Penerapan Model Kirkpatrick Dalam Evaluasi Program Karantina Tahfizh di Qur’an Learning Center Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.622Abstract
Program karantina tahfzih merupakan salah satu program intensif dalam membentuk penghafal Al-Qur’an dengan sistem pembelajaran terstruktur dan lingkungan yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program karantina tahfizh di Qur’an Learning Center Yogyakarta dengan menggunakan model Kirkpatrick. Penelitian ini berfokus pada tingkat kepuasan peserta (level 1: reaksi) dan peningkatan kemampuan hafalan (level 2: pembelajaran). Pendekatan campuran (mixed methods) diterapkan, dengan kuesioner untuk mengukur tingkat kepuasan, serta observasi dan capaian hafalan untuk menilai hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada level 1 aspek rekasi peserta sangat puas dengan fasilitas, pelayanan, dan interaksi dengan pengajar, meskipun terdapat ruang untuk peningkatan, seperti metode yadain dan kualitas makanan. Dalam level 2 aspek pembelajaran, sebagian besar peserta mencapai peningkatan hafalan yang signifikan, tetapi hasilnya tidak merata, terutama bagi peserta dengan kemampuan awal lebih rendah. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami penerapan model Kirkpatrick untuk evaluasi program pendidikan tahfizh, serta memberikan rekomendasi bagi Qur’an Learning Center Yogyakarta untuk meningkatkan efektivitas program selanjutnya.
References
Alamsyahril. (2020). Model Kirkpatrick Dalam Evaluasi Program Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Iv. Cendekia Niaga, 4(1), 35–43. Https://Doi.Org/10.52391/Jcn.V4i1.490
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Penganar Evaluasi Program Pendidikan. Perdana Publishing.
Badu, S. Q. (2013). Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 102–129. Https://Doi.Org/10.21831/Pep.V16i0.1108
Ekawati, B., Hendrawijaya, A. T., & Purnamawati, F. (2022). Penerapan Evaluasi Model Kirkpatrick Terhadap Hasil Dan Dampak Pada Program Kursus Hantaran Di Lkp Parcelia Jember.
Iryadi, Y. (2019, September 27). Apa Itu Tahfizh Al-Quran? Berikut Pengertian & Penjelasanya. Https://Www.Hafalquransebulan.Com/Apa-Itu-Tahfizh-Al-Quran/
Nurhayati, Y. (2018). Penerapan Model Kirkpatrick Untuk Evaluasi Program Diklat Teknis Subtantif Materi Perencanaan Pembelajaran Di Wilayah Kerja Provinsi Kepulauan Riau. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 170–187. Https://Doi.Org/10.36052/Andragogi.V6i2.63
Putra, F. P., & Fatia, A. (2021). Pengaruh Motivasi Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri.
Ramadhon, S. (2019). Penerapan Model Empat Level Kirkpatrick Dalam Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur Di Pusdiklat Migas. 06(1).
Rukmi, H. S., Novirani, D., & Sahrul, A. (N.D.). Evaluasi Training Dengan Menggunakan Model Kirkpatrick (Studi Kasus Training Foreman Development Program Di Pt. Krakatau Industrial Estate Cilegon).
Suparno, S., Sirajuddin, S., Zulkarnain S, Z. S., & Suradi, A. (2023). Evaluasi Program Magang Dengan Model Evaluasi Kirkpatrick. Journal Of Education And Instruction (Joeai), 6(1), 82–88. Https://Doi.Org/10.31539/Joeai.V6i1.5011
Surahman, E. (N.D.). Evaluasi Program Pelatihan Kirkpatrick. Universitas Negeri Malang.
Yusnarita, R. (2020). Model Evaluasi Kirkpatrick Pada Diklat Fungsional Calon Kepala Madrasah Di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan Dan Keagamaan. Uin Syarif Hidayatullah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arina Nur Sofiana, Suwadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.