Implementasi Pembelajaran Dengan Metode Debat Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam

Authors

  • Dita Adinda Fitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rachel Humayra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sahmo Manik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.723

Abstract

Metode debat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi, meningkatkan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran dengan metode debat pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan metode kuallitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode debat memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis, kemampuan berargumentasi, dan pemahaman materi siswa. Melalui strategi yang terstruktur, mulai dari pemilihan topik yang relevan dan menarik, pembagian kelompok pro dan kontra, persiapan argumen, pelaksanaan debat, pemberian umpan balik, hingga refleksi bersama, siswa menjadi lebih aktif dan partisipatif dalam proses pembelajaran. Metode ini tidak hanya mendorong siswa untuk berpikir logis dan analitis, tetapi juga melatih mereka untuk menyampaikan pendapat secara efektif dan menghargai perbedaan pendapat. Selain itu, keterlibatan siswa dalam debat turut membentuk karakter disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam menyampaikan gagasan

References

Afrizal, H., Setyaningsih, R., & Apriyani, N. (2023). Penggunaan Metode Debat Aktif Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatantahun Ajaran 2021/2022. 02.

Fransiska, A. L. (n.d.). Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas Dan Memenuhi Syarat- Syarat Guna Memporoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd) Dalam Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.

Handayani, T. A., Setiawan, B. A., & Tamami, B. (n.d.). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Akhlak Siswa kelas 12 MIPA di SMA Muhammadiyah 2 Genteng.

Kasim, A. (n.d.). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS BOSOWA 2022.

Mariani, M. (2022). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 12(1), 1. https://doi.org/10.18592/jtipai.v12i1.6461

Sholehah, H. (2021). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 014 SUNGAI KERANJI.

Sidiq, D. U., Ag, M., & Choiri, D. M. M. (n.d.). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.

Simatupang, R. F. B., & Fuadi, A. (2023). Upaya Meningkat Kan Pemahaman Siswa Melalui Metode Debat Aktif Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII MTs Teladan Gebang.

Wijayanto, P. A., Utaya, S., & Amirudin, Ach. (2017). EFEKTIVITAS METODE DEBAT AKTIF DAN STRATEGI PENERAPANNYA DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 99–116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.586

Wijriati, E. (n.d.). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEBAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.

Yuliati, Y. (2018). Penerapan metode debat pro dan kontra untuk meningkatkan proses pembelajaran PPKn. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 27–36. https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20800

Yuniarti. (2018). PELAKSANAAN METODE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. 4 No 2.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Dita Adinda Fitri, Arlina, Rachel Humayra, & Sahmo Manik. (2025). Implementasi Pembelajaran Dengan Metode Debat Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 227–233. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.723

Issue

Section

Articles