Manajemen Kepemimpinan Bunyai Terhadap Kedisiplinan Santri Dan Kompetensi Sosial di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.597Abstract
Manajemen kepemimpinan bunyai sebagai bentuk kepemimpinan yang berbasis pada nilai-nilai Islam diharapkan dapat memberikan dampak signifikn terhadap peningkatan kedisiplinan dan kompetensi sosial para santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh mangemen kepemimpinan bunyai terhadap kedisiplinan santri dan kompetensi sosial di pondok pesantren Baitul Qur’an di Kabupaten nganjuk Jawatimur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian dan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepemimpinan bunyai memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan kedalam keseharian, selain itu manajemen kepemimpinan ini juga berkontribusi pada pengembangan kompetensi sosial guru dengan membangun komukikasi yang efektif dan kejasama yang baik antar sesama pendidik. penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan manajemen kepemimpinan bunyai dapat menjadi model yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan Santri dan kompetensi sosial yang pada gilirannya berdampak pada kualitias pendidikan di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Nganjuk.
References
Etistika Y W, Dwi A S, & Amat N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal pendidikan, 1, 263–278.
Navlia, R. (2020). Pergeseran Peran Gender di Pondok Pesantren Al-Amien Putri 1 dan Tahfidz Al-Ifadah Sumenep-Madura. Disertasi, 1–236.
Noorhayati, S. M. (2017). Pemikiran Islam Terhadap Gender Dan Pemberdayaan Perempuan (Studi Pemikiran Dan Model Pemberdayaan Nyai Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton). AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 22(2), 219. https://doi.org/10.32332/akademika.v22i2.953
Nuraini, D. (2023). Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo.
Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
Qur, H. A.-, Santri, A. N., Pesantren, P., & Ponorogo, P. A. D. (2024). Peran bu nyai dalam meningkatkan kualitas hafalan al- qur’an santri pondok pesantren putri al-munjiyah durisawo ponorogo.
Siti Maesaroh. (2024). Pengembangan Perempuan dalam Pengembangan Karakter Santri ( Kepemimpinan Ibu Nyai Umi Waheeda di Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman Parung , Bogor ). Tesis.
Tamin, K. B., Ubadah, U., & Mashuri, S. (2022). Tantangan Pendidikan dalam Era Abad 21. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana, 1, 338–342.
Zainuddin, S., & Anjani, N. W. (2022). Hesti Dina Aulia 210403040.
Zipi, Kafrawi, & Mulyadi. (2023). Peran Kepemimpinan Kyai di Pondok Pesantren. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(2), 9–20. https://doi.org/10.61104/jq.v1i2.63
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lu’lu’ Syuroiyah Nadliroh, Miftakhul Ilmi Suwignya Putra, Nur Ulwiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.