Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Siswa di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.606Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membina karakter siswa di era digital yang penuh tantangan dan peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru PAI dalam membimbing siswa agar memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Islam meskipun menghadapi dampak negatif teknologi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, penelitian ini mengungkapkan bahwa integrasi teknologi, seperti penggunaan Chromebook, mendukung pembelajaran berbasis digital yang interaktif dan kolaboratif. Strategi pembelajaran berbasis MERDEKA memungkinkan siswa mengembangkan nilai-nilai positif, seperti mujahadah an-nafsi, husnudzon, dan ukhuwah, melalui pendekatan yang personal dan relevan. Penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan teknologi yang tepat dapat menjadi alat untuk membentuk karakter siswa yang unggul, mempersiapkan mereka menghadapi era digital dengan keimanan dan ketakwaan kokoh. Dengan pendekatan ini, guru PAI berperan sebagai fasilitator pembelajaran bermakna yang mampu menciptakan generasi unggul dan religius
References
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2084
Apiyani, A., Supriani, Y., Kuswandi, S., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i2.443
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i3.492
Dhuha Rohmawan. (2023). Peran Guru PAI Sebagai Pembimbing Dalam Pembinaan Sopan Santun Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Pare Kediri. Dirasah, 6(1), 338–345.
Ermalia, Y. (2020). Pengaruh Penguasaan Materi Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkab Kabupaten Bengkulu Utara. 1–106.
Hafidzoh Rahman, N., Mayasari, A., Arifudin, O., & Wahyu Ningsih, I. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V2i2.296
Hanafiah, & Juhadi. (2020). Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Bersalin Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 333–349.
Jamaludin, G. M., & Rosidah, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Media. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 41–49.
James Sinurat, Musnar Indra, Daulay, D. (2020). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Dalam Suparyanto Dan Rosad (2015 (Vol. 5, Nomor 3).
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya.
Kresnadi, H., Halidjah, S., Pranata, R., & Syahrudin, H. (2023). Pemanfaatan Chromebook Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.31932/Jpdp.V9i1.2028
Latifah, E. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa. Jurnal Tahsinia. Http://Jurnal.Rakeyansantang.Ac.Id/Index.Php/Ths/Article/View/357
Nasser, A. A., Arifudin, O., Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109. Https://Doi.Org/10.35569/Biormatika.V7i1.965
Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V3i2.328
Qosim, Purwanti, I., Indira, I., Sulistyowati, R., Isfadia, H., & Santoso, S. (2023). Pengenalan Dasar Chromebook Sebagai Digitalisasi Pembelajaran. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(1), 6–10. Https://Doi.Org/10.58906/Abadi.V2i1.87
Syach, A. (2022). Strategi Pendekatan Pembelajaran Dalam Al-Quran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 127–137. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V3i2.331
Ummah, M. R., & Shobirin, M. S. (2023). Peran Guru PAI Sebagai Pembimbing Dalam Pembinaan Sopan Santun Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, II(1), 326–335.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ghani Ahmad Haidar, Hikmah Maulani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.