Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Siswa di Era Digital

Authors

  • Ghani Ahmad Haidar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hikmah Maulani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.606

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membina karakter siswa di era digital yang penuh tantangan dan peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru PAI dalam membimbing siswa agar memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Islam meskipun menghadapi dampak negatif teknologi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, penelitian ini mengungkapkan bahwa integrasi teknologi, seperti penggunaan Chromebook, mendukung pembelajaran berbasis digital yang interaktif dan kolaboratif. Strategi pembelajaran berbasis MERDEKA memungkinkan siswa mengembangkan nilai-nilai positif, seperti mujahadah an-nafsi, husnudzon, dan ukhuwah, melalui pendekatan yang personal dan relevan. Penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan teknologi yang tepat dapat menjadi alat untuk membentuk karakter siswa yang unggul, mempersiapkan mereka menghadapi era digital dengan keimanan dan ketakwaan kokoh. Dengan pendekatan ini, guru PAI berperan sebagai fasilitator pembelajaran bermakna yang mampu menciptakan generasi unggul dan religius

References

Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2084

Apiyani, A., Supriani, Y., Kuswandi, S., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i2.443

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i3.492

Dhuha Rohmawan. (2023). Peran Guru PAI Sebagai Pembimbing Dalam Pembinaan Sopan Santun Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Pare Kediri. Dirasah, 6(1), 338–345.

Ermalia, Y. (2020). Pengaruh Penguasaan Materi Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkab Kabupaten Bengkulu Utara. 1–106.

Hafidzoh Rahman, N., Mayasari, A., Arifudin, O., & Wahyu Ningsih, I. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V2i2.296

Hanafiah, & Juhadi. (2020). Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Bersalin Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 333–349.

Jamaludin, G. M., & Rosidah, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Media. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 41–49.

James Sinurat, Musnar Indra, Daulay, D. (2020). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Dalam Suparyanto Dan Rosad (2015 (Vol. 5, Nomor 3).

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya.

Kresnadi, H., Halidjah, S., Pranata, R., & Syahrudin, H. (2023). Pemanfaatan Chromebook Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.31932/Jpdp.V9i1.2028

Latifah, E. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa. Jurnal Tahsinia. Http://Jurnal.Rakeyansantang.Ac.Id/Index.Php/Ths/Article/View/357

Nasser, A. A., Arifudin, O., Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109. Https://Doi.Org/10.35569/Biormatika.V7i1.965

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V3i2.328

Qosim, Purwanti, I., Indira, I., Sulistyowati, R., Isfadia, H., & Santoso, S. (2023). Pengenalan Dasar Chromebook Sebagai Digitalisasi Pembelajaran. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(1), 6–10. Https://Doi.Org/10.58906/Abadi.V2i1.87

Syach, A. (2022). Strategi Pendekatan Pembelajaran Dalam Al-Quran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 127–137. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V3i2.331

Ummah, M. R., & Shobirin, M. S. (2023). Peran Guru PAI Sebagai Pembimbing Dalam Pembinaan Sopan Santun Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, II(1), 326–335.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Ghani Ahmad Haidar, & Hikmah Maulani. (2025). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Siswa di Era Digital. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 234–241. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.606

Issue

Section

Articles