Implementasi Teknologi Digital Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Putri Alfiah Aulia Rahma Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Vika Nurul Mufidah Universitas Nahdatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.488

Abstract

Transformasi digital yang pesat telah menciptakan urgensi untuk mengadopsi solusi teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama islam guna mengoptimalkan manajemen kelas dan pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi teknologi digital dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran pendidikan agama islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan tiga narasumber kunci, observasi pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan empat aspek signifikan: (1) optimalisasi keterlibatan siswa melalui pemanfaatan platform digital seperti Google Classroom dan Kahoot, (2) dampak positif media pembelajaran interaktif terhadap pemahaman aspek keagamaan, (3) keunggulan pembelajaran kolaboratif dengan metode Eduinnova, dan (4) peningkatan efisiensi dalam aspek manajerial dan evaluatif pembelajaran. Namun, pengintegrasian teknologi digital masih dihadapkan pada beberapa kendala seperti kebutuhan pengembangan literasi digital pendidik, kualitas infrastruktur, serta harmonisasi konten digital dengan prinsip-prinsip Islam. Pengintegrasian teknologi digital dalam pembelajaran PAI terbukti menghadirkan perubahan konstruktif dengan terciptanya ekosistem pembelajaran yang lebih dinamis dan responsif, meski tetap membutuhkan keselarasan antara kemajuan teknologi dan nilai-nilai keislaman fundamental.

References

Lestari, W., Mesrawati, Z. A., Kristiani, L. F., & Orina, H. (2024). Evaluasi Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di SMK: Tantangan, Peluang dan Solusi. Journal of Education Research, 5(3), 3790-3799.

Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1-18.

Mahsus, M., & Latipah, E. (2021, 4). Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 1-8.

Nurqozin, M., Samsu, & Putra, D. (2023, 11). Pembelajaran Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4).

Putri, L. A., & U. R. (2024, 2). Pemanfaatan Media Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI pada Generasi Milenial Utilization of Digital Media to Increase Interest in Learning PAI in the Millennial Generation. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 27-31.

Sinaga, E. H. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(3), 291-298.

Subroto, Endrawati, D., Supriandi, Wirawan, R., Rukmana, & Yanto, A. (2023, 7). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(7), 473-480. doi:10.58812/jpdws.v1i07.542

Syahputra, R. (2022). Tantangan Implementasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran PAI. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 7(2), 112-128.

Syahrijar, I., Zahra, I. A., Supriadi, U., & Fakhruddin, A. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam, 5(1).

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Putri Alfiah Aulia Rahma, & Vika Nurul Mufidah. (2025). Implementasi Teknologi Digital Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 110–120. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.488

Issue

Section

Articles