Wonogiri Mengaji: Studi Living Qur'an di SMP Negeri 1 Wuryantoro
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.474Abstract
Banyak umat Muslim, termasuk siswa SMP, belum mahir membaca Al-Qur'an yang merupakan keterampilan dasar seorang muslim. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program “Wonogiri Mengaji” sebagai upaya meningkatkan keterampilan membacaekaligus menghidupkan Al-Qur’an pada siswa di SMP Negeri 1 Wuryantoro. Penelitian ini adalah kajian kualitatif dengan fenomenologi sebagai pendekatannya. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program “Wonogiri Mengaji” di SMP Negeri 1 Wuryantoro tidak hanya berhasil meningkatkan keterampilan bacaan dan hafalan siswa, tetapi juga mendorong aktualisasi ayat-ayat Al-Qur'an dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan hasil evaluasi bacaan siswa setelah mengikuti program. Melalui metode takrir, yakni kombinasi dari metde talqin dan sima’an yang efektif, seluruh siswa yang diwawancarai menilai bahwa Wonogiri Mengaji menjadi wadah bagi mereka dalam meningkatkan hafalan dan sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt. Penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 1 Wuryantoro berkontribusi mengembangkan kompetensi keagamaan siswa
References
Adib, M. A. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Konsep Pendidikan Agama Islam dan Relevansinya di Abad-21. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(2), 99–112.
Afriyanto, D., & Anandari, A. A. (2024). Transformation of Islamic Religious Education in the Context of Multiculturalism at SMA Negeri 9 Yogyakarta Through an Inclusive Approach. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 1–21.
Anwar, R. (2013). Ulum Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia.
Ariani, S., & Realita. (2015). Program Bengkel Mengaji (Upaya Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Mahasiswa PAI). Jurnal Mudarrisuna, 5(1), 113–144.
Aspani. (2021). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemam- puan Membaca dan Menulis Al-Qur’an di MTSN 9 Hulu Sungai Tengah. Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 7(1), 20.
Asyahida, N. (2023). Perniagaan yang Tidak Akan Merugi Dalam Al-Qur’an (Tadabbur Al-Qur’an Surah Fatir [35]: 29). TAFAKKUR : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(2).
Audria, N., Lestari, O. I., Nazurti, Indriani, & Sastrawati, E. (2024). PENTINGNYA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PEM BENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DISEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2551–2561.
Dara, E. S. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Berulang Dalam Membentuk Penghafal Quran Diusia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 273–281.
Dozan, W., & Rahman, S. (2021). the Living Quran: Tradisi Free Lunch Setelah Shalat Jumat Di Masjid Jogokariyan Yogyakarta. REVELATIA: Jurnal Ilmu Al-Qur`an Dan Tafsir, 2(2), 194–205.
Faridl, M., & Syihabudin, A. (1989). Al-Qur’an Sumber Hukum Islam yang Pertama. Bandung: Penerbit Pustaka.
Fauzan Al Fatih, A. (2023). Hubungan Antara Living Al-Qur’an Dan Hadis Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 4(2), 415–426.
Heri P, M. (2017). Bupati Galakkan Gerakan Wonogiri Mengaji. Retrieved November 25, 2024, from jateng.kemenag.go.id website: https:// jateng. kemenag.go.id/berita/bupati-galakkan-gerakan-wonogiri-mengaji/
Ilyas, Y. (2013). Kuliah Ulumul Qur’an. Yogyakarta: ITQAN Publishing.
Istiqomah, P., & Noorhidayati, S. (2021). Living Qur’an Terhadap Halaqah Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis, 9(01), 95–109.
Junaedi, D. (2015). Living Qur’an: Sebuah Pendekatan Baru dalam Kajian Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren As-Siroj Al-Hasan Desa Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon). Journal of Qur’an and Hadith Studies, 4(2), 169–190.
Kusumawati, A., Ashari, M. Y., & Amrulloh. (2024). Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas VIII MTs Al Huda Sumobito Jombang. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 65–73.
Latipah, E., Hasan, N., & Rokhimawan, M. A. (2023). Curriculum Reconstruction: Alignment of Profile, Body of Knowledge, and Learning Outcomes of the Indonesian Islamic Education Study Program. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–19.
Noviyani, R., & Octarina, R. (2023). Pendampingan Membaca Al-Qur’an Dengan Tema Sehari Mengenal Lebih Dekat Bersama Al-Qur’an. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–52.
Nurdiana, B., Mafruhah, A. Z., Hasbiyallah, H., & Farida, I. (2022). Faktor Penghambat Kemampuan Siswa SMP Dalam Membaca Al-Quran. Almarhalah, 6(2), 211–219.
Nurhayati, S., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Meningkatkan Karakter Islami Siswa Melalui Program Tahfidz Qur’an Di Lembaga Pendidikan. Hijri, 12(1), 64–70.
Rizqiyah, S. U., & Partono. (2022). Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 133–144.
Solihuttaufa, E., Gundara, A., & Munandar, A. (2024). Implementasi Program KEMBANG SUJI ( Kembali Bangun Subuh Mengaji ) di Desa Langkap Jaya Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi ( Upaya Penguatan Karakter Religius Masyarakat ). Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 115–122.
Sugestian, G., Syafe’i, M., & Fakhruddin, A. (2017). Pembinaan Keagamaan Masyarakat Kota Bandung Melalui Program Magrib Mengaji (Studi Kasus pada Masjid Al-Fithroh Kecamatan Bandung Kulon). Tarbawy, 4(2), 191–206.
Sugiarto, F., Ahlan, & Janhari, N. (2023). Metodologi Penelitian Living Qur’an Dan Hadis (M. Sa’i, Ed.). Mataram: UIN Mataram Press.
Syamsul Bahri, & Abbas, B. H. (2020). Kedudukan Dakwah dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 17–22.
Syarifah. (2023). Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8354–8360. Retrieved from
Toenlioe, A. J. (2021). Pendekatan Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan: Landasan, Teori, dan Panduan. In A. Hawa Nadana (Ed.), Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Malang: Ahlimedia Press.
Wahyu, F. (2018). Pengembangan Masyarakat Islam: Program Magrib Mengaji Kecamatan Koto Tangah Padang, Sumatera Barat. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 115–125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zahra Alifah, Amalia Surya Adinda, Rizqi Nur Abdillah, Raditya Eka Pratama, Indriyani Ma'rifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.