Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Bagi Guru Dan Siswa Melalui Program Kegiatan Gemajuza di SMPN 1 Sooko Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.506Abstract
Era globalisasi yang serba cepat, kemampuan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar bukan sekadar keterampilan, melainkan kebutuhan mendasar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana program gemajuza bisa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an bagi guru dan siswa SMPN 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa program Gemajuza secara efektif membantu peserta yang terdiri dari siswa dan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini mengkaji peranan penting program Gemajuza guna menaikkan potensi dalam pembacaan Al-Qur'an di SMPN 1 Sooko Mojokerto. Melalui pendekatan yang terstruktur dan adaptasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta, program tersebut tak sekedar sukses guna menambahkan keterampilan membaca, namun juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya pembacaan Al-Qur'an dalam keseharian. Temuan menunjukkan bahwa baik siswa ataupun guru terjadi kenaikan dengan cara signifikan dalam potensi membaca Al-Qur'an, yang berimplikasi positif terhadap partisipasi mereka dalam pelajaran agama dan kegiatan keagamaan lainnya. Implikasi dari penelitian ini sangat luas
References
Alfian, Achmad, and Hendrik Pandu Paksi. 2023. EFEKTIVITAS PROGRAM GEMAJUZA (GERAKAN MENGHAFAL JUZ AMMA) DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS 5 SDN KEMASANTANI.
Arfah, M. Arfah. 2020. “Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Sima’i Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 2 Tanjab Timur Talang Rimbo Kec. Muara Sabak Barat.” Jurnal Pendidikan Guru 1(2). doi: 10.47783/jurpendigu.v1i2.168.
Arif, Muhammad, Nur, Mesran, and Yurmaini. 2024. “Efektivitas Bimbingan Belajar Baca Tulis Al Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di MTS Al-Washliyah 30 Pematang Guntung.”
Dinas Pendidikan Mojokerto. 2019. “Petunjuk Tehknis: Program Gemajuza (Gerakan Menghafal Juz-Amma) Kabupaten Mojokerto.”
Khamid, Abdul, Dea Prasmanita, Rif’ah Munawaroh, Ahmad Zamroni, and One Emi Nasitoh. 2020. “Implementasi Pembelajaran Tajwid Dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an Dalam Materi Al-Qur’an Hadist.” Attractiv : Innovative Education Journal 2(2):45. doi: 10.51278/aj.v2i2.38.
Khoir, Mulyanto, Abdullah, and Anwar Ihsanuddin. 2022. Panduan Pengelolaan, Kurikulum Dan Materi Ajar TPQ/TPA. edited by Team RQN. Sukoharjo: Rumah Quran Annisa.
Lestari. 2022. “TINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN MELALUI STRATEGI MEMBACA KERAS.” EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran 2(3):246–55. doi: 10.51878/educational.v2i3.1511.
Mahdali, Fitriyah. 2020. “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis 2(2):143–68. doi: 10.15548/mashdar.v2i2.1664.
Manna’ al-Qaththan, Manna’. 2016. Mabahits Fi Ulumil Qur’an. Jakarta: Ummul Qura: Jakarta.
Monalisa, Marsiah, Ajahari, and Muhammad, Redha Anshari. 2022. “Pendampingan Dalam Belajar Al-Qur’an Pada Anak-Anak Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sukamulya.” Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam 3(1):1–9. doi: 10.47435/al-ilmi.v3i1.1203.
Musbikin, Imam. 2014. “Mutiara” Al-Qur’an: Khazanah Ilmu Tafsir Dan Al-Qur’an. Yogyakarta: Jaya Star Nine: Yogyakarta.
Nur, Ita Rosita, and Rita Aryani. 2022. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ Pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan.” AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis 2(3):100–110. doi: 10.37481/jmh.v2i3.474.
Sabooni, Shaikh, Muhammad, Ali. 2001. Al Tibyan Fi Ullom Ul Quran By Shaikh Muhammad Ali Sabooni R.A. Jakarta: Pustaka Amani: Jakarta.
Saleh, Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. 1st ed. Pustaka Ramadhan.
Sapuroh, Siti. 2022. “EFEKTIVITAS EKSTRAKULIKULER BTQ DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMPN 9 REJANG LEBONG.” EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan 2(1):63–71. doi: 10.51878/educator.v2i1.1091.
Supriadi, Aliya, Azizah. 2022. “Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa – Siswa SMKN 1 Tebing Tinggi.” Edumaniora: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora 1(2).
Susanti, Ria. 2024. “Optimalisasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Sebagai Peningkatan Pemahaman Keagamaan.” 1(1).
Syaifullah, Muhammad, Humayrani Siregar, Mawaddah, Rahma Dita, and Siti, Rodina, Aisah Siregar. 2022. “Analisis Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas V MI/SD.”
Triana, Anis, Wahyu. 2022. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Aspek Al-Qur’an Hadis Untuk Siswa Kelas X TKJ 4 Di SMKN 1 Badegan Ponorogo.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3.
Ulum, Syaroful. 2024. “Kreativitas Guru Al Qur’an Dalam Mengelola Kelas Guna Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menghafal Al Qur’an Siswa Kelas Vi SDIT Al Uswah Tuban.” Journal of Educational Research and Practice 2(2):1–14. doi: 10.70376/jerp.v2i2.115.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fi’Lolla Uswatun Hasanah, Fathur Rohman, Muhammad Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.