Optimalisasi Ta’lim Al-Quran Dalam Meningkatkan Bacaan Dan Pemahaman Al-Quran; Studi Pada Mahad Al-Jamiah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Authors

  • Muhammad Fahmi Syafi’uddin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nasrulloh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.588

Abstract

Ta’lim Al-Quran Mahad Al Jamiah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi optimalisasi program dengan menggunakan pendekatan studi kasus berbasis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya, menggunakan metode demonstrasi, dan latihan rutin efektif dalam meningkatkan literasi Al-Quran. Setelah semester pertama, saya merasakan bagaimana melanjutkan membaca berdasarkan aturan hafalan. Namun tantangan utama dalam melaksanakan program ini antara lain keragaman jenjang pendidikan sebelumnya, keterbatasan waktu belajar, dan kurangnya semangat belajar. Pendekatan pendidikan yang inovatif, seperti penggunaan teknologi pendidikan dan dukungan individual, telah terbukti meningkatkan efektivitas program-program ini. Dengan pengelolaan yang fleksibel dan strategis, program ini diharapkan dapat mengembangkan siswa yang tidak hanya memperoleh keterampilan pemahaman bacaan yang unggul, tetapi juga memahami dan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran dalam aktivitas sehari-hari.

References

Arifin, Z. (2012). Strategi pembelajaran Al-Qur'an untuk anak usia dini. Yogyakarta: UII Press.

Arifin Bando, U., Masrurah, U. D., & Elihami, E. (2021). Pengaruh metode demonstrasi terhadap pembelajaran fiqh di pesantren melalui konsep pendidikan nonformal. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1).

At-Tirmidzi, H.R. (568). Kitab fadha'ilul Qur'an, bab maa jaa-a fii man qaraa harfan minal Qur'an (No. 2910).

Azra, A. (2003). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Jakarta: Prenada Media.

Fauzan, A. (2015). Tantangan pembelajaran Al-Qur'an di era modernisasi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Hasan, M. (2018). Pendidikan karakter melalui pengajaran Al-Qur'an di Ma'had Al-Jami'ah. Yogyakarta: LkiS.

Kirin, A., Masruri, M., Ismail, F. H., & Marpuah, S. (2021). Analisis kitab rujukan hadis yang digunakan dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim oleh Shaykh al-Zarnuji. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 7(1).

Lubis, T. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Alquran dengan metode drill (latihan) melalui explicit instruction. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(2).

Mahdhiyah, N. (2019). Penerapan metode bil qolam dalam pembelajaran Ta’lim al-Quran kelas I’dad di Ma’had Sunan Ampel Al-‘Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Skripsi). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Maryam. (2018). Peran Majlis Ta’lim Nurul Iman dalam pembentukan sikap keagamaan masyarakat di RT 10/02 Kelurahan Pagar Dewa Kec Selebar Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Munir, M. (2018). Tantangan dakwah di era digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrulloh, D. A. M. (2021). Cadar dan jilbab menurut dogma agama dan budaya masyarakat (Studi Living Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 59 pada masyarakat Sumatera Barat). Sosial Budaya, 18(1).

Rahman, F. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Al-Qur'an. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Muhammad Fahmi Syafi’uddin, & Nasrulloh. (2025). Optimalisasi Ta’lim Al-Quran Dalam Meningkatkan Bacaan Dan Pemahaman Al-Quran; Studi Pada Mahad Al-Jamiah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 149–157. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.588

Issue

Section

Articles