Eksistensi Dan Moralitas Pendidikan Islam di Indonesia

Authors

  • Andrial Fatoni Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Siti Khamim Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • M.Isron Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.467

Abstract

Pendidikan islam di indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan seiring berjalannya waktu, yang dipengaruhi oleh peristiwa sejarah serta kebijakan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki eksistensi pendidikan Islam di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR), yang memungkinkan identifikasi, peninjauan, evaluasi, dan interpretasi seluruh penelitian yang relevan dengan topik fenomena yang menarik, khususnya terkait dengan pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan Islam di Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan seiring berjalannya waktu, dipengaruhi oleh sejarah, kebijakan pemerintah, serta tantangan dan peluang yang ada. Perkembangan ini mencakup evolusi dari pendidikan informal awal di tempat-tempat ibadah menjadi lembagalembaga pendidikan formal seperti madrasah, pesantren, dan sekolah Islam modern. Meskipun telah ada upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, masih terdapat tantangan besar yang perlu diatasi, seperti kesesuaian kurikulum, perubahan sosial dan politik, serta kebutuhan akan reformasi dalam pendekatan pembelajaran dan manajemen lembaga pendidikan Islam. Rekomendasi konkret telah diajukan untuk mengatasi tantangan ini, termasuk pembaruan kurikulum, peningkatan profesionalisme guru, dan penanggulangan masalah manajemen.

References

Ahmadi, A., & El Widdah, M. (2023).

Analisis Kebijakan Pendidikan Islam (Suatu Kajian Studi Letaratur

Manajemen Pendidikan). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i 1.1376

Ali, A. (2023). Islamic Education Thoughts Of Kh. Ahmad Dahlan At

The Yamisa Islamic Boarding School In 1968. Indonesian Journal of Islamic History and Culture. https://doi.org/10.22373/ijihc.v4i1.

Anshari, I., Zulfikar, T., Tihalimah, T., Abdullah, I., & Mujiburrahman, M. (2023). Understanding “Service

Learning” in a Traditional Islamic Boarding Schools in Aceh, Indonesia. Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-

/2023.5808

Anwar, H. A., & Maman, M. (2023).

Kurikulum Dan Sistem

Pembelajaran Di Pondok Pesantren Salaf. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.

Anwar, S. (2019). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam di

Indonesia (Zaman Orde Baru dan Reformasi). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.

Apriliana, E., Junaedi, M., & Ikhrom, I. (2023). Islamic Religious

Education And The Global Ethics:

Opportunities And Challenges

Towards Peace Education In

Indonesia. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan.

https://doi.org/10.35316/lisanalhal. v17i1.83-97

Hamdani, N. A. (2023). Scrutinizing

Islamic Higher Education

Institutions In Indonesia. Jurnal

Pendidikan Islam. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.2

Harlinda, Bahaking Rama, & Muhammad Yahdi. (2023). Pendidikan Islam Pada Masa Awal di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.

Junaedi, M., Nasikhin, Hasanah, S., &

Hassan, Z. (2023). Learning

Patterns in Influencing Attitudes of Religious Tolerance in Indonesian Universities. Education Sciences. https://doi.org/10.3390/educsci130

Mahmud, A. (2013). Sejarah Dan Peran

Pesantren Dalam Pendidikan Di Indonesia. JURNAL ISLAMIC REVIEW.

Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1480

Sati, A. (2023). A Study of Hadith Learning in Islamic Boarding Schools. KnE Social Sciences.https://doi.org/10.18502/kss.v8i4.12885

Saifuddin, & Fahyuni, E. F. (2022). Islamic Religious Education in Indonesian Society. Adabiyah:JurnalPendidikan Islam.https://doi.org/10.21070/adabiyah. v2i2.1653

Rusli, A. Bin. (2023). Tantangan dan Reformasi Sistem Pendidikan Agama Islam di Indonesia Kontemporer. Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization. https://doi.org/10.30984/jpai.v4i1.2266

Perkembangan Zulhimma, D. (2013). Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren Di Indonesia. Jurnal Darul ’Ilmi

Ramang, R. (2023). Higher-Order Thinking Skill-Based Learning In

Islamic Religious Education Subject. British Journal of Education. https://doi.org/10.37745/bje.2023/ vol11n1112

Muwafiqoh, A., & Ulum, K. (2023). Inovasi dan Transformasi Pendidikan Islam Melalui SKB 3 Menteri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v7i3.15947

Mahmud, A. (2013). Sejarah Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Di Indonesia. JURNAL ISLAMIC REVIEW.

Nuryanti Siregar Siti Khamim, Wedra Aprison, Helmi Rostiana Dasopang, ‘Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Problem, Solusi Dan Pengembangannya)’, Innovative: Journal Of Social Science Research, 2024 <https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=fTVv3Z0AAAAJ&citation_for_view=fTVv3Z0AAAAJ:YsMSGLbcyi4C>.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Andrial Fatoni, Siti Khamim, & M.Isron. (2025). Eksistensi Dan Moralitas Pendidikan Islam di Indonesia. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 80–87. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.467

Issue

Section

Articles