Penerapan Model Kirkpatrick Dalam Evaluasi Program Karantina Tahfizh di Qur’an Learning Center Yogyakarta

Authors

  • Arina Nur Sofiana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suwadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.622

Abstract

Program karantina tahfzih merupakan salah satu program intensif dalam membentuk penghafal Al-Qur’an dengan sistem pembelajaran terstruktur dan lingkungan yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program karantina tahfizh di Qur’an Learning Center Yogyakarta dengan menggunakan model Kirkpatrick. Penelitian ini berfokus pada tingkat kepuasan peserta (level 1: reaksi) dan peningkatan kemampuan hafalan (level 2: pembelajaran). Pendekatan campuran (mixed methods) diterapkan, dengan kuesioner untuk mengukur tingkat kepuasan, serta observasi dan capaian hafalan untuk menilai hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada level 1 aspek rekasi peserta sangat puas dengan fasilitas, pelayanan, dan interaksi dengan pengajar, meskipun terdapat ruang untuk peningkatan, seperti metode yadain dan kualitas makanan. Dalam level 2 aspek pembelajaran, sebagian besar peserta mencapai peningkatan hafalan yang signifikan, tetapi hasilnya tidak merata, terutama bagi peserta dengan kemampuan awal lebih rendah. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami penerapan model Kirkpatrick untuk evaluasi program pendidikan tahfizh, serta memberikan rekomendasi bagi Qur’an Learning Center Yogyakarta untuk meningkatkan efektivitas program selanjutnya.

References

Alamsyahril. (2020). Model Kirkpatrick Dalam Evaluasi Program Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Iv. Cendekia Niaga, 4(1), 35–43. Https://Doi.Org/10.52391/Jcn.V4i1.490

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Penganar Evaluasi Program Pendidikan. Perdana Publishing.

Badu, S. Q. (2013). Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 102–129. Https://Doi.Org/10.21831/Pep.V16i0.1108

Ekawati, B., Hendrawijaya, A. T., & Purnamawati, F. (2022). Penerapan Evaluasi Model Kirkpatrick Terhadap Hasil Dan Dampak Pada Program Kursus Hantaran Di Lkp Parcelia Jember.

Iryadi, Y. (2019, September 27). Apa Itu Tahfizh Al-Quran? Berikut Pengertian & Penjelasanya. Https://Www.Hafalquransebulan.Com/Apa-Itu-Tahfizh-Al-Quran/

Nurhayati, Y. (2018). Penerapan Model Kirkpatrick Untuk Evaluasi Program Diklat Teknis Subtantif Materi Perencanaan Pembelajaran Di Wilayah Kerja Provinsi Kepulauan Riau. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 170–187. Https://Doi.Org/10.36052/Andragogi.V6i2.63

Putra, F. P., & Fatia, A. (2021). Pengaruh Motivasi Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri.

Ramadhon, S. (2019). Penerapan Model Empat Level Kirkpatrick Dalam Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur Di Pusdiklat Migas. 06(1).

Rukmi, H. S., Novirani, D., & Sahrul, A. (N.D.). Evaluasi Training Dengan Menggunakan Model Kirkpatrick (Studi Kasus Training Foreman Development Program Di Pt. Krakatau Industrial Estate Cilegon).

Suparno, S., Sirajuddin, S., Zulkarnain S, Z. S., & Suradi, A. (2023). Evaluasi Program Magang Dengan Model Evaluasi Kirkpatrick. Journal Of Education And Instruction (Joeai), 6(1), 82–88. Https://Doi.Org/10.31539/Joeai.V6i1.5011

Surahman, E. (N.D.). Evaluasi Program Pelatihan Kirkpatrick. Universitas Negeri Malang.

Yusnarita, R. (2020). Model Evaluasi Kirkpatrick Pada Diklat Fungsional Calon Kepala Madrasah Di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan Dan Keagamaan. Uin Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Sofiana, A. N., & Suwadi. (2025). Penerapan Model Kirkpatrick Dalam Evaluasi Program Karantina Tahfizh di Qur’an Learning Center Yogyakarta. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 251–267. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.622

Issue

Section

Articles