Analisis Pengembangan Kurikulum Nasional dan Asrama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cedekia Serpong

Authors

  • Ramaditya Rizqiawan Al Achmad Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Guntur Wicaksono Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Wiji Ziila Pratna Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Siti Mufidah Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Devi Khoirunisa Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Badrus Zaman Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.358

Abstract

Sistem pendidikan Indonesia sejak jaman dahulu terlihat statis dan belum ada perubahan yang signifikan. Kurikulum adalah subtansi yang seharusnya mendapat perhatian untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan kurikulum yang kolaboratif pada MAN Insan Cendikia serpong. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, teknik yang menekankan pada kajian studi pustaka. Penelitian menunjukkan kurikulum MAN Insan Cendikia Serpong diterapkan dengan mengintegrasi kurikulum nasional dan kurikulum asrama. Menggunakan moder Tyler, analisis ini mengidentifikasi pada kurikulum nasional, tujuan pembelajaran, pengalaman, dan evaluasi yang ditekankan pada ilmu pengetahuan yang sistematis untuk mencapai tujuan. Kurikulum asrama mendukung perkembangan peserta didik pada perkembangan karakter dan keagamaan secara holistik. Penilaian seluruhnya mencakup pada aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik secara rinci, dengan pendekatan integratif antara ilmu pengetahuan dan agama, serta penggunaan tiga bahasa dalam interaksi sehari-hari.

References

Amirullah, A. (2020). Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) Kabupaten Paser. Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi.

Amin, K. (2019). Petunjuk Teknis Pengelolaan Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Apud, A. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan MAN INSAN CENDEKIA. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 171. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1229

Ardiansyah, A., Latif, M., & Us, K. A. (2024). Analisis Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Serpong Jakarta. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 105-118.

Djaed, R. F. (2023). "Quo Vadis Kurikulum Keagamaan MAN Insan Cendikia Serpong: Ketika Prestasi Keagamaan Tidak Menjadi Prioritas di Madrasah Aliyah." Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 3(2). 1-7.

Harahap, E. K. (2019). Pemanfaatan Hasil Akreditasi Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami dan Berdaya Saing Global (Studi di MAN Insan Cendikia Serpong). Jurnal Literasiologi, 1(1), 28. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i1.13

Harahap, E. K. (2019). Pemanfaatan Hasil Akreditasi Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami dan Berdaya Saing Global (Studi di MAN Insan Cendikia Serpong). Jurnal Literasiologi, 1(1), 28. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i1.13

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 10.

Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Tyler Dan Ilmplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6698

Ismail, Muhammad Ilyas, 2020. Evaluasi pembelajaran, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Lismina, 2019. PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Mohsen, H., Siregar, I., & Ahmad, A. K. (2023). Pengelolaan Program Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia: Studi Kasus di Man IC Sorong. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 21(3).

Nikma, S., Asy’ari, H., & Ratnaningsih, S. (2023). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Nilai Tambah Pendidikan Era Society 5.0 (Studi Kasus MAN Insan Cendekia Serpong). Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 231–248. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1264

Saepudin, J. (2018). Pengembangan Madrasah Aliyah Akademik (Studi Man Insan Cendekia Serpong): Studi MAN Insan Cendekia Serpong. Penamas, 31(1), 125-148. https://doi.org/10.31330/penamas.v31i1.242

Sania, S., Prananingrum, A. V., Hidayati, R. E., & Rossydah, F. (2021). Kajian Teoritis Organisasi dan Pengembangan Kurikulum. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(3), 28–40. https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.22

Sanjaya, W. (2015). "Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(1), 1-12.

Taufik, O. A. (2014). Determinasi madrasah efektif. Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(2), 38-50.

Yumesri, Y., Latif, M., Us, K. A., & Sudur, S. (2024). Isu-Isu Global Transformasi, Inovasi Dan Difusi Pendidikan World Class Education Studi Kasus Di Man Insan Cendekia Serpong. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.14734

Yume Wheeler, W. D. (1967). Curriculum Process. London: University of London Press.

Taufik, O. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Madrasah Unggulan: Studi Kasus Man Insan Cendekia OKI Sumatera Selatan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i2.1296

Sukarno, M. (2017). Mengembangkan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Untuk Menjawab Tantangan Modernisasi, Demokratisasi Dan Globalisasi (Developing Insan Cendikia High School To Address Modernisation, Democracy, And Globalisation Challenges). Jurnal Kependudukan Indonesia, 9(2), 117-134.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Ramaditya Rizqiawan Al Achmad, Guntur Wicaksono, Wiji Ziila Pratna, Siti Mufidah, Devi Khoirunisa, & Badrus Zaman. (2024). Analisis Pengembangan Kurikulum Nasional dan Asrama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cedekia Serpong . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 107–123. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.358

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)