendidikan Islam pada era globalisasi, pasar bebas Dan revolusi industri 4.0. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(2), 101-109.
Azyumardi Azra, (2001). Pendidikan Islam di Indonesia .Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, hlm. 45.
Bassar, A. S., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2021). Pendidikan Islam: Peluang Dan Tantangan Di era global Dan Multikultural. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1).
Hajita, M. (2024). Paradigma integrasi agama Dan sains dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 265-289.
Hasan Basri, Pesantren dan Pengaruhnya dalam Pembangunan Sosial di Indonesia (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011), hlm. 78.
Ihsan, N. H., Amrullah, K., Khakim, U., & Fatkhurrizka, H. (2021). Hubungan agama Dan sains: Telaah Kritis Sejarah Filsafat sains Islam Dan modern. Intizar, 27(2), 97-111.
Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., Hartami, H., Rahmah, A. A., & Adnin, A. R. (2024). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 13.
Khotimah, N., & Muslimah, M. (2023). Globalisasi Dan Implikasinya bagi Inovasi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 328-340.
Marzuki, M., Ghifari, A., & Dirman, D. (2024). Relasi antar Disiplin Ilmu: Paradigma Integrasi Dan Interkoneksi (Transdisiplinaritas) Ilmu Pengetahuan Dengan Pendidikan Islam. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 16(2), 99.
Mohammad Ali, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (Bandung: Pustaka Setia, 2006), hlm. 122.
Putri, F. R. (2020). Integrasi Ilmu Pengetahuan (Sains) Dan agama Islam. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 6(1), 13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisyah Nindi Antika, Siti Muyassaroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.