Analisis Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Hj Isriati Baiturrahman 2 Semarang

Authors

  • Iin Wahyu Mahmudah UIN Walisongo Semarang
  • M. Rikza Chamami UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.431

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya adalah milik setiap manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning, pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di Sekolah Dasar Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mengambarkan tentang penerapan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model CTL sudah berjalan dengan baik, hal ini bisa dilihat dari penerapan komponen-komponen model pembelajaran kontekstual yang ada yaitu: kontruktifisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam megimplementasikan model ini adalah dari segi sarana dan prasarana, motivasi belajar, minat belajar, sikap dan perilaku. Solusi yang dilakukan oleh guru PAI yaitu dengan memberikan pemahaman-pemahaman yang nyata yang ada dikehidupan sehari-hari sehingga siswa bukan hanya mendengar ucapan melainkan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.

References

Amna, E. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Jurnal.

Ali, Lukman. “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.” Apollo, no. 104 (2007).

arifin, muhammad. “Ilmu Pendidikan Islam.” Bumi Aksara, no. 55 (2008).

Arifin, Zaenal. “Penelitian Pendidikan.” Rosda, no. 15 (2011).

Asra, Sumiati. “Metode Pembelajaran ‘Seri Pembelajaran Efektif.’” Wacana Prima 18 (2009).

Athiyah al - Abrasyi, Moh. “Moh, Athiyah Al-Abrasyi, Psykologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru.” Reamaja Rosdakarya, no. 221 (2005).

Badruzaman, Ahmad. “Strategi Dan Pendekatan Dalam Pembelajaran.” Ar Ruuz, no. 87 (2006).

Dwi Iwan, S. (2022). Pentingnya menejemen Sarana prasarana dalam meninggkatkan mutu pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan.

Hamruni. (2009). Strategi dan model-model pembelajaran aktif menyenangkan.

Idrus hasibuan, M. (2014). Model pembelajaran contextual teaching and learning. Logaritma, 11.

Komalasari, K. (2017). pembelajaran kontextual. P, T. refika(h 6).

Muhaimin. (2003). arah baru pengembangan pendidikan islam. Nuansa, 137.

Mulyasa, E. (2003). kurikulum berbasis kompetensi. PT. Remaja Rosdakarya, 56.

Mulyasa, E. (2005). Implementasi kurikulum 2004. PT. Remaja Rosdakarya, 137.

Muhaibbin syah. “Skikolog Pendidikan Denganpendekatan Baru.” Reamaja Rosdakarya 11 (1997).

Nasional, Departeman pendidikan. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga.” Balai Pustaka, no. 1180 (2001).

Nasution. Metode Naturalistik Kualitatif. Bandung, 1988.

Nizar, samsul. “Pengantar Dasar- Dasar Pemikiran Pendidikanislam Islam.” Gaya Media Pratama, 2008.

Nugroho, Riant. “Prinsip Penerapan Pembelajaran.” Balai Pustaka, 2003.

Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Shihab, Q. (1994). Membumikan Al qurqn. PT. MIzan, 177.

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

sudjana, nana. “Tuntunan Penyusunankarya Ilmiah.” Sinar Baru, no. 17 (2009).

sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,cv, 2012.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” Alfabt, no. h 9 (2015).

Tafsir, A. (2001). metodologi pegajaran agama islam. Remaja Rosdakarya, 3.

Trianto. “Model Pembelajarn Terpadu.” PT Bumi Aksara, 2011.

Umar al Tumi al -Syaibani. Falsafah Al -Tarbiyyah Al -Islamiyah, 1996.

Usman, Nurudin. “Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum.” PT. Raja Grafindo Persida, 2002.

Uzer usman, Muhammad. “43Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional.” Remaja Rosdakarya, 2008.

Undang-Undang RI. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Wendi rizki yando, Dony, H. (2024). Manfaat pembelajaran inkuiri dalam meingkatkanminat belajar siswa dalam pendidikan agama kristen di SMPN 03 Sungai Bentang. Teknologi Dan Pendidikan Kristen.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Iin Wahyu Mahmudah, & M. Rikza Chamami. (2025). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Hj Isriati Baiturrahman 2 Semarang. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.431

Issue

Section

Articles