Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.684Abstract
Pendidikan dalam keluarga merupakan aspek penting dalam pembentukan perilaku seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Metode penelitian ini adalah kajian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif dan eksploratif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan agama Islam berfungsi dalam keluarga dan masyarakat untuk membentuk manusia yang percaya dan ketaqwaan kepada Allah SWT agar terciptanya kehidupan yang baik dalam keluarga dan masyarakat. Pendidikan agama Islam merupakan fondasi yang utama sebagai sistem pendidikan moral dan ahklak, dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya. Pendidikan agama dalam lingkungan masyarakat sangat berperan penting bagi kehidupan bermasyarakat dan untuk meningkatkan moral bangsa dan negara. Pendidikan agama Islam yang ditanamkan sejak dini di lingkungan keluarga, didukung oleh pendidikan di masyarakat, merupakan kunci untuk menciptakan generasi yang berakhlak mulia, religius, dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara. Kesimpulan bahwa peran pendidikan agama islam merupakan pertama, fondasi dalam keluarga untuk membentuk perilaku dan moral anak-anak dan mengetahui batasan baik dan buruk kedua, berfungsi untuk membentuk manusia yang percaya dan ketaqwaan kepada Allah SWT ketiga, fondasi utama dan berperan dalam pendidikan moral bagi pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya.
References
Arifin Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 2010.
Barnawi dan Mohammad Arifin, Etika dan Profesi Pendidikan, ArRuzz Media, Yogyakarta, 2012
H. Jalaluddin, Psikologi Agama diunduh 30 Sept 2013 jam 15.30.
Hamdani, Ihsan, dan Fuad Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka, Bandung,2007
Hadirah Ira, Dasar-dasar Kependidikan, UIN Alauddin.Makassar,2008
Ihsan Fuad. Ilmu Pendidikan, Cet. III, Rineka Cipta, Semarang, 2003
Ratna Wilis Dahar, Teori Belajar dan Pembelajaran, Erlangga, Jakarta, 2006
Ratna Wilis Dahar, Dasar-Dasar Pendidikan Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 2009
Sukardi, Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta,2008
Tadjab, Perbandingan Pendidikan, Abditama, Surabaya, 1994.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Islam. diunduh pada Januari 2013 jam 20.00
Zainal Arifin & Adhi Setiawan, Pengembangan Pembelajaran Aktif, Skripta,Yogyakarta,2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sahrul, Agustina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.