Pan-Islamisme dan Pengaruhnya pada Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Atha Aurellia Zahra UIN Prof Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Badrul Falah UIN Prof Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Bagas Syafiq Alkautsar UIN Prof Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.505

Abstract

Pan-Islamisme yang dipelopori oleh tokoh–tokoh seperti Jamaluddin Al-Afghani, muncul sebagai respons terhadap kemunduran yang dirasakan umat islam yang dilakukan oleh kekuatan barat, terutama pada abad 19 Masehi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pan-islamisme dan pengaruhnya pada pendidikan di indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis literatur untuk mengeksplorasi bagaimana ide–ide Pan-Islamisme mempengaruhi pola pendidikan dan kesadaran umat Islam di Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pan-Islamisme tidak hanya berkontribusi pada kebangkitan semangat solidaritas di kalangan umat Islam, tetapi juga mendorong reformasi pendidikan yang lebih inklusif dan progresif. Pan-Islamisme dan pengaruhnya yang signifikan terhadap pendidikan di indonesia dapat dilihat dari beberapa perspektif yang saling berkaitan, baik dari sisi sejarah, perkembangan sosial, maupun tantangan modernisasi pendidikan. Terutama dalam konteks sejarah dan perkembangan social umat Islam. Pan-Islamisme merupakan gerakan yang bertujuan untuk menyatukan umat muslim di seluruh dunia dalam menghadapi tantangan kolonialisme dan imperialisme, telah memiliki pengaruh signifikan terhadap pola pendidikan di indonesia, terutama pada masa perjuangan kemerdekaan, tetapi gerakan ini tidak hanya berfokus pada upaya untuk mempersatukan umat muslim dalam menghadapi kolonialisme  dan imprealisme, tetapi juga berperan dalam membangkitkan kesadaran akan pentingnya pendidikan yang berbasis agama.

References

Abdul, Sultan, Hamid Ii, and Muhammad Faiz. “Latar Kebijakan Politik Pan-Islamisme.” IJIH: Indonesia Journal of History and Islammic Civilization 1, no. 1 (2024): 61–74.

Alawiyah, Afifah, Muhammad Faiz, Muhammad Masruri, and Abdul Hamid Ii. “AHCS Sultan Abdul Hamid II ’ s Pan-Islamic Political Strategy” 5, no. 2 (2024): 162–70.

Arsyi, Syahuri. “Slogan Back to The Al-Quran and Sunnah: Studi Atas Gerakan Politik Islam Jamaluddin Al-Afghani.” Kaos GL Dergisi 8, no. 75 (2020): 147–54. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Bistara, Raha. “Teologi Modern Dan Pan-Islamisme: Menilik Gagasan Pembaharuan Islam Jamaluddin Al-Afghani.” FITUA: Jurnal Studi Islam 2, no. 1 (2021): 62–80. http://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitua/article/view/290.

Eka Yudha Wibowo. “Strategi Ekonomi Haji Di Hindia Belanda Awal Abad 19.” Al-Isnad: Journal of Islamic Civilization History and Humanities 4, no. 1 (2023): 77–89. https://doi.org/10.22515/isnad.v4i1.7430.

Fuadi, Danna Aditya Rahma, and Devgano Risydan Al Anshori. “Perkembangan Pendidikan Indonesia Pada Zaman Penjajahan Ii (Abad 20 Termasuk Masa Pendudukan Jepang).” Global Education Journal 1, no. 3 (2023): 267–84. https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.217.

Khotimussalam, Moh. “The Dutch Islamic Policies:Peran Politik Cristian Snouck Hurgronje Di Wilayah Hindia-Belanda” 7, no. 1 (2020): 6.

Miswanto, Munzir Hitami, and Sri Murhayati. “Muhammad Abduh Dan Jamaluddin Al-Afghani Aspek – Aspek Pembaruan Dan Reformasi Pendidikan Article.” Jurnal Arriyadhah XX, no. I (2023): 12–20.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. “Pembaruan Pendidikan Islam Nahdlatul Ulama.” Nizham 3, no. 02 (2024): 51–87.

Ofiani, Oktawini, and Mardalena. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Jamaluddin Al-Afgani Dalam Konteks Pendidikan Islam Kontemporer.” NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 11, no. 1 (2024): 1–24. https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.552.

Purnamasari, Ika, Fivie Safitri, Annisa Aprilia Asrul, Setia Esra S. Muham, and Desta Riani Br. Perangin-angin. “Pengaruh Perkembangan Islam Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia: Sebuah Kajian Historis.” Islamic Education 4, no. 1 (2024): 13–18. https://doi.org/10.57251/ie.v4i1.1366.

Rizkiansyah, Mariko. “Makna Ideologi Dan Bentuk Propaganda Media (Studi Semiotika Barthes Media Era Muslim Dan National Israel Terhadap Kasus Mavi Marmara)” 4, no. 1 (2023): 83–95.

Roslan, Zulhelman, and Ermy Azziaty Rozali. “Polisi Pan-Islamisme Semasa Pemerintahan Sultan ‘ Abd Al-Hamid II ( 1876-1909M )” 39, no. 1 (2018): 67–81.

Sabarudin, Mohammad, Ibnu Imam Al Ayyubi, Rifqi Rohmatulloh, and Inas Nasrulloh. “Faktor Peradaban Islam Era Sahabat Nabi Hingga Zaman Kontemporer.” Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan 3, no. 1 (2023): 194–205. https://doi.org/10.51190/jazirah.v3i1.60.

Salman, Ahmad Kurniawan, and Nurfitri Hadi. “Pengaruh Pan Islamisme Bagi Kekhilafahan Turki Utsmani Pada Masa Sultan Abdul Hamid II.” TANJAK: Jurnal Sejarah Dan Peradaban Islam vol.2 NO.2, no. 2 (2022): 181–204.

Shofi, Ahmad, Muhyiddin Alfi, Qonita Badi, and " Ati. “Pemikiran Qadā’-Qadar Jamāl Ad-Dīn Al-Afġānīdan Implikasinyaterhadap Pemikiran Dakwah ’Aqlāniyah” 18, no. 1 (2020): 1–28.

Siti Jumrotun, Elly Roza. “Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Imam Al-Ghazali,” 2021, 173–87.

Somad, Abdul. “Pemikiran Dan Pergerakan Pan Islamisme Di Indonesia Pada Awal Abad Ke-20 (Studi Tentang Pergerakan Khilafah Kongres Al-Islam Hindia).” Candrasangkala 1, no. 1 (2015).

Yasin, Daffa Malhotra. “Kedudukan Dan Relevansi Pemikiran Politik Jamaluddin Al-Afghani Terhadap Pemikiran MOderat Di Indonesia,” n.d.

Youna Bachtiar, Andi, Didin Hikmah Perkasa, Mochamad Rizki Sadikun, Jalan Arjuna Utara No, Tol Tomang, Kebon Jeruk, and Jakarta Barat. “Peran Media Dalam Propaganda.” Peran Media Dalam Propaganda Jurnal Komunikologi 13 (2016): 78.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Atha Aurellia Zahra, Badrul Falah, & Bagas Syafiq Alkautsar. (2025). Pan-Islamisme dan Pengaruhnya pada Pendidikan di Indonesia. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 278–290. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.505

Issue

Section

Articles