Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri Kota Jambi

Authors

  • Heni Mardiani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kaspul Anwar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Alfian UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.507

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang bersifat urgen dan primer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media audio visual dapat meningkatkan motivasi pada pembelajaran IPA dan untuk mengetahui penerapan pengembangan media audio visual  dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan  pengembangan (Research and Development) yaitu suatu jenis penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Hasil penelitian ini mengungkapkan pertama, pengembangan media audio visual berbasis Powtoon di desain menggunakan model 4D. Hasil pengembangan berupa media audio visual berbasis Powtoon. Tahapan dalam pengembangan media audio visual dimulai dari define (pendefenisian) pendefenisian masalah yang terdapat disekolah, perancangan (design) mendesain produk dan mendesain materi sesuai modul ajar, pengembangan (develop) pengembangan media dilakukan dengan uji validitas yang dilakukan oleh para ahli, revisi, kemudian penyebaran terhadap peserta didik, Media audio visual berbasis powtoon untuk berhasil dikembangkan sebagai media pembelajaran dikelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi pada pembelajaran IPA. Kedua, Media audio visual berbasis powtoon berhasil meningkatkan keefektifan belajar peserta didik serta motivasi yang meningkat setelah menggunakan media audio visual berbasis powtoon. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media audio visual berbasis powtoon pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keefektifan belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi

References

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013)

Anita Wolfolk, Educational Psychology, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Ardi Mahasatya, 2005)

Bukhari Umar, Hadits Tarbawi (Padang: Amzah, 2012)

Dewi Salma Prawira Dilaga, Wawasan Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012)

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi & Pengukurannya (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)

Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Iskandar, Psikologi Pendidikan, (Sebuah Orientasi Baru), (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009)

Muhammad Yaumi, Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran (Jakarta: Kencana Media Grup, 2013)

Martinis Yamin, Kiat Membelajarkan Siswa, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2013)

Mukhtar. Bimbingan Skirpsi Tesis dan Artikel Ilmiah. (Jambi:Sulthan Thaha Press, 2007)

Martini Jamaries, Orientasi dalam Psikologi Pendidikan, (Jakarta: yayasan Panamas Murni, 2010)

Nusa Putra, Research & Development, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012)

Nana Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung:Remaja Rosdakarya,2009)

Pupuh Fathurrrohman, Guru Profesional, (Bandung: Refika Aditama, 2012)

Richey Rita C, and Seels Barbara B.,. Instructional Technologi : The Defenition and Domains Of The Field. Bloomington: 1994, AECT Group, 2012)

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Rayandra Asyhar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, (Jakarta: Referensi, 2012)

Rusman. Dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Teknologi, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011)

Rita C. Richey and James D. Klein, Design and Development Research, (New Jersey: Lawrence Associates, 2007)

Suharsimi arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta : Rineka Cipta, 2010)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:2013,Alfabeta)

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. (Jakarta:2013,Kencana)

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Sharon E Smaldino, Deborah L. Louter, dan James D. Russel, Instructional Technology and Media For Learning, (New Jersey: Pearson, 2007)

Suwardi, Manajemen Pembelajaran, (Surabaya: Temprina Media Grafika, 2007)

Timothy J Newby. Etc, Educational Technology For Teaching and Learnig, (New York: Person Education Inc, 2011)

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003,” Staff UGM, di akses pada 09 November 2020, http://luk.staff.ugm.ac.id>UU20-2003Sisdiknas.

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem pembelajaran (Jakarta: kencana Prenada media Group, 2008), 141.

Yudi Muhadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru (Jakarta: GP Press, 2010)

Yudhi Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2010)

Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012)

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Heni Mardiani, Kaspul Anwar, & Alfian. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri Kota Jambi . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 208–226. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.507

Issue

Section

Articles