Implementasi Model Project Based Learning dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MAN Purbalingga
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2241Keywords:
Kreativitas, Project Based Learning, Mata Pelajaran FikihAbstract
Pendidikan abad ke-21 menekankan penguasaan empat kompetensi utama, yaitu kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi model project based learning dalam mengembangkan kreativitas siswa pada pembelajaran fikih di MAN Purbalingga. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran fikih tercermin pada empat aspek. Pertama, aspek pribadi (person) ditumbuhkan melalui pembiasaan siswa untuk berpikir dan bertindak kreatif dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Kedua, aspek dorongan (press) diwujudkan dalam suasana belajar yang mendukung kebebasan psikologis dan keamanan sehingga siswa termotivasi untuk berkreasi. Ketiga, aspek proses (process) ditunjukkan melalui keterlibatan aktif siswa dalam proyek yang meliputi tahap persiapan, inkubasi, pencerahan, dan pembuktian. Keempat, aspek produk (product) terwujud melalui hasil karya siswa yang memenuhi kriteria kebaruan, pemecahan masalah, serta keterperincian dan sintesis
References
Antoni, Putri Alfianah, Maulidiyah Nur Wulandari, dan Muhammad Ali Rohmad. 2025. “Efektivitas Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Pada Materi Zakat Fitrah Dan Mal.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 5(2):327–36. doi: 10.53624/ptk.v5i2.549.
Chasanah, Abidatul, Laila Badriyah, dan Eli Masnawati. 2025. “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Waru Sidoarjo.” Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam 17(1):14–25. doi: 10.35964/munawwarah.v17i1.383.
Mujahid, Usamah Al, Mulyawan Safwandy, Keterampilan Siswa, dan Peran Guru. 2023. “Model Dick Carrey Dalam Pemeblajaran PAI Untuk Mewujudkan Siswa Berkarakter Religius.” Jurnal Review Pendidika Dan Pengajaran 6:h. 4397-4404.
Munandar, Sukarni Catur Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayogi, Rayinda Dwi, dan Rio Estetika. 2019. “Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 14(2):144–51. doi: 10.23917/jmp.v14i2.9486.
Rhodes, Mel. 1961. “Analysis of Creativity.” Phi Delta Kappa International 42(7):305–10.
Rizki, M., Guzma Afriani, dan Zuhri. 2025. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru.” 5(1):1733–51.
Samsiadi, dan Romelah. 2022. “Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran PAI Di SMK Negeri 1 Berau Kaltim.” Research and Development Journal of Education 8(1):363. doi: 10.30998/rdje.v8i1.12993.
Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). 3rd ed. edited by A. Nuryanto. Bandung: Alfabeta.
Thornhill-Miller, Branden, Anaëlle Camarda, Maxence Mercier, Jean Marie Burkhardt, Tiffany Morisseau, Samira Bourgeois-Bougrine, Florent Vinchon, Stephanie El Hayek, Myriam Augereau-Landais, Florence Mourey, Cyrille Feybesse, Daniel Sundquist, and Todd Lubart. 2023. “Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education.” Journal of Intelligence 11(3). doi: 10.3390/jintelligence11030054.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilda Mar’atul ‘Athiya, Fauzi Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a