Analisis Kebutuhan APK Quizz Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Khalifah Abu Bakar di Kelas VII SMP NU Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.495Abstract
Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan aplikasi Quizz sebagai media pembelajaran mengenai Khalifah Abu Bakar di SMP NU Palangkaraya. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan kuesioner untuk mengevaluasi bagaimana aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami materi tentang Khalifah Abu Bakar. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan Quizz dapat meningkatkan antusias siswa, memfasilitasi pembelajaran mandiri, dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Selain itu, aplikasi ini juga membantu siswa dalam mengelola waktu dan meningkatkan ketelitian dalam menjawab soal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pendidik di SMP NU Palangkaraya untuk memanfaatkan aplikasi Quizz sebagai media pembelajaran yang efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Kuantitatif dengan model 3D (define, design, development). Namun penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap define (definisi). Metode pengumpulan data dengan angket secara online kepada siswa kelas VII di SMP NU Palangka Raya yang berjumlah 24 orang.
References
Aditiyawarman, M. A., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L. D. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Penelitian, 7(1), 24-36.
Afifah, D. N., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1), 63-73.
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).
Amalia, N. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa melalui Pembelajaran Sejarah yang Inovatif. Karimah Tauhid, 3(9), 10077-10085.
Anggraeni, P. N. (2024, August). Penyusunan Asesmen Siswa yang Menyenangkan dengan Pemanfaatan AI dalam Aplikasi Quizizz pada Guru SMAN 1 Kaliwiro. In Seminar Nasional Prodi Manajemen Pendidikan (Vol. 2, No. 1).
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ariyanti, L. D., & Zulaeha, I. (2017). Tindak tutur ekspresif humanis dalam interaksi pembelajaran di sma negeri 1 batang: Analisis wacana kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 111-122.
Arrasyid, I. A., Elvira, C., Ananda, N. A., & Azis, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Hyperlink Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas X Di Mas Muslimat Nu Palangka Raya. Educational Journal: General and Specific Research, 4(3), 495-507.
Asror, M., Bakar, M. Y. A., & Fuad, A. Z. (2023). Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 35-52.
Bokingo, A. G., Tulenan, V., & Kambey, F. D. (2022). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Empat Khalifah dalam Sejarah Islam untuk Siswa SD/MI: Interactive Learning Application to Introduce the Four Caliphs in Islamic History. Jurnal Teknik Informatika, 17(4), 273-282.
Hidayati, H. (2023). Buku Ajar Pendidikan Agama Islam: Islam Pekerti. Penerbit NEM.
Iqbal, M., & Andika, A. K. (2023). Kebijakan Ekonomi Pemerintahan Khalifah Abu Bakar Dengan Khalifah Ali Bin Abi Thalib. Jurnal Khazanah Ulum Ekonomi Syariah (JKUES), 7(1), 6-19.
Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa.
Klasik, D. M., & Tengah, H. M. (2007). Sejarah pemikiran dan peradaban Islam.
Laili, N. H., Pertiwi, N. A. S., & Ashoumi, H. (2024). Pengembangan Pengembangan Bahan Ajar Akhlak Berbasis Make a Match Kelas XI di MA Al Bairuny Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 7(3), 90-100.
Mustafa, H. (2011). Perilaku manusia dalam perspektif psikologi sosial. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).
NA Syamsiah, N. A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Meneladani Perilaku Khalifah Abu Bakar Ra. dan Umar Ra. Melalui Metode Role Playing pada Siswa Kelas V SDN Kabuau Kecamatan Tanjung.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.
Palyanti, M. (2023). Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 1014-1026.
Purba, R. A., Zulfikar, A. J., & Iswandi, I. (2022). Analisis Kekuatan Komposit Laminat Hybrid Jute E-Glass Berdasarkan Pola Kerusakan dengan Metode Split Tensile Test. IRA Jurnal Teknik Mesin dan Aplikasinya (IRAJTMA), 1(3)
Rahim, R., & Rahman, M. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 232-238.
Rahmania, S., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). Pemanfaatan Gamification Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 114-133.
Razak, A. A., Jannah, F., & Saleh, K. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa Di SMK Kesehatan Samarinda. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies.
Renaningati, A. L., Wulandari, I. D., & Amirudin, H. H. (2024). Tantangan Dan Inovasi Dalam Pembelajaran Sejarah: Menyusun Strategi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(2), 91-100.
Simbolon, P. B. (2023). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 2(1), 95-101.
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis game pada masa pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81-88.
Susanti, S., Aminah, F., Assa'idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86-93.
Tumangger, M. (2021). Pemerintahan Abu Bakar: Tinjauan Sejarah Terhadap Dinamika Dan Sistem Pemerintahan. Taqnin: Jurnal Syariah dan Hukum, 3(02).
Wahyujati, B. B. (2022). Metode Perancangan: Rangkuman Teori Dan Aplikasi. Sanata Dharma University Press.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devi Haryani, Sofieta Ria, Hadma Yuliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.