Analisis Pengembangan Kurikulum Nasional dan Asrama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cedekia Serpong
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.358Abstract
Sistem pendidikan Indonesia sejak jaman dahulu terlihat statis dan belum ada perubahan yang signifikan. Kurikulum adalah subtansi yang seharusnya mendapat perhatian untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan kurikulum yang kolaboratif pada MAN Insan Cendikia serpong. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, teknik yang menekankan pada kajian studi pustaka. Penelitian menunjukkan kurikulum MAN Insan Cendikia Serpong diterapkan dengan mengintegrasi kurikulum nasional dan kurikulum asrama. Menggunakan moder Tyler, analisis ini mengidentifikasi pada kurikulum nasional, tujuan pembelajaran, pengalaman, dan evaluasi yang ditekankan pada ilmu pengetahuan yang sistematis untuk mencapai tujuan. Kurikulum asrama mendukung perkembangan peserta didik pada perkembangan karakter dan keagamaan secara holistik. Penilaian seluruhnya mencakup pada aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik secara rinci, dengan pendekatan integratif antara ilmu pengetahuan dan agama, serta penggunaan tiga bahasa dalam interaksi sehari-hari.
References
Amirullah, A. (2020). Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) Kabupaten Paser. Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi.
Amin, K. (2019). Petunjuk Teknis Pengelolaan Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Apud, A. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan MAN INSAN CENDEKIA. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 171. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1229
Ardiansyah, A., Latif, M., & Us, K. A. (2024). Analisis Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Serpong Jakarta. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 105-118.
Djaed, R. F. (2023). "Quo Vadis Kurikulum Keagamaan MAN Insan Cendikia Serpong: Ketika Prestasi Keagamaan Tidak Menjadi Prioritas di Madrasah Aliyah." Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 3(2). 1-7.
Harahap, E. K. (2019). Pemanfaatan Hasil Akreditasi Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami dan Berdaya Saing Global (Studi di MAN Insan Cendikia Serpong). Jurnal Literasiologi, 1(1), 28. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i1.13
Harahap, E. K. (2019). Pemanfaatan Hasil Akreditasi Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami dan Berdaya Saing Global (Studi di MAN Insan Cendikia Serpong). Jurnal Literasiologi, 1(1), 28. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i1.13
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 10.
Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Tyler Dan Ilmplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6698
Ismail, Muhammad Ilyas, 2020. Evaluasi pembelajaran, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Lismina, 2019. PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mohsen, H., Siregar, I., & Ahmad, A. K. (2023). Pengelolaan Program Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia: Studi Kasus di Man IC Sorong. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 21(3).
Nikma, S., Asy’ari, H., & Ratnaningsih, S. (2023). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Nilai Tambah Pendidikan Era Society 5.0 (Studi Kasus MAN Insan Cendekia Serpong). Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 231–248. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1264
Saepudin, J. (2018). Pengembangan Madrasah Aliyah Akademik (Studi Man Insan Cendekia Serpong): Studi MAN Insan Cendekia Serpong. Penamas, 31(1), 125-148. https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.242
Sania, S., Prananingrum, A. V., Hidayati, R. E., & Rossydah, F. (2021). Kajian Teoritis Organisasi dan Pengembangan Kurikulum. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(3), 28–40. https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.22
Sanjaya, W. (2015). "Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(1), 1-12.
Taufik, O. A. (2014). Determinasi madrasah efektif. Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(2), 38-50.
Yumesri, Y., Latif, M., Us, K. A., & Sudur, S. (2024). Isu-Isu Global Transformasi, Inovasi Dan Difusi Pendidikan World Class Education Studi Kasus Di Man Insan Cendekia Serpong. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.14734
Yume Wheeler, W. D. (1967). Curriculum Process. London: University of London Press.
Taufik, O. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Madrasah Unggulan: Studi Kasus Man Insan Cendekia OKI Sumatera Selatan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i2.1296
Sukarno, M. (2017). Mengembangkan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Untuk Menjawab Tantangan Modernisasi, Demokratisasi Dan Globalisasi (Developing Insan Cendikia High School To Address Modernisation, Democracy, And Globalisation Challenges). Jurnal Kependudukan Indonesia, 9(2), 117-134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ramaditya Rizqiawan Al Achmad, Guntur Wicaksono, Wiji Ziila Pratna, Siti Mufidah, Devi Khoirunisa, Badrus Zaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.