Analisis Perbandingan Modul Ajar Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.494Abstract
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) diselaraskan dengan kompetensi dasar tertentu pada kurikulum. Adapun modul ajar juga memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan Modul ajar dan RPP dalam kurikulum Merdeka Adapun modul ajar sebagai penganti RPP pada kurikulum Merdeka ini memiliki perbedaan yang sangat siginfikan. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan degan tema penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam pendidikan pondasi utama nya yang dikenal yaitu kurikulum. Kurikulum sendiri merupakan rancangan untuk mengatur semua didalam proses pembelajaran. Namun, seiring berkembangnya waktu Kurikulum sering mengalami perubahan dan hal ini juga berdampak pada perubahan rancangan pelaksanaan pembelajaran yaitu RPP yang berubah menjadi Modul ajar. Modul juga bisa dikatakan sebagai petunjuk belajar siswa yang akan dicapai yang berisi materi, soal, serta petunjuk kerja guru. RPP memiliki makna yang sama tapi pembuatan yang berbeda. Yang mana pembuatan RPP harus terformat sesuai aturan pemerintah Pendidikan sedangkan Modul ajar adalah rancan pelaksanaan pembelajaran yang dapat di modifikasi oleh guru dan dapat dikembangakan sesuai fase dan karakteristik peserta didik.
References
Ahmad, T. P. (2024). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.
Dewi Rahmadayani, A. H. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Erin Aprillia, Cut Nurhayati, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 402–407. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.78
Fegiarti, D., & Mellisa. (2023). Bahan Ajar Modul Pada Mata Kuliah Kultur Jaringan di Universitas Islam Riau Module Teaching Materials in the Tissue Culture Course at the Islamic University of Riau. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 115.
Irmaliya Izzah Salsabilla,Erisya Jannah, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 3(1), 33–41.
Iskandar, D. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Modul Bahasa Indonesia Materi Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Palabuhan Ratu Dan Sma Pasundan 1 Cimahi. Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 2(1), 50–60.
Kadek, I., Mayudana, Y., & Sukendra, K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan RPP. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(1), 61–68. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682
Khasanah, I., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 34–44. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.57
Maqfiro, S. N. A., Fajrin, I., & Sukmah, A. (2021). ANALISIS KURIKULUM 2013. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(2), 307–316. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/3511/pdf
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Muchson, M., Damayanti, S., & ... (2023). Perbandingan Hasil Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Asesmen Pada Kurikulum 13 Dan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pada Sma …. Seminar Nasional …. https://prosiding.uim.ac.id/index.php/senias/article/view/319%0Ahttps://prosiding.uim.ac.id/index.php/senias/article/download/319/213
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Narpila, S. D., Aufa, A., & Hasanah, U. (2023). Pelatihan Penyusunan Rpp Berbasis Kurikulum Merdeka Di Smp Istana Hati Binjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(4), 1042–1050. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i4.5150
Ningrum, D. S. (2023). Perubahan Kurikulum Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sdn 15 Pulai Anak Air Bukittinggi. Benchmarking, 7(1), 29. https://doi.org/10.30821/benchmarking.v7i1.14406
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Samsul, N., Sdn, M., & Batu, P. (2022). Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Untuk Pembelajaran Kelas 1 Sd Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 208–220. http://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/18
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
Syahputra, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Pertama Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran Dan Materi Pembelajaran Pada RPP Melalui Bimbingan. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 3(2), 123–139
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Nur Hikmah, Nor Azmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.