Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tipe 3 Dilihat dari Pre-Test dan Post-Test

Authors

  • Nida' Khoirunnisa' Universitas Islam Sultan Agung
  • Mohamad Aminudin Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1167

Keywords:

Berpikir Kritis, Inquiry Terbimbing, Artificial Intelligence, ChatGPT, Rasio

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi rasio masih rendah akibat dominasi pembelajaran tradisional yang tidak memberi ruang bagi siswa untuk berpikir analitis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing, baik tanpa maupun dengan bantuan artificial intelligence (AI), dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi rasio. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes, yang dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model, tidak ditemukan siswa tipe 3 yang memenuhi empat dari enam indikator berpikir kritis (FRISCO). Setelah penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing, ditemukan siswa tipe 3 yang memenuhi indikator focus, reason, clarity, dan overview. Sementara itu, setelah penerapan model inquiry terbimbing berbantuan AI, indikator yang muncul adalah reason, inference, situation, dan clarity. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model inquiry terbimbing mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya tipe 3, meskipun belum sepenuhnya mencakup semua indikator

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(01), 1–12.

Diba, D. M. S., & Prabawanto, S. (2019). The analysis of students’ answers in solving ratio and proportion problems. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032114

Fajari, S. L. E. W., & Chumdari. (2021). Critical Thinking Skills And Their Impacts On Elementary School Students. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 18(2), 161–187. https://doi.org/10.32890/mjli2021.18.2.6

Fauziah, N., & Cahya M.A, E. (2021). Students’ Difficulties in Solving Ratios and Proportional Relationships Problems. 229. https://doi.org/10.4108/eai.19-12-2020.2309147

Kharis, M., Dwi Ardianti, S., Shoufika Hilyana, F., Fkip, P., & Kudus, U. M. (2024). Berbasis Media Educative Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 807. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12397

Palinussa, A. L., Lakusa, J. S., & Moma, L. (2023). Comparison of Problem-Based Learning and Discovery Learning To Improve Students’ Mathematical Critical Thinking Skills. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 13(1), 109–122. https://doi.org/10.30998/formatif.v13i1.15205

Puteri, N. V. D., Sumaryati, S., & Jaryanto, J. (2022). Penerapan Model Argument Driven Inquiry (Adi) Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smk. Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan (JPPAK), 1(2), 140–150. https://doi.org/10.20961/jppak.v1i2.59246

Setiawan, T. A., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio, 9(4), 2043–2051. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5751

Wachyuni, S. S., Namira, S., Respati, R. D., & Teviningrum, S. (2024). Fenomena Fear Out Missing Out (Fomo) Terhadap Keputusan Pembelian Restoran Viral Karen’S Diner Jakarta. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 13(1), 89–101. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1382

Wijaya, M., Kartono, D. T., Zuber, A., Sunesti, Y., Humsona, R., Putri, A. K., Akbar, R. D., & Kusujiarti, S. (2021). JOURNAL OF DEVELOPMENT AND SOCIAL CHANGE Kepala Editor : 4(2).

Yu, Q. X., Feng, D. C., Wu, R. C., & Li, D. X. (2024). Auxiliary use of ChatGPT in surgical diagnosis and treatment - correspondence. International Journal of Surgery (London, England), 110(1), 617–618. https://doi.org/10.1097/JS9.0000000000000818

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Nida’ Khoirunnisa’, & Mohamad Aminudin. (2025). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tipe 3 Dilihat dari Pre-Test dan Post-Test. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 964–977. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1167

Issue

Section

Articles