Model Meaningful Instructional Design Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Sarolangun
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.587Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis penerapan model meaningful instructional design dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 5 Sarolangun. Sedangkan kegunaan dari Penelitian ini adalah untuk melihat apakah guru-guru Pendidikan agama Islam dapat menerapkan model Meaningful Instructional Design dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui metode Penelitian kualitatif, dengan kepala sekolah, wakil, guru-guru Pendidikan agama Islam dan siswa sebagai subjek Penelitian, data kemudian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan model Miles and Huberman. Penelitian ini menghasilkan tiga hal, yakni (1) Guru pendidikan agama Islam sudah menerapkan Model Meaningful Instructional Design atau biasa disingkat MID dalam proses pembelajaran tapi belum maksimal. (2) Kendala yang dihadapi adalah pemahaman, baik secara teori maupun praktik yang benar dari Model Meaningful Instructional Design agar pada saat penerapannya dalam proses pembelajaran berjalan dengan tertib, menarik dan bermakna serta dapat mewujudkan tujuan pembelajaran. (3) Upaya yang dilakukan yakni: mempelajari, memahami dan mempraktikkan teori dan praktik Model Meaningful Instructional Design yang benar (efektif dan efisien), menganalisis hasil pembelajaran dan memperbaiki kekurangan dalam penerapan Model Meaningful Instructional Design, menggabungkan Model Meaningful Instructional Design dengan metode pembelajaran ceramah dan diskusi, dan memotivasi siswa untuk selalu semangat dalam belajar. Adapun kesimpulan dari Penelitian ini adalah penerapan model meaningful instructional design yang baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model Meaningful Instructional Design siswa terlihat lebih antusias dan semangat
References
Aqib dan Zainal. 2018, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya.
Arsyad. 2015, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Rajawali Pres.
D. Marimba, Ahmad. 1994, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif.
Daradjat, Zakiah. 2014, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetens, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daradjat, Zakiah. dkk., 2008, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi. 2017, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar, Yogyakarta: Deepublish.
Daryanto Dan Raharjo Muljo. 2016, Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: GavaMedia.
Dimyati & Mudjiono. 2015, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Muhammad. 2018, Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternative Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Fida Kastori, Abdul. 1995, Sistem Pendidikan Islam, Ishlan, etd. 43 Tahun III.
Hamalik, Oemar. 2013, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hermawan dan Hendy. 2016, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Bandung: Citra.
https://wartaguru.id/model-pembelajaran-menurut-para-ahli/
Iskandar. 2015, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Gaung Persada.
Joyce & Weil. 2018, Models of Teaching Model-model Pengajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kurikulum/GBPP Sekolah Menengah Umum, 1995, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Departemen Agama RI.
Lefudin. 2017, Belajar Dan Pembelajaran Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Dan Metode Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish.
Lexy J. Moleong. 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2016, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Malawi, Indullah dan Ani Kadarwati. 2017, Pembelajaran Tematik-Konsep dan Aplikasi, Magetan: AE Grafika.
Muhaimin. 2017, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2015, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Muhaimin. 2016, Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut DuniaPendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007, Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Bab I, pasal 2, ayat (1).
Purwanto. 2017, Evaluasi hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
QS. Al Baqarah/ 2: 112
QS. Al Mujadilah/ 58: 11
Rizki Maulana dan Putri Amelia. 2013, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Cahaya Agency Surabaya.
Sabri, M. Alisuf.2010, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sardiman. 2017, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sefudin, dkk., 2014, Pembelajaran Efektif, Bandung: Rosda.
Shoimin, Aris. 2014, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Shoimin, Aris. 2014, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2010, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta.
Sri Widayati, Ninik dan Hafis Muaddab. 2017, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.
Sri Widayati, Ninik dan Hafis Muaddab. 2017, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.
Sudjana. 2019, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinas (Mixed Metods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suhana. 2014, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama.
Sukardi. 2013, Ismail, Model-Model Pembelajaran Moderen, Palembang: Tunas Gemilang Press.
Sukmadinata dan Nana Syaodih2017, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, Jamil. 2017, Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suryabrata, Sumadi. 2011, Psikologi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2013, Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group.
Syah, Muhibbin. 2010, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syarifuddin, Ahmas. 2011, ”Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya”, Jurnal Ta’dib 16 (1).
Tohirin. 2011, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Trianto. 2013, Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana.
Widowati, “Brainstorming Sebagai Alternatif Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Biologi,” (Mey 2012).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dyah Puji Winasis, Kemas Imron Rosadi, Jamrizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.