Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter Islami di SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Serang Banten

Authors

  • Ulil Amri Mustaghfirin Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Novita Aristawati Safitri Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Diva Anif Nafiah Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Elviena Wahyuningrum Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Agumda Nur Akbar Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Badrus Zaman Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.354

Abstract

SMP Islam Nurul Fikri Boarding School (NFBS) Serang, Banten merupakan salah satu sekolah unggulan yang dinilai berhasil melakukan pengembangan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan kurikulum di SMP Islam NFBS Serang, Banten. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa pengembangan kurikulum di sekolah ini berusaha menggabungkan antara kurikulum nasional, kurikulum keislaman, dan kurikulum karakter. Dalam memadukan tiga jenis kurikulum tersebut, sekolah ini lebih memfokuskan pada pendidikan karakter islami sebagai bentuk rekontruksi sosial, tentunya tanpa mengabaikan aspek pendidikan lainnya. Pengembangan kurikulum di SMP Islam NFBS Serang, Banten telah memiliki tujuan pendidikan, pengalaman belajar, pengorganisasian pengalaman belajar, dan metode evaluasi yang tepat sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan kurikulum di sekolah ini telah memenuhi teori pengembangan kurikulum Ralph Tyler.

Author Biography

Novita Aristawati Safitri, Universitas Islam Negeri Salatiga

Semoga artikel saya dapat terbit

References

Achmad Husayrino. (2023). Peran kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia Dalam Membangun Wawasan Kebangsaan. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 129–136. https://doi.org/10.53649/symfonia.v3i2.40

Achruh, A. (2019). Komponen dan model pengembangan kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 8(1), 1–9.

Ahmad, A., Ardian, E., Muthalib, A., Ip, E. S., & Khairuddin, K. (2022). Pelatihan Model Pengembangan Kurikulum 2013. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 56–62. https://doi.org/10.46963/ams.v3i1.533

Chotimah, C. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Telaah Teoritis dan Filosofis. Garudhawaca.

Fitriani, D., Rindiani, A., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Inovasi Kurikulum: Konsep, Karakteristik dan Implementasi Kurikulum Berbasis Komppetensi (KBK). Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 268–282. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.665

Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Tyler dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6698

Indonesia Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka, P., & Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Indonesia). (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi 2, cet. 4). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Balai Pustaka.

Irfannisa, I. (2023). Analisis Hubungan Tujuan Intruksional, Pengalaman Belajar, dan Hasil Belajar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(2).

Joyce, B. (1980). Models of Teaching Bruce Joyce, Marsha Weil. New Jersey: Prentice-Hall.

Khatibah, K. (2011). Penelitian Kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 5(1), 36–69.

Kurniawan, D. (2014). Model dan Organisasi Kurikulum. Kurikulum Pembelajaran, 1–45.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mubarok, H., Sapuan, & Makmun, S. (2018). Pengembangan Kurikulum [Paper]. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muslim, M. (2023). Upaya Peningkatan Kepuasan Kerja Guru (Studi Kualitatif di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang Banten). Jurnal Elmadrasa, 3(2), 54–69.

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 867–875. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.170

Permana, A. (2015). Strategi Marketing Public Relations Lembaga Bimbingan Belajar Nurul FIkri Serang dalam Mendapatkan Siswa [Skripsi]. Banten: Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317–329.

Salmon, Y., Saefudin, D., Mujahidin, E., & Husaini, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Tingkat SMP di Pondok Pesantren (Studi Lapangan pada Pesantren Ibnu Salam Nurul Fikri Boarding School Serang Banten). Jurnal Global Ilmiah, 1(5), 354–369. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i6.50

Utaminingtyas, E., & Hanafi, M. S. (2024). Memperkuat Jati Diri Pendidikan: Menyelami Esensi Budaya Organisasi dalam Mengembangkan Karakter Empati. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4489–4500.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Ulil Amri Mustaghfirin, Novita Aristawati Safitri, Diva Anif Nafiah, Elviena Wahyuningrum, Agumda Nur Akbar, & Badrus Zaman. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter Islami di SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Serang Banten. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 48–61. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.354

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)