Peran Guru Dalam Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada TK Aisyiyah Muhammadiyah Wangandowo
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.384Abstract
Salah satu program pembinaan yang membantu anak-anak dipersiapkan untuk masuk sekolah adalah PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknis analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan wawancara dari narasumber serta observasi dan dokumentasi adalah sebagai berikut; Motorik kasar Anak Usia Dini, Seni dan Kreativitas, Senam Irama, Menghadapi mood dan Mengidentifikasi Anak, evaluasiDi TK Aisyiyah dalam kegiatan sentra seni kreativitas anak diasah di luar ruangan, biasanya diajak bermain mainan yang ada di sekolah seperti jembatan pelangi. setiap hari kamis anak-anak diajak senam irama sebelum bel berbunyi tujuannya agar fresh ketika proses pembelajaran. Dalam senam irama, berbagai gerakan digabungkan untuk mengikuti irama musik.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. 6(1), 974–980.
Adpriyadi, A. (2018). Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B The Improvement of Gross Motor Skills Group B through the Engklek Traditional Game. 4(2), 187–198.
Aguss, R. M. (2021). KEMAMPUAN MOBILITAS GERAK ANAK USIA DINI 4 SAMPAI 5 TAHUN MELALUI GERAKAN-GERAKAN. 1(1), 58–64.
Anak, K., Dini, U., & Tahun, U. (2020). Al Fitrah Al Fitrah. 209–224.
Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak – Kanak Buton Selatan. 6(4), 3429–3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068
Asyruni Multahada, Pingky Melaty, Heni Apriyani, & Tris Andriani. (2022). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Kreatif. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.37567/prymerly.v5i1.1248
Atmiyati, T. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Group Investigasion (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Tanjung Glugur Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. 9(1), 189–204.
Azfa, nabil et. a. (2024). Strategi Pengendalian Diri dalam Menghadapi Perubahan Suasana Hati Pada Anak Usia Dini. 3(1), 79–92.
Care, J. (2022). Jurnal care. 9(2), 38–46.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fakhriyani, D. V. (2016). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. 4(2).
Fauziah, N. (2021). Jenuh Belajar : Strategi Orang Tua dalam Membersamai Anak Belajar di Masa Pandemi. 6(2), 99–108.
Gal, B., Viguri, J. R., Cifrian, E., & Andr, A. (2020). Integration of different assesment approaches: aplication to a project based learning engineering course.
Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada PAUD. 7(1).
Hidayat, W. (2020). PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK GURU PENDIDIKAN. 11(2).
Istiqamah, A. M., Patiung, D., Rusdi, M., & Shabir, M. U. (2023). Pengaruh Media Jembatan Pelangi terhadap Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini. 5(2), 153–162.
Jatmiko, A., Hadiati, E., & Oktavia, M. (2020). PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung , Bandar Lampung , Indonesia Begitu pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam pengelolaan pendidikan masyarakat , hingga di dunia Internasional melihat bahwa sala. 3(1), 83–97.
Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda Implementation of Independent Curriculum through Project Based Learning at Nurul Falah and Ar-Rasyid Banda Integrated Playgroup. 8, 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
Maghfiroh, S. T. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. 8(1), 40–47.
Mahmud, B. (2023). Peran Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), 311–320. https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2898
MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Mahmudah, T., Baktiar, M., & Irmawati. (2024). Gerak Tubuh Untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-. Celebes Journal of Elementary Education, 2(1), 56–65.
Manora, H., & Khasanah, N. L. (2023). Implementasi Manajemen Evaluasi Pembelajaran Terpadu Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1(2).
Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
Nuridayu, N., Kiya, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107–120. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2701
Primawati, Y. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. 1(2), 1–10.
Puspitasari, endang, Habibah, U. (2022). Pembelajaran senam irama untuk meningkatkan motorik kasar anak kelompok a. 3(2), 80–86.
Rapisa, D. R., & Mangkurat, U. L. (2018). KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN IDENTIFIKASI ANAK. 16–24.
Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). ANALISIS TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID-19. 1(2), 20–24.
Rukiyah, I. (2021). METODE BERMAIN OUTDOOR. xx(x), 35–48.
Saputri, N. R. (2021). Problematika Pelaksanaan Bermain Kolase dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. 1(c), 49–54.
Sari, R. P., Pd, S., Pd, M., Pd, M., Sari, R. P., Pd, S., & Pd, M. (2019). ANAK USIA DINI (p. 95).
Septiani, F. I., Purnama, W., & Sumitra, A. (2019). ANAK USIA DINI MELALUI KREATIFITAS SENI. 2(3).
Siliwangi, P. S. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. 1(1), 92–111.
Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. 1–31.
Ulfah, A. A., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Wisra, O., & Mayar, F. (2020). Pembelajaran Seni Tari Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. 2(2), 20–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ris Dwi Yuliani, Mamun Hanif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.