Eksistensi Dan Moralitas Pendidikan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.467Abstract
Pendidikan islam di indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan seiring berjalannya waktu, yang dipengaruhi oleh peristiwa sejarah serta kebijakan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki eksistensi pendidikan Islam di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR), yang memungkinkan identifikasi, peninjauan, evaluasi, dan interpretasi seluruh penelitian yang relevan dengan topik fenomena yang menarik, khususnya terkait dengan pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan Islam di Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan seiring berjalannya waktu, dipengaruhi oleh sejarah, kebijakan pemerintah, serta tantangan dan peluang yang ada. Perkembangan ini mencakup evolusi dari pendidikan informal awal di tempat-tempat ibadah menjadi lembagalembaga pendidikan formal seperti madrasah, pesantren, dan sekolah Islam modern. Meskipun telah ada upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, masih terdapat tantangan besar yang perlu diatasi, seperti kesesuaian kurikulum, perubahan sosial dan politik, serta kebutuhan akan reformasi dalam pendekatan pembelajaran dan manajemen lembaga pendidikan Islam. Rekomendasi konkret telah diajukan untuk mengatasi tantangan ini, termasuk pembaruan kurikulum, peningkatan profesionalisme guru, dan penanggulangan masalah manajemen.
References
Ahmadi, A., & El Widdah, M. (2023).
Analisis Kebijakan Pendidikan Islam (Suatu Kajian Studi Letaratur
Manajemen Pendidikan). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i 1.1376
Ali, A. (2023). Islamic Education Thoughts Of Kh. Ahmad Dahlan At
The Yamisa Islamic Boarding School In 1968. Indonesian Journal of Islamic History and Culture. https://doi.org/10.22373/ijihc.v4i1.
Anshari, I., Zulfikar, T., Tihalimah, T., Abdullah, I., & Mujiburrahman, M. (2023). Understanding “Service
Learning” in a Traditional Islamic Boarding Schools in Aceh, Indonesia. Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-
/2023.5808
Anwar, H. A., & Maman, M. (2023).
Kurikulum Dan Sistem
Pembelajaran Di Pondok Pesantren Salaf. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.
Anwar, S. (2019). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam di
Indonesia (Zaman Orde Baru dan Reformasi). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.
Apriliana, E., Junaedi, M., & Ikhrom, I. (2023). Islamic Religious
Education And The Global Ethics:
Opportunities And Challenges
Towards Peace Education In
Indonesia. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan.
https://doi.org/10.35316/lisanalhal. v17i1.83-97
Hamdani, N. A. (2023). Scrutinizing
Islamic Higher Education
Institutions In Indonesia. Jurnal
Pendidikan Islam. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.2
Harlinda, Bahaking Rama, & Muhammad Yahdi. (2023). Pendidikan Islam Pada Masa Awal di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.
Junaedi, M., Nasikhin, Hasanah, S., &
Hassan, Z. (2023). Learning
Patterns in Influencing Attitudes of Religious Tolerance in Indonesian Universities. Education Sciences. https://doi.org/10.3390/educsci130
Mahmud, A. (2013). Sejarah Dan Peran
Pesantren Dalam Pendidikan Di Indonesia. JURNAL ISLAMIC REVIEW.
Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1480
Sati, A. (2023). A Study of Hadith Learning in Islamic Boarding Schools. KnE Social Sciences.https://doi.org/10.18502/kss.v8i4.12885
Saifuddin, & Fahyuni, E. F. (2022). Islamic Religious Education in Indonesian Society. Adabiyah:JurnalPendidikan Islam.https://doi.org/10.21070/adabiyah. v2i2.1653
Rusli, A. Bin. (2023). Tantangan dan Reformasi Sistem Pendidikan Agama Islam di Indonesia Kontemporer. Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization. https://doi.org/10.30984/jpai.v4i1.2266
Perkembangan Zulhimma, D. (2013). Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren Di Indonesia. Jurnal Darul ’Ilmi
Ramang, R. (2023). Higher-Order Thinking Skill-Based Learning In
Islamic Religious Education Subject. British Journal of Education. https://doi.org/10.37745/bje.2023/ vol11n1112
Muwafiqoh, A., & Ulum, K. (2023). Inovasi dan Transformasi Pendidikan Islam Melalui SKB 3 Menteri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v7i3.15947
Mahmud, A. (2013). Sejarah Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Di Indonesia. JURNAL ISLAMIC REVIEW.
Nuryanti Siregar Siti Khamim, Wedra Aprison, Helmi Rostiana Dasopang, ‘Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Problem, Solusi Dan Pengembangannya)’, Innovative: Journal Of Social Science Research, 2024 <https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=fTVv3Z0AAAAJ&citation_for_view=fTVv3Z0AAAAJ:YsMSGLbcyi4C>.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andrial Fatoni, Siti Khamim, M.Isron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.