Pondok Pesantren dan Tantangan Teknologi Informasi
Studi Di Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2227Keywords:
Pondok Pesantren, Teknologi Informasi, Integrasi Digital, Society 5.0Abstract
Transformasi digital menjadi tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan Islam, termasuk pondok pesantren, dalam mempertahankan nilai-nilai tradisional di tengah arus modernisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi teknologi informasi dalam sistem pendidikan dan manajemen Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan, serta menelaah tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren telah berhasil menerapkan digitalisasi melalui penyediaan laboratorium komputer, pelatihan literasi digital bagi santri, dan pembentukan tim “media santri” yang mengelola publikasi pesantren di media sosial. Implementasi tersebut memberikan dampak positif terhadap efektivitas pembelajaran, peningkatan keterampilan digital santri, serta penguatan manajemen pesantren. Penelitian ini mengimplikasikan pentingnya integrasi teknologi informasi yang berbasis nilai-nilai keislaman agar pesantren dapat menjadi model pendidikan Islam adaptif di era Society 5.0.
References
Budi, S. (2024). Manajemen Kepengasuhan Santri Di Pondok Pesantren MBS Mas Mansyur Ngawi: Tantangan Dan Solusinya. Journal J-MPI: Jernal Manajemen Pendidikan, Penelitian Dan Kajian KeIslaman, 3(2), 41-52.
Hidayat, A. (2020). Transformasi Pesantren di Era Digital: Antara Pelestarian Tradisi dan Inovasi Teknologi. Jurnal Keislaman dan Teknologi, 12(3), 67-80.
Kinansyah, D. H., & Pujianto, W. E. (2023). Peluang dan Tantangan Santri di Era Digital (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Al Amin Sidoarjo). Journal of Management and Social Sciences, 2(3), 194-205.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Muchasan, A., & Rohmawan, D. (2024). Pemanfaatan Teknologi Di Pesantren (Dampak Dan Solusi Dalam Konteks Pendidikan). INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama & Kebudayaan, 10.
Muid, A., Arifin, B., & Karim, A. (2024). Peluang dan Tantangan Pendidikan Pesantren di Era Digital (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 512-530.
Muzakky, R. M. R., Mahmuudy, R., & Faristiana, A. R. (2023). Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), 241-255.
Rifqi, M. A. (2023). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Di Era Digital: Studi Kasus Implementasi Di Pondok Pesantren Sabilillah Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(4), 1010-1019.
Salsabila, A. N., & Sanina, N. K. (2025). Sinergi Tradisi Dan Inovasi: Pendekatan Modern Dan Pemanfaatan Teknologi Dalam Sistem Pembelajaran Di Pondok Modern Gontor. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 3(1), 537-557.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhartono and Anik Indramawan, “Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Dakwah Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Takmir Masjid ‘Baitur Rohmat’ Ketawang Gondang Nganjuk,” J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam 2, no. 1 (August 5, 2021): 63–71, https://doi.org/10.53429/j kis.v2i1.229.
Syafrizal, A. P., Pratama, D. Y., Hasna, N., & Sikki, N. (2024). Peranan manajemen sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan di era Society 5.0 pada Pondok Pesantren Siti Fatimah Kota Cirebon. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 1-6.
Junaidi, K., Hitami, M., & Zaitun, Z. (2023). Dampak Transformasi Digital terhadap Metode Pengajaran di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar: Peluang dan Tantangan. Instructional Development Journal, 7(1), 173–184.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aulia Zahro, Luthfia Rosidin, Siti Aisyah, Ahmad Ta’rifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a