Desain Lintas Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Himpunan
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.766Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran himpunan dengan menggunakan lintasan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain (design research) sederhana yaitu penelitian degan fokus utama pada aktivitas pembelajaran dan pengembangan teori. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah dengan tujuan pembelajaran menentukan suatu Kumpulan yang termasuk himpunan dan bukan himpunan dengan tepat. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 januari 2025 dengan melibatkan 28 siswa kelas VII B SMP IT Darur Rasyid Aceh Singkil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat melalui lintasan belajar melalui konteks survey jajanan sekolah, yang terdiri dari aktivitas: mendaftar objek jajanan di kantin sekolah (masalah kontekstual), mengelompokkan objek berdasarkan karakteristik/sifat objek yang identik (pemodelan), menyatakan objek (anggota himpunan) dengan menggunakan tabulasi, notasi dan menyatakan jenis keanggotaan. Kesiumpulan yang didapatkan adalah lintas belajar dengan meggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat diterima dengan baik oleh siswa dibuktikan dengan kemampuan pemahamn konsep siswa dalam menyelesaikan dan memecahkan permsalahan pada materi menyatakan keanggotaan dan bukan anggota himpunan.
References
Ahmad N, Ibrahim.(2019) Lintas belajar teorema phytagoras dengan pendekatan Pendidikan matematika realistic. Logaritma. Institit Agama Islam Padang Sidempuan. 7 (2),pp.151.
Amintoko, G. (2017). Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Definisi Limit Bagi Mahasiswa. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME) Vol 1 No 1 Januari 2017.
Clara Fatimah,dkk. (2021). Peningkatan minat belajar siswa melalui pendekatan matematika Realistik pada pembelajaran daring. Mathema Journal, Universitas Teknokrat Indonesia, 3 (2), pp. 118.
Ferreirós J 2007 Labyrinth of thought: A history of set theory and its role in modern mathematics (Basel: Birkhuser Verlag AG)
Hidayat D W & Pujiastuti H 2019 Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan Jurnal Analisa 5(1) 59–67 Doi: 10.15575/ja.v5i1.4120
Mumu J & Tanujaya B 2018 Desain pembelajaran materi operasi pada himpunan mengunakan permainan ‘Lemon Nipis Journal of Honai Math 1(1) 14–23 Doi: 10.30862/jhm.v1i1.770
Parinata, D. And Puspaningtyas, N. D. (2021) ‘Optimalisasi Penggunaan Google Form Terhadap Pembelajaran Matematika’, Mathema Journal, Universitas Teknokrat Indonesia, 3(1), pp. 56-65.
Putri, S.R., Suryani, M., Jufri, L.K. 2019. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah SIswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Setyorini, dkk. (2011), Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI).
Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks
Sudia, M., Masi, L., Husmar, B. 2017. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika SIswa Kelas VIIA SMP Negeri 37 Konawe Selatan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 1, Januari 2017: 1-12
Trianto. (2007). Pengembangan Perangkat dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zenfiqa Aditya Ramadhani Br Sitepu, Mahyuni, Ellis Mardiana Panggabean, Tua Halomoan Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.