Efektivitas Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Dian Selfiana UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Sabilul Najah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Sri Wulandari UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dian Rif'iyati UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.502

Abstract

Era digital yang semakin berkembang, pembelajaran online menjadi alternatif utama dalam pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran online terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui studi literatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan sumber-sumber literatur yang relevan, seperti buku, artikel, dan jurnal. Dan laporan penelitian sebelumnya, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa dalam konteks pembelajaran online. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran online menawarkan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih baik, tantangan seperti kurangnya interaksi sosial, keterbatasan dukungan dari pengajar, dan kesulitan dalam menjaga disiplin diri dapat mengurangi motivasi mahasiswa. Selain itu, faktor-faktor seperti desain kurikulum yang menarik, penggunaan teknologi yang efektif, dan dukungan komunitas juga berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini merekomendasikan perlunya strategi pengembangan pembelajaran online yang lebih interaktif dan mendukung untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam proses belajar.

References

Arfika, Nurul, Rani Adillah, Fince Putri, Yeni Purba, and Anita Yus. n.d. “Analisis Media Belajar Digital Di Generasi Alpha Era Society 5.0 Mendukung Kurikulum Merdeka.” doi: 10.47709/geci.

Asiva Noor Rachmayani. 2015. Metode Penelitian Kualitatif.

Lomu, Lidia, and Sri Adi Widodo. 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia 0(0):745–51.

Palupi, Retno, Sri Anitah, and Budiyono. 2014. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2(2):157–70.

Syaparuddin, Syaparuddin, and Elihami Elihami. 2020. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKn Di Sekolah Paket C.” Jurnal Edukasi Nonformal 1(1):187–200.

Anshari, M., Alas, Y., Yunus, N. A., Sabtu, N. I., & Hamid, M. H., 2016, “Online Learning: Trends, Issues, and Challenges in The Big Data Era”, Journal of E-Learning and Knowledge Society, 12, 121–134. Dhawan, S., 2020, “Online Learning : A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis”, Journal of Educational Technology, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Anderson, T., 2008, “The Theory and Practice of Online Learning”, Athabasca University Press. hlm.112-126 Firman, F., & Rahayu, S., 2020, “Pembelajaran online di tengah pandemi covid 19”, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89

Hasbullah, H., 2015, “Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan”, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.140

Sembiring, S., & Arisandy, D., 2016, “Model Online Learning untuk Perguruan Tinggi Menggunakan Pendekatan ADDIE”, JSM STIMIK Mikroskil, 17(1), 29–38. https://mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jsm/article/view/274

McGreal, R., & Elliott, M., 2008, “Technologies of online learning (e-learning)”, Theory and practice of online learning, 115. Marbun, P., 2021, “Disain pembelajaran online pada era dan pasca covid-19”, CSRID (Computer Science research and its development journal), 12(2), 129-142.

Anderson, T., 2008, “The Theory and Practice of Online Learning”, Athabasca University Press.

Buzzetto-More, N. A., & Sweat-Guy, R. (2006). Hybrid learning defined. Journal of Information Technology Education, 5, 152–156. www.webshare.northseattle.edu

Dhawan, S. (2020). Online learning: a panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Purnamasari, N. L., Indrakusuma, A. H., & Dirgantoro, A. (2018). Efektivitas dan efisiensi pembelajaran berbasis jejaring sosial edmodo (social learning network) pada mahasiswa STKIP PGRI tulungagung. JOEICT(Jurnal of Education and Information Communication Technology), 2(1), 1–12.

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Sunarto, M. J. D. (2021). The readiness of lecturers in online learning during the covid-19 pandemic at the faculty of information technology and the faculty of economics and business. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 54–64. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i1.70

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19. Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.17509/t. v6i2.2088

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Dian Selfiana, Sabilul Najah, Sri Wulandari, & Dian Rif’iyati. (2025). Efektivitas Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 268–277. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.502

Issue

Section

Articles