Aktualisasi Adab Pembelajar di Era Digital Dalam Kajian Surat Al-Kahfi Ayat 66

Authors

  • Firyala Meitsa Mona Unversitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nurul Awwaliyatus Sa’adah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Vina Oktavia Arriza Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mohammad Syaifuddin Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.462

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai permasalahan adab pembelajar di era digital, dengan fokus pada aktualisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Surat Al-Kahfi ayat 66. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep adab dalam menuntut ilmu dan merumuskan strategi pembelajaran yang dapat menjaga etika dalam interaksi antara peserta didik dan pendidik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, yang melibatkan analisis berbagai sumber literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan adab, seperti sikap rendah hati, kesabaran, dan penghormatan kepada guru, sangat penting dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era digital. Selain itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan kompetensi teknologi bagi pendidik dan pemberdayaan peserta didik dalam pembelajaran mandiri. Dengan demikian, penerapan nilai-nilai adab dalam pendidikan di era digital dapat menciptakan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan mampu memanfaatkan teknologi secara bijaksana.

References

Adlini, M. N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan , 6.

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan & Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (hal. 18-25). Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Akbar, J. S., Ariani, M., Zulhawati, Haryani, Zani, B. N., Husnita, L., et al. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia: CV Jejak.

Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak . Yogyakarta: Serayu Publishing.

Arifin, M., Umar, M., & Siregar, A. H. (2024). Model-Model Pembelajaran di Era 4.0 dan Disrupsi dalam Implementasi. Journal on Education , 06 (02), 11113.

Bowen, W. G., Delbanco, A., Gardner, H., Hennessy, J. L., & Koller, D. (2013). Higher Education in the Digital Age. Higher Education in the Digital Age , 628-638.

Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah , 03 (01), 58-59.

Dewi, R., Wibowo, S., & Herawati. (2023). Konsep Pendidikan Adab Dalam Pembaruan Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Syed M. Naquib Al Attas. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 9 (3), 1149.

Fikri, M. A. (2021). Kisah Pertemuan Nabi Musa dan Nabi Khidir dalam Al-Qur'an Surah Al-Kahfi ayat 60-82 (Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure) . Jember, Jawa Timur, Indonesia: digilib.uinkhas.ac.id.

Fitri, R. R., Rokim, S., & Triana, R. (t.thn.). Adab Pendidik dalam Al-Qur'an Surat Al-Kahfi Ayat 60-82 (Studi Tafsir Tematik). Jurnal STAI Al Hidayah Bogor , 324.

Hadi, A. (2018). Bridging Indonesia's Digital Divide. Rural Urban Linkages , 1, 17-33.

Indra, S., Mujahidin, E., & Amir, F. R. (2019). Aspek-Aspek Pendidikanyang Terdapat dalam Kisah Nabi Musa a.s dan Nabi Khaidir a.s Serta Implikasinya terhadap Pendidik dan Peserta Didik (Kajian Q.S. Al-Kahfi Ayat 60-82). Universitas Djuanda Journal Of Unlimited Multidisciplinary Publication (UNIDA-JUMP) , 3.

Iskandar, A., Winata, W., Haluti, F., Kurdi, M. S., Sitompul, P. H., Kurdi, S. M., et al. (2023). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Makassar: Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi , 24 (2), 187-200.

Khaerunisa, N., Fauziah, D. N., & Ulya, N. (2024). Etika Menuntut Ilmu Perspektif Al-Qur'an Surah Al-Kahfi Ayat 65-70 (Studi Komparasi Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Azhar). Jurnal Pendidikan Tambusai , 8 (2), 27761-27762.

Kholid, A. R. (2017). Ilmu Akhlak Suatu Pengantar. Cirebon: Diktat IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kifrawi, M., Pulungan, E. N., & Aini, N. (2018). Adab Interaksi Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif AlQuran Surah Al-Kahfi Ayat 60-82. TAZKIYA , 7 (2), 6-7.

Luckin, R., & Cukurova, M. (2019). Desingning Educational Technologies in the Age of AI: A Learning Science Driven Approach. British Journal of Educational Technology , 50 (6), 56.

Maulani, G., Septiani, S., Mukra, R., Kamilah, A., Utomo, E. N., Dayurni, P., et al. (2024). Pendidikan di Era Digital. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.

Mustopa. (2017). Adab dan Kompetensi Dai dalam Berdakwah. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi , 8 (1), 101.

Muttaqin, M. (2019). Internet Usage Behavior of The ICT Young Workforce in the Border Region. Journal Pekommas , 4 (1).

Muzamil, & Priyanto, J. (2022). Aktualisasi Konsep Adab Sebelum Ilmu di MI Al Inayah Surabaya; Upaya Menemukan Pola Penanaman Adab yang Kontekstual. An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman , 2 (2), 128.

Naim, A. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Naim, N. (2008). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Notanubun, M. (2019). Guru Digital di Era 4.0. Bandung: Alfabeta.

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Era Digital. Jurnal Bimbingn dan Konseling Terapan , 3 (2), 54-64.

Nurcahyani, E. M., Rambe, P., Wahyudi, H., Hidayat, H., & Hakim, S. W. (2024). Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Atiyah Al-Abrasyi dalam Kitab At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Fasilatuha. JIPP: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran , 6 (3), 90.

Nurchaili. (2010). Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. JURNALDIKBUD , 240.

Purna, T. H., Prakoso, C. V., & Dewi, R. S. (2023). Pentingnya Karakter untuk Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. POPULER: Jurnal Penelitian Mahasiswa , 2 (1), 199-200.

Putra, L. D., Qur'ani, N., Indrayani, S., & Utami, M. F. (2023). Kompetensi Guru dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran di SD Negeri Pakel. Guru Kita: Jurnal Unimed , 7 (4), 804.

Sadriani, A., Ahmad, M. R., & Arifin, I. (2023). Peran Guru dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, (hal. 32-37). Jakarta.

Salsabila, U. H., Ramadhani, P. L., & Hidayatullah, N. (2022). Manfaat Teknologi dalam Pendidikan Islam. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam , 5 (1), 5.

Syamsiyah, S., Masri, D., Pane, N., & Yani, D. A. (2023). Konsep Pendidikan pada Kisah Nabi Khidir a.s. dan Nabi Musa a.s. dalam Surah Al-Kahfi Ayat 62-80 dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam (Tafsir Al-Misbah). ANTHOR: Educational and Learning Journal , 2 (4), 561.

Tondeur, J. e. (2019). Teacher Educators as Gate Keepers: Preparing the Next Generation of Teachers for Technology Integrationin Education. British Journal of Educational Technology , 50 (6), 26.

Uman, H., Suhendi, E., Firdaus, M. A., & Hadiat. (2022). Percikan Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Sukabumi: Harfa Creative.

Yusuf, Z., & Faridi. (2024). Integrasi Teknologi Digital dalam Lembaga Pendidikan Islam: (Tantangan dan Peluang). Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturlisme Indonesia , 3 (4), 118.

Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zulkarnain. (2014). Pendidikan Islam Menurut Syekh Naquib Al-Attas. Yogyakarta: Diva Press.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Firyala Meitsa Mona, Nurul Awwaliyatus Sa’adah, Vina Oktavia Arriza, & Mohammad Syaifuddin. (2025). Aktualisasi Adab Pembelajar di Era Digital Dalam Kajian Surat Al-Kahfi Ayat 66. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 65–79. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.462

Issue

Section

Articles