Implementasi Peer Teaching Method dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah-Akhlak di MTs N 2 Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2243Keywords:
Keaktifan, Peer Teaching Method, mata pelajaran Akidah-AkhlakAbstract
Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah-Akhlak masih rendah, karena banyak peserta didik bersikap pasif dan hanya menerima materi tanpa partisipasi aktif. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana penerapan peer teaching method dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Akidah-Akhlak. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Peer Teaching Method dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah-Akhlak melalui delapan aspek keaktifan. Listening Activity tampak dari kesungguhan siswa mendengarkan paparan tutor sebaya dan guru, Visual Activity meningkat saat siswa lebih fokus memperhatikan penjelasan serta membaca materi. Writing Activity terlihat dari meningkatnya kebiasaan mencatat, sementara Oral dan Mental Activity tercermin dari keberanian siswa untuk bertanya dan menjawab dalam diskusi. Emotional Activity tampak pada semangat dan antusiasme siswa, Motor Activity pada gerakan aktif selama pembelajaran, dan Drawing Activity pada kemampuan menggambar peta konsep materi dengan lebih baik.
References
Azmiy, M. U. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Penumbuhan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Sayyidul Quro Silo Jember. Uin Kiai Haji Achmad Siddiq.
Gea, I. H., & Novebri. (2024). Faktor Penghambat Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaranpendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 3(2), 76–85.
Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Pembelajaran Akidah Akhlak … Pembelajaran Akidah Akhlak ….” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 6(12), Hlm. 109.
Mitchell, S., Sehlbach, C., Franssen, G. H. L., Janczukowicz, J., & Guttormsen, S. (2024). Taxonomy Of Teaching Methods And Their Use In Health Professions Education: A Scoping Review Protocol. Bmj Open, 14(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.1136/Bmjopen-2023-077282
Mufid, A. (2024). Mplementasi Peer Teaching Method Dalam Upaya Menanamkan Sikap Kemandirian Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah-Akhlaj Kelas Xi Madrasah Aliyah Assalam Bangilan. Unu Sunan Giri.
Nisa, R. A. (2024). Implmentasi Student Centered Learning (Scl) Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts N 7 Sleman. Universitas Islam Indonesia.
Qomari, R. (2009). Prinsip Dan Ruang Lingkup Pendidikan Aqidah Akhlaq. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 11. Https://Doi.Org/10.24090/Insania.V14i1.318
Qotrunnada, K. (2017). Penerapan Model Peer Teaching (Tutor Sebaya) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah-Akhlak (Studi Kasus Kelas X Mia-Ii Man 3 Jakarta Pusat. Universitas Negeri Jakarta.
Sardiman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Pt Rajagrafindo Persada.
Syahrawati. (2024). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Dalam Pembelajaran Ppkn Di Sdn 127 Inpres Moncongloe. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education), 1(2), 128–139. Https://Doi.Org/10.21831/Elinvo.V1i2.10621
Windiarti, S. (2023). Tutor Sebaya Upaya Tingkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Rangka Meningkatkan Pembelajaran Berpihak Pada Murid. Cv. Sketsa Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mina Makatul Mukaromah, Fauzi Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a