Peran Lingkungan Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PAI UIN K.H. Abdrurrahman Wahid
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.377Abstract
Lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar seseorang. Penelitian ini membahas peran lingkungan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Islam Negeri Gusdur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi untuk mengidentifikasi bagaimana aspek-aspek lingkungan keluarga berkontribusi dalam pembentukan sikap belajar yang positif pada mahasiswa PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran lingkungan keluarga mencakup empat aspek utama: (1) Pemberian apresiasi, di mana orang tua memberikan penghargaan atas usaha dan prestasi yang diraih mahasiswa, sehingga meningkatkan rasa percaya diri dan semangat belajar mereka; (2) Membangun komunikasi yang terbuka, yang memungkinkan mahasiswa untuk berbagi tantangan dan mendapatkan dukungan emosional dari keluarga; (3) Menciptakan suasana belajar yang kondusif, yaitu menyediakan ruang dan waktu yang nyaman bagi mahasiswa untuk belajar di rumah; serta (4) Membantu mengatur waktu, di mana keluarga membantu mahasiswa dalam mengelola waktu antara belajar, ibadah, dan aktivitas lainnya. Dengan demikian, lingkungan keluarga memiliki peran signifikan dalam memotivasi mahasiswa PAI untuk meningkatkan prestasi akademik dan pengembangan diri. Lingkungan keluarga yang harmonis dan peduli memberikan dorongan emosional yang kuat, serta meningkatkan disiplin belajar dan komitmen mahasiswa dalam mengejar keberhasilan akademik.
References
Abdul Latief. (2023). Peranan Pentingnya Lingkungan Belajar Bagi Anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 61–66.
Atmawijaya, A., Arifin, E. Z., & Sugono, D. (2021). Motivasi dan Lingkungan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keluarga bagi Anak Berprestasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 95. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7946
Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(e-mail: {desy.ayu22@yahoo.com, lulup_tripalupi@yahoo.com, naswan_sh@yahoo.com}@undiksha.ac.id Abstrak), 4.
Badarudin, Achmad. 2017. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal.” Padang Press.
Curahman. (2020). Pengaruh Lingkungan Kampus, Motivasi Mahasiswa Dan Faktor-Faktor Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntasi Di Kabupaten Subang. Prisma, 01(4), 99–111. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/660/224
Fadhlani, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1561
Firdaus, C., Mauludyana, B., & Purwanti, K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 43–52. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Garnika, E. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
HENDRA ANGGRYAWAN, I. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 71–75. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p71-75
Ismail Suardi Wekke, d. (2019). METODE PENELITIAN SOSIAL. Yogyakarta: Gawe Buku CV. Adi Karya Mandiri.
Izzati Irawan, A., Darajaatul Aliyah, N., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 06(03), 16220–16233. http://jonedu.org/index.php/joe
Jumasrin, J. (2019). Variabel-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Shautut Tarbiyah, 25(1), 84. https://doi.org/10.31332/str.v25i1.1361
Kholid, I. (2017). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris IAIN Raden Intan, 10(1), 61–71.
Kirana, Z. C., & Al-Badri, A. N. (2020). Peranan apresiasi guru terhadap antusias belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 174–193.
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
M. Suud, F., & Rivai, M. I. (2022). Peran Lingkungan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Di Banjarnegara. JCOMENT (Journal of Community Empowerment), 3(2), 64–76. https://doi.org/10.55314/jcoment.v3i2.238
Purwanti, S., T. Palambeta., D. Dannawan, & S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Sinwa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 811), 37-46.
Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3520
Rahmah, S. (2018). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak St. Rahmah UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33), 13–31.
Rahmawati & Muragmi. (2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Al-Munzir, 11(2), 163–181.
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(4), 326–336.
Siringo Ringo, R. L., Rosadi, D., & Dedy Wirawan, I. G. N. P. (2020). Pengaruh Komunikasi Terbuka Keluarga Terhadap Stres di Desa Beringkit. TheJournalish: Social and Government, 1(3), 110–118. https://doi.org/10.55314/tsg.v1i3.30
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nafisatur Risma, Mamun Hanif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.