Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tipe 3 Dilihat dari Pre-Test dan Post-Test
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1167Keywords:
Berpikir Kritis, Inquiry Terbimbing, Artificial Intelligence, ChatGPT, RasioAbstract
Kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi rasio masih rendah akibat dominasi pembelajaran tradisional yang tidak memberi ruang bagi siswa untuk berpikir analitis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing, baik tanpa maupun dengan bantuan artificial intelligence (AI), dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi rasio. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes, yang dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model, tidak ditemukan siswa tipe 3 yang memenuhi empat dari enam indikator berpikir kritis (FRISCO). Setelah penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing, ditemukan siswa tipe 3 yang memenuhi indikator focus, reason, clarity, dan overview. Sementara itu, setelah penerapan model inquiry terbimbing berbantuan AI, indikator yang muncul adalah reason, inference, situation, dan clarity. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model inquiry terbimbing mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya tipe 3, meskipun belum sepenuhnya mencakup semua indikator
Downloads
References
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(01), 1–12.
Diba, D. M. S., & Prabawanto, S. (2019). The analysis of students’ answers in solving ratio and proportion problems. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032114
Fajari, S. L. E. W., & Chumdari. (2021). Critical Thinking Skills And Their Impacts On Elementary School Students. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 18(2), 161–187. https://doi.org/10.32890/mjli2021.18.2.6
Fauziah, N., & Cahya M.A, E. (2021). Students’ Difficulties in Solving Ratios and Proportional Relationships Problems. 229. https://doi.org/10.4108/eai.19-12-2020.2309147
Kharis, M., Dwi Ardianti, S., Shoufika Hilyana, F., Fkip, P., & Kudus, U. M. (2024). Berbasis Media Educative Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 807. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12397
Palinussa, A. L., Lakusa, J. S., & Moma, L. (2023). Comparison of Problem-Based Learning and Discovery Learning To Improve Students’ Mathematical Critical Thinking Skills. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 13(1), 109–122. https://doi.org/10.30998/formatif.v13i1.15205
Puteri, N. V. D., Sumaryati, S., & Jaryanto, J. (2022). Penerapan Model Argument Driven Inquiry (Adi) Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smk. Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan (JPPAK), 1(2), 140–150. https://doi.org/10.20961/jppak.v1i2.59246
Setiawan, T. A., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio, 9(4), 2043–2051. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5751
Wachyuni, S. S., Namira, S., Respati, R. D., & Teviningrum, S. (2024). Fenomena Fear Out Missing Out (Fomo) Terhadap Keputusan Pembelian Restoran Viral Karen’S Diner Jakarta. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 13(1), 89–101. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1382
Wijaya, M., Kartono, D. T., Zuber, A., Sunesti, Y., Humsona, R., Putri, A. K., Akbar, R. D., & Kusujiarti, S. (2021). JOURNAL OF DEVELOPMENT AND SOCIAL CHANGE Kepala Editor : 4(2).
Yu, Q. X., Feng, D. C., Wu, R. C., & Li, D. X. (2024). Auxiliary use of ChatGPT in surgical diagnosis and treatment - correspondence. International Journal of Surgery (London, England), 110(1), 617–618. https://doi.org/10.1097/JS9.0000000000000818
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nida' Khoirunnisa', Mohamad Aminudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.